15 Game Impian untuk Playstation Classic!

Reading time:
October 23, 2018
playstation classic

Jika Anda termasuk gamer yang mengikuti perkembangan industri game, khususnya selama beberapa bulan terakhir ini, sepertinya mustahil jika Anda belum pernah mendengar nama Playstation Classic sebelumnya. Memenuhi permintaan fans yang memahami bahwa ini adalah konsep yang tepat untuk tidak hanya memperkenalkan game klasik masa lampau saja tetapi juga memanfaatkan sisi nostalgia yang masih mengakar begitu kuat, langkah dilihat berpotensi sukses. Apalagi jika kita melihat apa yang berhasil dilakukan Nintendo dengan NES Classic dan SNES Classic yang meledak di pasaran. Digabungkan dengan proses produksi terbatas dan berujung membuat jadi produk “langka” yang menarik untuk dikejar, Playstation Classic yang akan dilepas akhir tahun 2018 ini menjadi salah satu produk yang pantas untuk diantisipasi.

Sayangnya, seperti halnya konsep NES Classic, di luar usaha untuk menyuntikkan ragam fitur yang lebih modern di tengah desain yang mempertahankan bentuk lawasnya, Playstation Classic hadir dengan game yang sudah ditentukan sebelumnya. Tidak ada kesempatan untuk menyuntikkan media disc Playstation masa lalu yang mungkin tetap Anda simpan atau mengunduh game secara digital, atau bahkan sekedar koneksi ke Playstation Network dan juga sistem Trophy di dalamnya. Sony sudah mengumumkan bahwa mereka akan membawa sekitar 20 judul klasik dan sudah mengumumkan setidaknya 5 di antaranya: Final Fantasy VII, Jumping Flash, Ridge Racer Type 4, Tekken 3, dan Wild Arms. Masih ada setidaknya 15 game lainnya yang belum diumumkan kepada publik.

Sebagai gamer yang sempat tumbuh besar dengan Playstation pertama, 15 game sisa tersebut tentu saja menyisakan begitu banyak mimpi dan harapan, apalagi kami memosisikan diri sebagai calon pembeli potensial untuknya. Bahwa sisa slot di antara 20 game tersebut masih bisa disisipi oleh game-game raksasa super populer yang berpotensi untuk membuat gamer pendatang baru memahami mengapa mereka begitu digemari atau gamer tua menemukan kembali rasa cinta mereka.

Lantas, game-game impian apa saja yang kami harapkan dibawa oleh Sony Interactive Entertainment untuk Playstation Classic? Ini dia versi JagatPlay:

  1. Apocalypse

apocalypse1

 

Menyebutnya sebagai salah satu game Playstation paling underrated memang tidak berlebihan. Menjadikan Bruce Willis sebagai bintang utama, Apocalypse adalah salah satu game twin-stick shooter perdana yang menjadikan analog sebagai metode tembak, gerak, dan mengarahkan moncong senjata sang karakter. Dipadukan dengan desain level menantang dan butuh perhatian ekstra untuk sisi platforming yang ada, Apocalypse masih terasa seperti sebuah game yang relevan di industri game saat ini. Ada sesuatu yang menarik untuk desain yang ia tawarkan, bahkna jika dibandingkan dengan game-game terbaru di era modern saat ini.

  1. Syphon Filter

syphon filter

Rumor soal kebangkitan game yang satu ini memang sempat mengemuka beberapa waktu lalu, terutama dari fakta bahwa merk dagang untuknya terus mengemuka. Namun sang developer – Sony Bend masih sibuk mengerjakan Days Gone yang seharusnya tiba di bulan April 2019 mendatang. Dengan daya tariknya sebagai salah satu game third person shooter terpopuler di masa lalu, rilis Syphon Filter untuk Playstation Classic bisa membuka mata gamer soal seperti apa bentuknya, terutama lewat sistem lock-on yang cukup revolusioner di kala itu. Mengingat Adna juga punya kemampuan untuk menyetrum musuh hingga hangus terbakar yang tidak pernah lagi dilakukan game-game lain setelahnya, mengeksekusi aksi ikonik tersebut tentu saja akan jadi aksi yang tidak boleh dilewatkan.

  1. Spider-Man

spiderman ps1

Marvel’s Spider-Man dari Insomniac Games untuk Playstation 4 tentu saja sebuah game yang fantastis. Dengan semua perhatian yang tertuju padanya, ini tentu menjadi kesempatan terbaik bagi Sony untuk memperlihatkan seperti apa “sensasi”nya di era Playstation pertama dulu. Ketika aksi berayunnya tepat sasaran, namun keterbatasan teknologi di kala itu tidak memungkinkan Spider-Man untuk hinggap dan beraksi di sebuah game open-world yang luas dengan kesempatan untuk beraksi di jalan raya seperti pada umumnya. Namun setidaknya gamer bisa menyelami petarungan melawan beberapa musuh lebih ikonik sang manusia laba-laba, termasuk Venom dan Carnage yang super keren di dalamnya.

  1. Tomba!

tomba

Menjadi salah satu game yang punya kesempatan besar untuk tetap terasa relevan dan menarik, bahkan dibandingkan dengan game-game rilis terbaru sekalipun, Tomba! Seharusnya menjadi salah satu game yang dipertimbangkan Sony untuk Playstation Classic. Game side-scrolling ini mungkin terlihat seperti sebuah game platformer sederhana di permukaan. Namun menyelaminya, Anda akan memahami bahwa ia masuk ke dalam kategori game puzzle yang kompleks dan butuh penalaran tersendiri untuk diselesaikan, apalagi jika Anda mencicipinya untuk pertama kali tanpa menggunakan walkthrough sama sekali. Kualitas visual yang diusung juga tetap terlihat memesona hingga saat ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…
November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…