Preview Marvel’s Spider-Man: Melompat-lompat, Berayun-ayun!

Reading time:
September 4, 2018
marvels spider man jagatplay 1

Video game memungkinkan apa yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata, sebuah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri mustahil untuk dicapai. Salah satunya? Adalah memenuhi mimpi kanak-kanak untuk menjadi seorang superhero yang tanpa pamrih, berusaha menyelamatkan dunia, melindungi mereka yang lemah, dan melawan kejahatan yang kini juga ditenagai dengan senjata dan kemampuan setara yang tidak kalah mengancam. Namun meracik sebuah game superhero tentu bukan pekerjaan yang mudah. Developer punya tugas berat untuk memastikan ragam elemen yang dieksekusi memang sesuai dengan apa yang membuat versi komik atau film-nya dicintai, dari hal signifikan seperti desain misi hingga yang mungkin terdengar remeh, seperti suara dan musik misalnya. Tugas berat inilah yang harus dipikul oleh Insomniac Games dengan Marvel’s Spider-Man untuk Playstation 4.

Kesan Pertama

Meracik sebuah petualangan baru untuk sang manusia laba-laba yang popularitasnya kini kembali menanjak setelah aksinya di Marvel Cinematic Universe adalah kondisi yang tak ubahnya, pedang bermata dua. Semua mata memandang dan Insomniac punya tugas berat untuk memastikan bahwa Marvel’s Spider-Man PS4 memang adalah sebuah game yang mampu menawarkan daya tarik aksi Spider-Man dalam kapasitas yang seharusnya, lengkap dengan level interaktivitas yang tepat. Berita baiknya? Seperti sesi gameplay kami beberapa waktu lalu, pengalaman lengkap yang beruntungnya bisa kami cicipi lebih awal ini, menegaskan hal tersebut. Marvel’s Spider-Man tampil sebagai game Spider-Man yang sudah lama Anda antisipasi.

Secara visual, ia terlihat mengagumkan. Insomniac sepertinya punya komitmen kuat untuk memastikan bahwa “taman bermain” Anda tidak akan sekedar luas saja, tetapi juga mewakili New York yang seharusnya di semesta Marvel itu sendiri. Bebas Anda eksplorasi sejak misi pertama selesai, Anda bisa menikmati sistem mengayun dan melompat khas Spider-Man yang tepat sasaran di sini, sembari bergerak menyelesaikan ragam misi sampingan yang ada. Mengingat ini adalah New York “versi Marvel”, Anda juga akan menemukan beberapa tempat ikonik, dari Avengers Tower, Kedutaan Wakanda, hingga Hell’s Kitchen – lokasi yang dilindungi oleh Daredevil. Kehadiran tempat-tempat ini seolah menguatkan kesan bahwa Spider-Man yang tengah Anda cicipi saat ini, adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar.

Sayangnya, jika berbicara soal misi sampingan, apa yang ditawarkan Marvel’s Spider-Man ini memang tidak bisa dibilang istimewa. Ia masih menawarkan desain misi standar berbasis ikon dan tower yang mulai ditinggalkan oleh banyak game open-world saat ini. Namun ada satu berita baik. Berbeda dengan game open-world serupa yang seringkali membuat misi-misi kecil ini sulit atau bertele-tele, Marvel’s Spider-Man meracik setiap darinya sebagai pengalaman yang ringkas dan bisa cepat Anda selesaikan untuk ekstra reward. Kehadiran reward berupa Token yang bisa Anda gunakan untuk meracik beragam kostum berbeda yang masing-masing punya kemampuan berbeda. Anda bisa menggantinya kostum ini dengan bebas.

Pada akhirnya, kekuatan Marvel’s Spider-Man ini akan terletak di sisi cerita. Anda akan berperan sebagai seorang Peter Parker yang sudah “veteran” menjadi seorang Spider-Man. Bahwa remaja yang seolah memikul tanggung jawab nyawa begitu banyak orang ini sudah bertarung dan berjuang selama setidaknya 8 tahun ini untuk membuat kota yang ia cintai aman. Cara Insomniac menangani cerita Marvel’s Spider-Man, di mata kami, adalah salah satu daya tarik utamanya. Kekuatan untuk mengerti dan memahami perjuangan yang harus dilalui oleh seorang Peter Parker sebagai seorang “superhero” dan bukan sekedar manusia laba-laba yang terus melompat dan berayun cepat di tengah kota, berusaha menjawab dan menyelesaikan beragam masalah.

Kami sendiri sebenarnya sudah menyelesaikan Marvel’s Spider-Man ini dan merampungkan hampir sebagian besar misi sampingan yang ada. Tetapi rasanya sangat disayangkan jika kami tidak mendedikasikan sebuah artikel preview untuk memperlihatkan kepada Anda kualitas visualisasi dan dunia yang dibangun oleh Insomniac untuknya, lengkap dengan varian kostum yang bisa Anda buka. Tentu saja, terlepas dari peringatan spoilers yang akan Anda baca setelah paragraf ini selesai, kami tidak akan cukup tega untuk memperlihatkan kepada Anda bagian-bagian esensial yang membuat game ini terasa fantastis dari sisi cerita. This is your friendly neighborhood, Spider-Man!

 

 

 

BEWARE SPOILERS!

(Walaupun kami tidak akan membocorkan plot-plot penting yang harus Anda nikmati sendiri, ada beberapa potongan scene yang sebaiknya dihindari untuk Anda yang sensitif spoiler. Jika Anda termasuk gamer seperti ini, HINDARI HALAMAN 2,3, dan 4!)

 

 

 

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)

marvels spider man jagatplay 2 marvels spider man jagatplay 68marvels spider man jagatplay 98marvels spider man jagatplay 416 marvels spider man jagatplay 188 marvels spider man jagatplay 217 marvels spider man jagatplay 229 marvels spider man jagatplay 275 marvels spider man jagatplay 294 marvels spider man jagatplay 296 marvels spider man jagatplay 309 marvels spider man jagatplay 313 marvels spider man jagatplay 321 marvels spider man jagatplay 339 marvels spider man jagatplay 346 marvels spider man jagatplay 398
Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…