10 Alasan Mengapa Suikoden 2 Adalah JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Reading time:
July 12, 2019
suikoden2 9

Bias, bias, bias, dan bias, Anda mungkin akan langsung bereaksi demikian begitu membaca judul toplist yang kami pilih untuk artikel kali ini. Jika Anda termasuk pembaca setia JagatPlay, maka Anda tentu sedikit mengerti mengapa judul di atas kami pilih. Sementara untuk Anda yang tidak, kami (saya pribadi lebih tepatnya) memang punya obsesi tersendiri pada Suikoden 2 – salah satu game JRPG yang tidak sekedar meninggalkan kesan terdalam di era keemasan Playstation saja, tetapi memang butuh diperkenalkan untuk khalayak lebih umum, terutama karena usianya yang kian tua dan tak lagi terlihat relevan melawan game-game RPG lebih modern. Situasi yang mengecewakan mengingat bahwa jika ia diberi kesempatan, gamer muda pencinta JRPG akan memahami daya tariknya yang memesona.

Rasa rindu yang besar pada Suikoden sebagai franchise, yang memang sempat tersedia dalam beberapa seri dengan timeline cerita yang berbeda memang selalu ada. Namun sayangnya, kecil kemungkinan rasa rindu tersebut akan dipuaskan. Konami sebagai pemilik franchise terlihat tidak lagi ambil pusing untuk membawa kembali ke platform generasi yang lebih modern dengan anggota tim pengembang yang kini juga sudah tersebar kemana-mana. Yang tersisa hanyalah memori indah, rasa nostalgia, dan sebuah tanggung jawab untuk “melestarikan” pesonanya sebagai game JRPG  yang harus diakui, nyaris sempurna. Sesuatu yang berusaha kami lakukan dengan artikel toplist kali ini.

Lantas, mengapa Anda harus mencicipi Suikoden 2, terutama jika Anda mengaku pencinta JRPG? Adalah 10 alasan di mata kami, mengapa ia tidak berlebihan untuk disebut sebagai game JRPG terbaik sepanjang masa, mengalahkan banyak judul-judul game JRPG raksasa lain sekalipun. Inilah alasan-alasan tersebut menurut JagatPlay:

  1. Multiple Ending

nanami

Bayangkan sebuah game JRPG yang bisa menyita waktu Anda dari puluhan hingga ratusan jam dengan jalinan cerita yang solid ternyata punya banyak elemen yang bisa mempengaruhi ending yang Anda dapatkan di akhir. Tidak pernah ada indikasi apapun bahwa aksi yang Anda ambil atau tidak ambil akan berakhir dengan ending yang sempurna atau tidak, membuat Anda berusaha melakukan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Terlepas dari apapun yang terjadi, hampir setiap ending Suikoden 2, sempurna ataupun tidak, berakhir memuaskan. Bahwa perjalanan yang sudah Anda lewati dengan susah payah tersebut punya konklusi yang jelas.

  1. 108 Karakter

suikoden

Salah satu bagian terbaik yang tidak terpisahkan dari setiap seri Suikoden, tidak hanya Suikoden 2 tentu saja, adalah kesempatan untuk merekrut 108 karakter sebagai bagian dari tim Anda. Tentu saja Anda tidak bisa menggunakan mereka sekaligus, tetapi tetap saja tumbuh menjadi basis untuk strategi pemilihan anggota party. Beberapa di antara mereka punya serangan kombinasi yang bisa menghadirkan damage besar, sementara tidak sedikit pula yang siap menawarkan buff permanen hingga yang langsung datang dengan Rune – serangan magic langka yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Kerennya lagi? Tidak gampang mendapatkan mereka. Banyak di antaranya butuh strategi tertentu untuk direkrut dan tidak sedikit pula yang bisa “terlewatkan” jika Anda tidak sengaja mendorong progress cerita.

  1. Walkthrough yang Tidak Terpisahkan

suikoden 2 faqs

Berhubungan dengan apa yang kita bicarakan di list nomor 9, maka mustahil untuk menyelesaikan Suikoden 2 dan merekrut semua 108 karakternya atas nama ending terbaik, tanpa menggunakan Walkthrough sama sekali. Esensial karena Anda harus mencari tahu posisi tiap karakter yang bisa direkrut, di titik cerita mana ia bisa direkrut, siapa karakter companion yang harus Anda bawa untuk bisa merekrutnya, dan terkadang – puzzle seperti apa yang harus dilakukan untuk bisa memicu kehadiran mereka. Kita berbicara dari sekedar karakter yang hanya bisa direkrut jika total Strength party Anda menembus angka tertentu sampai seekor tupai yang tidak akan bergabung sebelum Anda berjalan memutari sebuah pohon beberapa kali. Di tahun 2000-an ketika internet masih “barang mahal”, tantangan ini bahkan ada di level yang baru.

  1. Cerita dengan Intrik Politik

jowy

Pada akhirnya, salah satu kekuatan utama Suikoden 2 tentu terletak pada sisi cerita. Bukan hal baru memang sebuah game JRPG memperkenalkan kepada Anda beragam kerajaan yang punya konflik satu sama lain, dan kemudian menjadikannya sebagai motor pendorong cerita. Namun di Suikoden 2, elemen politik tersebut terasa jauh lebih fantastis. Konflik-konflik antara kerajaan dan karakter penting ini punya motivasi yang bisa dipercaya dan bahkan, “bisa dimengerti”. Bahwa intrik politiknya tidak lantas membuat karakter berakhir menjadi hitam-putih, tetapi juga bisa bergerak dalam ranah abu-abu yang pelan tapi pasti, bisa menarik rasa simpati Anda.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…