Preview Yakuza Kiwami 2: Lama tapi Baru!

Reading time:
August 30, 2018

Gencar untuk memperkenalkan franchise yang luar biasa ini kepada gamer pendatang baru yang selama ini mungkin melewatkannya di platform generasi sebelumnya atau bahkan baru, mendengar namanya selama beberapa tahun terakhir. Dikombinasikan dengan kesadaran betapa menjualnya ia di pasar barat, tentu melegakan melihat bagaimana satu seri Yakuza dirilis mengik Preview Yakuza Kiwami 2: Lama tapi Baru!

Gencar untuk memperkenalkan franchise yang luar biasa ini kepada gamer pendatang baru yang selama ini mungkin melewatkannya di platform generasi sebelumnya atau bahkan baru, mendengar namanya selama beberapa tahun terakhir. Dikombinasikan dengan kesadaran betapa menjualnya ia di pasar barat, tentu melegakan melihat bagaimana satu seri Yakuza dirilis mengikuti seri Yakuza yang lain. Berita baiknya? Untuk seri yang lawas, alih-alih sekedar menawarkan konten Remaster begitu saja, ada beberapa seri yang mereka putuskan untuk melewati proses Remake. Dengan embel-embel nama “Kiwami” mengikutinya. Setelah seri pertama yang melewati proses serupa, kini Yakuza 2 yang akhirnya dilepas ke pasar Barat. Untuk seri yang satu ini, kata Kiwami yang ia usung memang bisa disimpulkan, lebih istimewa.

Kesan Pertama

Apa yang dilakukan tim Yakuza dengan Yakuza Kiwami 2 memang terbilang istimewa. Karena berbeda dengan Kiwami pertama yang diracik ulang dengan menggunakan engine Yakuza 0, Yakuza Kiwami 2 diracik ulang dengan menggunakan engine teranyar mereka yang juga jadi basis engine Yakuza 6: The Song of Life – Dragon Engine. Oleh karena itu, selain cerita, hampir segala sesuatunya berubah, berbeda, dan tampil lebih modern. Implementasi engine ini tidak hanya membuat banyak efek partikel dan detail wajah karakter yang memesona saja, tetapi juga membuat animasi gerak Kiryu sendiri lebih mengalir, terutama saat bertarung. Beberapa mekanik gameplay yang tidak ada di seri originalnya, kini juga disertakan di Yakuza Kiwami 2 ini.

Satu yang menarik adalah bagaimana jelas usaha SEGA untuk membuat Yakuza Kiwami 2 ini sebagai sebuah paket “lengkap” yang memuat semua daya tarik seri-seri Yakuza sebelumnya. Kita berbicara tidak hanya soal konten cerita dan visual, tetapi juga ragam mini-game dan aktivitas yang bisa Anda lakukan. Hampir semua aktivitas yang sempat mendapatkan respon positif seperti kesempatan untuk mengatur Hostess Club, meracik gang Anda dalam format game strategi, hingga kehadiran wanita-wanita sensual dalam bentuk live-action ditawarkan di Yakuza Kiwami 2 ini walaupun mendapatkan sedikit perubahan di dalamnya. Gamer-gamer yang mungkin merasa bahwa seri Kiwami sebelumnya terasa minin konten, akan terpuaskan dengan apa yang dilemparkan SEGA di seri yang satu ini.

Maka yang Anda temukan adalah sebuah pengalaman baru dan berbeda di atas sebuah seri yang memang sudah terhitung “lawas”. Anda memang masih akan memainkan aksi Kazuma Kiryu yang kali ini terlibat masalah dengan organisasi Yakuza yang lain – Omi Alliance. Pertarungan dan perseteruan dengan “Sang Naga dari Kansai” dari Kiryu – “Sang Naga dari Dojima” menjadi highlight dari cerita fantastis di masa lalu ini, dan kemudian direpresentasikan kembali dalam bentuk visual yang baru dan penempatan kamera yang lebih dramatis. Sebagai salah satu seri Yakuza dengan cerita paling seru dan menegangkan, ia bahkan terasa lebih optimal lagi. Apalagi ada ekstra konten yang kini berfokus pada sosok Goro Majima.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, apalagi dengan ragam aktivitas adiktif yang harus diselesaikan, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven yang kami tangkap ini. Get ready for the Dragon of Dojima!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…