JagatPlay di TGS 2018: 100 Tingkat untuk Dragon Quest Builders 2!

Reading time:
September 28, 2018
DQ Builders 2 jagatplay 2

Masih dari tanah matahari terbit, di event Tokyo Game Show 2018 yang sebenarnya sudah berakhir, kami juga sempat berkesempatan untuk mengunjungi dan menikmati presentasi dari Square Enix terkait proyek teranyar mereka – Dragon Quest Builders 2. Ingat, ini bukan seri Dragon Quest seperti yang Anda kenal selama ini. Seperti halnya seri Dragon Quest Heroes dari Omega Force yang bekerja sebagai sebuah seri spin-off dengan bentuk gameplay yang benar-benar berbeda, Anda bisa menyederhanakan Dragon Quest Builders sebagai game Dragon Quest yang melebur gameplay ala Minecraft di dalamnya. Jadi, bangun membangun menjadi mekanik pengganti konsep JRPG lawas untuk menyelesaikan sisi cerita dan ragam tantangan yang ada. Setelah kesuksesan seri pertamanya, mereka kini menjajal peruntungan dengan seri kedua – Dragon Quest Builders 2.

Masih mengusung konsep bangun dan membangun yang serupa, Square Enix tentu saja mengadaptasikan beragam fitur baru yang akan membuat game ini tampil berbeda, di luar sisi cerita yang ada tentu saja. Anda kini akan bermain di sebuah area luas yang disebut sebagai Isle of Awakening, yang menunggu kekuatan kreativitas untuk Anda modifikasi. Sisi cerita akan berkaitan erat dengan Dragon Quest II dimana salah satu tokoh antagonis utama di seri tersebut “lahir kembali” menjadi makhluk tanpa ingatan, menemani aksi Anda di Dragon Quest Builders 2 ini. Walaupun tidak berbagi detail cerita lebih lanjut, namun kehadiran bentuk baru tokoh antagonis yang akan tumbuh menjadi karakter companion Anda ini tentu akan memberikan sedikit clue kemana kira-kira cerita mengarah.

Seri kedua ini tentu saja menawarkan beberapa hal baru yang pantas untuk diantisipasi, terutama untuk urusan bangun-membangun. Salah satu fitur paling signifikan adalah kemampuan untuk memotong objek secara diagonal. Walaupun terdengar seperti fitur baru yang terdengar remeh, namun kemampuan seperti ini akan memungkinkan Anda untuk menciptakan dan merangkai beragam struktur yang lebih beragam. Anda yang punya kemampuan kreativitas tinggi akan mampu memanfaatkannya dengan efektif.

DQ Builders 2 jagatplay 1
Anda kini bisa membangun struktur 100 block vertikal ke atas ataupun ke bawah!

Dua fitur lain yang tidak kalah penting adalah skala dan air. Skala? Benar sekali, Dragon Quest Builders 2 kini juga memungkinkan Anda untuk membangun struktur 100 block secara vertikal! Ini berarti, Anda bisa menciptakan menara super tinggi jika Anda memang sekedar iseng untuk melihat apa yang bisa Anda racik. Kerennya lagi? Vertikal ini tidak berarti hanya soal ke atas saja. Ia juga mampu mengakomodasi gerakan 100 block vertikal ke bawah, yang berarti memungkinkan Anda untuk menggali Isle of Awakening ini hingga bagian yang super dalam. Sementara untuk air, ia kini bisa dimanipulasi. Bekerja layaknya seperti air dan bukan block semata, ia bisa mengalir dan juga Anda selami. Jadi, jika Anda ingin menciptakan sebuah air terjun misalnya, hal tersebut dimungkinkan dengan Dragon Quest Builders 2 ini.

dragon quest builders 2
Air juga kini bisa dimanipulasi di seri teranyar ini.

Square Enix juga mempersiapkan beberapa hal kecil lainnya sebagai fitur ekstra untuk Dragon Quest Builders 2 ini. Pertama, seperti halnya Minecraft, Anda kini akan punya opsi untuk menikmati dunianya dari kacamata orang pertama. Kedua? Anda akan disuguhkan opsi gerakan yang jauh lebih baik untuk memungkinkan Anda bisa melakukan segala sesuatunya dengan cepat. Sang karakter utama kini akan diperkuat dengan kemampuan gliding dan juga berlari. Sang karakter companion yang kami bicarakan sebelumnya juga akan berperan aktif untuk menghajar beragam monster yang tentu saja, punya ambisi untuk meruntuhkan bangunan apapun yang hendak Anda racik. Anda jug abisa menikmatinya dalam format multiplayer kooperatif dengan gamer yang lain.

Dragon Quest Builders 2 sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 20 Desember 2018 mendatang untuk pasar Jepang. Sayangnya, sesi presentasi ini tidak memberikan informasi pasti kapan-kapan ia akan meluncur untuk pasar barat.

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…