Review Yakuza Kiwami 2: Satu Paket Lengkap!

Reading time:
October 5, 2018
Yakuza Kiwami 2 jagatplay part 1 1

Mulai mengerti dan memahami bahwa suara keras dan permintaan para gamer selama ini bukanlah omong kosong belaka. Bahwa di tengah popularitas Playstation 4 yang berhasil menjaring banyak gamer baru yang mungkin belum pernah mencicipi Playstation 2 dan Playstation 3 termuat pasar potensial yang bisa jatuh hati pada franchise andalan mereka, mengikuti setiap seri yang ada tanpa banyak bertanya, dan pada akhirnya – data penjualan yang lebih baik dan menggoda.

Situasi inilah yang dihadapi SEGA dengan franchise Yakuza milik mereka. Kini dengan angka yang memperlihatkan tren yang positif, mereka tidak bisa berhenti. Seri Kiwami pun lahir sebagai proyek Remake untuk memastikan gamer-gamer yang baru menikmati Yakuza memahami basis cerita yang ada, terutama untuk mereka yang tergoda untuk menikmatinya secara runtut.

Mengikuti kesuksesan Yakuza 0 yang memang menjadi pondasi kisah perjalanan saga seorang Kazuma Kiryu, SEGA mengikutinya dengan seri Kiwami dan Kiwami 2. Kata Kiwami sendiri diarahkan sebagai penjelas bahwa game yang tengah Anda nikmati ini merupakan “Remake” dari seri original yang sempat meluncur untuk Playstation 2 di masa lalu. Anda yang sudah membaca artikel preview kami sebelumnya sepertinya sudah punya gambaran yang lebih jelas apa yang ditawarkan oleh sang seri terbaru – Yakuza Kiwami 2 ini. Yang membuatnya memesona dibandingkan dengan seri Kiwami pertama misalnya, adalah fakta bahwa seri kedua ini diracik ulang dengan menggunakan Dragon Engine, engine sama yang digunakan untuk Yakuza 6: Song of Life.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Yakuza Kiwami 2 ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah paket lengkap? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Yakuza Kiwami 2 jagatplay part 1 29
Yakuza Kiwami 2 tentu saja mengikuti cerita seri originalnya.

Maka seperti kebijakan yang mereka tempuh dengan seri Kiwami pertama, tidak ada perubahan signifikan dari sisi cerita dari Yakuza 2 original dengan seri Remake – Kiwami 2 kali ini. Selain perubahan visual yang Anda dapatkan berbasis Dragon Engine dan porsi misi sampingan dan cerita dari kacamata Goro Majima yang kini kembali muncul sebagai “bintang kedua”, basis ceritanya masih sama.

Yakuza Kiwami 2 mengambil timeline cerita satu tahun setelah Yakuza Kiwami. Kiryu yang ingin keluar dari klan-nya untuk sebuah alasan yang bergerak layaknya takdir, kembali terserap dalam konflik penuh misteri yang tidak pernah ia perkirakan sebelumnya. Fifth Chairman untuk Tojo Clan – Yukio Terada tiba-tiba diserang dan berujung tewas. Omi Alliance diperkirakan menjadi biang kerok untuk aksi yang satu ini. Dengan dua kekuatan besar yang berada di ujung konflik, menjadi tanggung jawab Kiryu lah untuk memastikan perang besar-besaran yang diprediksi penuh darah antara dua organisasi terbesar tersebut tidak terjadi. Di satu sisi yang lain, tewasnya Fifth Chairman berarti membuat Tojo Clan harus mencari pengganti yang baru.

Yakuza Kiwami 2 jagatplay part 1 14
Kematian Fifth Chairman Tojo diyakini merupakan ulah Omi Alliance. Perang besar antara keduanya pun seolah tak terelakkan.
Yakuza Kiwami 2 jagatplay part 1 50
Ryuji Goda – sang naga dari Kansai juga dicurigai berkontribusi pada konflik misterius ini.

Pelan tapi pasti, kuatnya drama cerita Yakuza yang membuat franchise ini dicintai perlahan tapi pasti, naik ke permukaan. Kiryu harus bertemu dengan saingan terberatnya yang juga mendapatkan julukan “Sang Naga” – Ryuji Goda. Jika Kiryu adalah naga dari klan Tojo, maka Goda lebih dikenal seabgai sang naga Kansai untuk Omi Alliance. Semuanya juga semakin kompleks ketika diketahui bahwa organisasi kriminal Korea Selatan yang juga bekerja di Kamurocho juga memainkan peran di dalam konflik ini. Polisi pun harus turun tangan dengan sosok Kaoru Sayama yang punya tanggung jawab untuk memastikan Kiryu selamat dari segala usaha untuk mengakhiri hidupnya. Tewasnya  Kiryu akan membuat perang antar dua klan ini terpicu.

Yakuza Kiwami 2 jagatplay part 1 82
Bagaimanakah konflik ini akan berakhir?

Lantas, seperti apa konflik yang harus dihadapi oleh Kiryu saat ini? Siapa yang sebenarnya membunuh Yukio Terada? Apakah Goda terlibat di dalam konspirasi ini? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut akan bisa Anda dapatkan dengan memainkan Yakuza Kiwami 2 ini.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…