Makin Sepi, Matchmaking Anthem Mulai Bermasalah

Reading time:
April 30, 2019
Anthem jagatplay part 1 280

Sebuah janji begitu manis yang kembali berbuah sebuah kekecewaan besar, tidak ada lagi kalimat yang lebih tepat untuk menjelaskan apa yang terjadi dengan proyek teranyar milik Bioware – Anthem. Klaim soal pengembangan yang berjalan selama bertahun-tahun ternyata lebih banyak diisi dengan “perang konsep” antara para petinggi Bioware, alih-alih mengerjakan game yang ternyata baru aktif dikembangkan selama 18 bulan terakhir ini. Roadmap yang tidak lagi mengikuti jadwal karena begitu banyak masalah yang harus mereka atasi membuat eksosistem Anthem, baik dari sisi gameplay ataupun komunitas, tidak lagi sehat. Kini, mereka harus berhadapan dengan masalah baru.

Salah satu nilai jual Anthem yang sempat didengungkan Bioware di awal pengenalannya adalah bagaimana game ini akan memuat sistem “matchmaking” untuk semua jenis konten dan misi. Beberapa bulan setelah dirilis, lengkap dengan semua masalah yang menyertainya, nilai jual ini justru menjadi masalah baru. Laporan terbaru dari beberapa situs gaming dan juga komunitas menyebut bahwa proses matchmaking Anthem kini tergolong sepi. Hampir sebagian besar misi seringkali berakhir dengan anggota tim yang tidak lengkap. Beberapa misi yang tingkat kesulitannya super tinggi bahkan ditinggalkan karena sistem loot dengan reward yang dianggap tidak sepadan.

Anthem jagatplay part 1 21 600x338
Sepinya Anthem membuat proses matchmaking mulai bermasalah. Anggota jarang lengkap, apalagi di misi dengan tingkat kesulitan tinggi, kini mulai sering ditemui.

Bioware sendiri masih belum angkat bicara soal solusi jangka pendek yang mereka rencanakan untuk “menghidupkan kembali” Anthem. Satu yang pasti, gerak cepat tentu saja dibutuhkan mengingat komunitas yang pelan tapi pasti, meninggalkan game loot shooter ini karena rasa tidak puas yang terus tidak mendapatkan solusi.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang masih sigap memainkan Anthem hingga saat ini?

Source: Forbes

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…