45% Penjualan AC Odyssey Datang dari Digital

Reading time:
October 31, 2018

Jika Anda mengikuti perkembangan industri game selama setidaknya beberapa bulan terakhir, maka Anda akan sering mendengar bagaimana survei penjualan di beberapa pasar game, terutama Inggris selalu hadir dengan berita yang buruk. Bahwa terlepas dari keberhasilan beberapa game mencatatkan posisi yang tinggi di tangga game tersebut, data konsisten memperlihatkan angka penjualan game fisik yang lebih rendah dibandingkan seri sebelumnya.

Dengan tren seperti ini, kita tentu dihadapkan pada dua probabilitas: pertama, memang game tersebut memang tidak laku dan tidak menarik. Atau kedua? Banyak gamer yang saat ini sudah pindah ke digital. Jika melihat Assassin’s Creed Odyssey, maka skenario kedua yang paling dimungkinkan.

Ubisoft menyebut bahwa penjualan Odyssey 45%-nya datang dari versi digital.

Dalam laporan finansial terbaru mereka, Ubisoft mengaku bahwa hampir 45% dari total penjualan Assassin’s Creed Odyssey kini datang dari versi digital lintas platform. Angka ini naik 10% dari tren digital di Assassin’s Creed sebelumnya – Origins. Untuk saat ini mereka memang masih belum berbagi detail angka penjualan Odyssey mengingat ia dirilis dekat dengan minggu akhir laporan finansial itu sendiri. CEO Yves Guillemot juga sesumbar terkait performa penjualan game UBisoft yang lain seperti For Honor dan Rainbow Six: Siege yang masih memperlihatkan tren pertumbuhan yang positif.

Dengan kasus yang terjadi di Assassin’s Creed Odyssey ini, sepertinya aman untuk menyebut bahwa preferensi kuat untuk game fisik semata-mata karena potensi untuk dijual kembali dan sensasi mengoleksinya sepertinya perlahan tapi pasti, mulai tergantikan. Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah tren digital akan menggantikan penjualan versi fisik nantinya?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…