15 Game Impian untuk Playstation Classic!

Reading time:
October 23, 2018
  1. Xenogears

xenogears wallpaper

Apa yang kurang dari game-game JRPG kebanyakan? Sebagian besar dari mereka menawarkan plot klise yang bisa jadi berakhir jadi sekedar fantasi untuk menyelamatkan dunia atau sekedar kisah soal balas dendam atau penebusan kesalahan, tanpa ada kompleksitas sama sekali. Di kala seperti inilah, Playstation Classic butuh memperkenalkan bagi banyak gamer apa itu Xenogears dan mengapa ia tampil sebagai salah satu game JRPG terbaik yang pernah diracik. Menjadikan konsep agama Abrahamic sebagai basis cerita, dipadukan dengan masalah psikologis dan karakter yang menarik, sistem pertarungan kombinasi dan mecha yang ia usung bisa mencuri hati Anda selama ratusan jam tanpa pernah Anda sadari. Bahkan hanya sekedar nama Xenogears saja sudah cukup untuk membuat motivasi membeli Playstation Classic terbayar manis.

  1. Legend of Dragoon

divine dragoon

Salah satu nama yang juga tidak boleh diabaikan dari semua judul JRPG yang sempat mengemuka di masa lalu adalah Legend of Dragoon yang fenomenal. Di awal eksistensinya, game yang terbagi ke dalam 4 disc terpisah ini disebut-sebut sebagai game JRPG yang mampu menandingin popularitas seri-seri Final Fantasy, terutama dari sisi visual. Sistem pertarungan yang meminta Anda untuk menekan tombol di timing yang tepat untuk meneruskan serangan kombinasi yang ada membuat Anda tidak bisa memalingkan perhatian sedikit saja dari gameplay yang terus melemparkan Anda, tantangan demi tantangan. Proses transformasi menjadi Dragoon yang keren, FMV yang kualitasnya mengagumkan di masanya, dan cerita penuh plot-twist dan tragedi jadi kekuatan utamanya.

  1. Suikoden II

riou suikoden 2 600x450

Jika ada satu buah game yang akan secara otomatis membuat keputusan kami membeli Playstation Classic dari sekedar “tertarik” menjadi “harus” adalah Suikoden II. Anda yang seringkali membaca JagatPlay sepertinya mengerti bagaimana rasa cinta kami pada game yang meminta Anda untuk tidak hanya sekedar mengumpulkan 108 karakter dengan syarat dan ketentuan berlaku ini, tetapi juga memosisikan Anda sebagai seorang pemimpin kerajaan baru yang siap maju berperang, melawan kekuatan jahat dan tidak manusiawi, sembari memastikan kastil Anda terus berkembang dengan masyarakat yang hidup bahagia di dalamnya. Tidak semua gamer sempat mencicipi daya tarik Suikoden II dan tidak ada cara yang lebih tepat untuk memperkenalkannya via Playstation Classic. Apalagi visualisasi dua dimensinya sendiri masih tetap terlihat relevan hingga saat ini.

Di atas adalah 15 buah game impian yang ingin kami lihat muncul sebagai bagian dari 20 buah game pre-load yang ditawarkan oleh Playstation Classic. Sony tentu saja punya pekerjaan berat untuk memastikan bahwa konsol ini tidak berakhir jadi “mesin RPG klasik” terlepas dari potensi popularitas genre tersebut di masanya. Mereka harus berjuang untuk memastikan bahwa Playstation Classic memenuhi beragam genre yang berbeda, tetapi sekaligus mengusung nama-nama yang memang pantas untuk diantisipasi. Pilihan kami mungkin terasa “berat” ke JRPG karena sensasi nostalgia yang ada, namun di sisi lain, sulit rasanya untuk tidak mengakui bahwa judul-judul tersebut akan membuat kami kembali mengenang dan jatuh hati dengan mesin fenomenal yang satu ini.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua game-game populer di era Playstation pertama, game mana yang Anda ingin lihat muncul sebagai bagian pre-load dari Playstation Classic yang akan dirilis bulan Desember 2018 mendatang? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 16, 2022 - 0

Review ROLLERDROME: Sepatu Roda Haus Darah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh ROLLEDROME? Mengapa kami menyebutnya…
August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…