Mortal Kombat 11 Dikritik Karena Kebijakan Microtransactions Gila

Reading time:
April 25, 2019
Mortal Kombat 11 Online Beta jagatplay 70 1

Anda mungkin tidak bisa menikmati Mortal Kombat 11 secara resmi saat ini di Indonesia. Namun bagi mereka yang bersikukuh untuk menikmatinya lewat beragam cara, game fighting yang seharusnya membawa pertarungan paling brutal dan penuh darah ke level yang baru ini ternyata memuat sebuah kebijakan yang mengecewakan. Review dari beragam media luar memang positif, namun sebagian dari mereka sekedar membicarakan soal kualitas visual, animasi, dan cerita. Sementara di sisi lain, reaksi negatif justru mengemuka di beragam komunitas gamer yang notabene merupakan konsumen di sini. Alasannya? Microtransactions.

Microtransactions memang bukan hal yang asing lagi untuk game fighting dari Netherrealm Studios, yang sudah mereka implementasikan juga di Injustice 2. Namun berdasarkan laporan dan keluhan gamer, Netherrealm Studios dan WB Games membuat microtransactions di Mortal Kombat 11 jauh lebih gila. Bagaimana caranya?

Mereka menyediakan setidaknya 60 jenis kostum untuk masing-masing karakter dari total 23 karakter roster yang bisa digunakan. Untuk bisa mendapatkannya, gamer harus bertarung dan mendapatkan resource bernama Time Krystals yang juga dijual seharga USD 5 / 500 Time Krystals dengan konversi uang nyata.  Masalahnya? Untuk mendapatkan hanya 700 Time Krystals saja misalnya, gamer besar kemungkinan butuh memainkan Mortal Kombat 11 selama 4 jam. Jadi Anda butuh sekitar 4 jam hanya untuk membuka 1 buah kostum saja. Bayangkan berapa banyak waktu yang mesti dihabiskan untuk membuka 60 buah kostum untuk setiap karakter yang ada.

Mortal Kombat 11 Online Beta jagatplay 19 1
Netherrealm Studios dan WB Games dituduh mendesain MK11 sedemikian rupa untuk menjual microtransactions.

Gamer mengeluh bahwa Netherrealm Studios dan WB Games sengaja mendesain sistem buka kostum dengan distribusi resource super terbatas ini untuk mendorong gamer yang tidak sabar lagi untuk menjadikan microtransactions sebagai solusi – mengeluarkan uang nyata untuk membeli mata uang in-game. Parahnya lagi? Hitung-hitungan kasar memprediksikan bahwa untuk membuka semua kostum ini, gamer butuh mengeluarkan uang sekitar USD 6440 atau sekitar 91 juta Rupiah! Ini tentu saja sebuah kondisi yang menyedihkan. Ini baru berbicara soal kostum, belum konten unlockables lain seperti Fatality, Animasi Menang dan Pembuka, yang semuanya hadir dengan format RNG.

Netherrealm Studios sendiri berjanji bahwa mereka akan mulai melakukan balancing reward ini di masa depan, walaupun tidak memberikan timeline yang pasti. Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah praktik seperti ini sesuatu yang rasional di mata Anda?

Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…