Microsoft Ingin Hadirkan Kontroler XBOX Khusus Mobile

Reading time:
October 30, 2018
xbox mobile

Jika kita berbicara soal salah satu desain kontroler paling ergonomis yang pernah tersedia di pasaran, dengan kualitas yang juga pantas untuk diacungi jempol, maka sebagian besar mata sepertinya akan langsung memandang kontroler Xbox dari Microsoft. Berawal dari desain kontroler Xbox 360 yang begitu fantastis dan dipuja yang kemudian berlanjut di versi Xbox One yang tidak kalah menariknya, Microsoft terus berinovasi. Kini dengan hadirnya ProjectXCloud yang berambisi untuk membawa layanan streaming game AAA ke layar mobile dan handheld, Microsoft sepertinya ikut memikirkan soal kenyamanan mekanisme kontrol nantinya.

Hasilnya? Berdasarkan salah satu halaman Microsoft Research yang mengemuka di dunia maya, Microsoft sepertinya tengah tertarik untuk meracik sebuah kontroler Xbox super nyaman untuk perangkat smartphone dan tablet. Mengacu pada apa yang berhasil dilakukan oleh Nintendo Switch, mereka melihat bahwa kontroler fisik adalah sesuatu yang penting untuk aktivitas mobile gaming itu sendiri. Gambar awal memperlihatkan bagaimana prototype untuk kontroler tersebut mengusung konsep yang serupa, dimana kontroler bisa dipecah menjadi dua bagian dan disematkan di sisi masing-masing tablet / smartphone. Prototype ini sendiri dibangun dengan menggunakan 3D Printer.

xbox mobile1 1
Halaman Microsoft Research memperlihatkan usaha dan prototype kontroler untuk mobile gaming.

Walaupun belum jelas apakah prototype ini akan berujung menjadi produk komersial yang dijual bebas atau tidak nantinya, namun tentu saja menarik untuk melihat apakah eksistensinya akan “melambungkan” sisi kenyamanan mobile gaming atau tidak. Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah mobile gaming memang butuh perangkat keras kontroler tambahan atau layar sentuh seharusnya sudah memenuhi itu semua?

Source: WindowsCentral

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…