10 Nama Karakter Hideo Kojima Paling Tolol Jika Di-Indonesiakan!

Reading time:
July 31, 2019
the patriots1

Hideo Kojima memang sosok super populer di industri game. Beberapa gamer yang memujanya melihatnya sebagai sosok jenius dengan video game yang sejauh ini, memang lumayan revolusioner. Ia punya asosiasi yang kuat dengan game yang punya cita rasa sinematik yang kuat, cerita yang gila, dan gameplay yang di setiap rilisnya, selalu menjadi standar kualitas tersendiri. Namun bagi gamer yang tidak terlalu menyukai sosoknya, ia terlihat seperti “otak” video game yang tidak bisa lagi membedakan mana media yang pasif dan interaktif, bagaimana caranya meracik game yang menarik dari awal hingga akhir, dan terlalu terperangkap pada usaha untuk melakukan eksperimen walaupun ia berakhir mencederai produk yang ia racik. Ia memang satu sosok yang kontroversial, kemanapun Anda melihatnya.

Namun ada satu hal yang sepertinya disetujui oleh gamer yang menyukai ataupun membenci sosok Hideo Kojima – bahwa ia menjadi “ahli”-nya penamaan super aneh dan tolol untuk karakter-karakter di beberapa game populer. Walaupun kasus ini tidak merata untuk semua game yang sempat ia sentuh, seperti Policenauts dan Zone of the Enders, namun sulit rasanya untuk tidak mengakui bahwa kasus seperti ini terjadi di Death Stranding dan semua seri Metal Gear Solid sejauh ini. Nama-nama yang memang mengakar original, terinspirasi dari produk tertentu, dan yang kesemuanya berakhir aneh ketika Anda berusaha untuk meng-Indonesia-kannya. Sebuah kualitas dimana sinetron Indonesia sekalipun tidak akan berani memberi nama yang serupa dengan apa yang dilakukan Hideo Kojima.

Lantas, dari semua nama karakter-karakter super absurd yang pernah diberikan Hideo Kojima di game-game yang ia racik, manakah yang berakhir paling tolol jika ditranslasikan ke bahasa Indonesia? Inilah versi JagatPlay:

  1. La-Li-Lu-Le-Lo (La-Li-Lu-Le-Lo – Metal Gear Solid 2)

the patriots

Di-Indonesa-kan ataupun tidak, keputusan untuk menamakan organisasi terkuat di dunia yang bergerak di belakang layar dan disebut-sebut “mengendalikan” pemerintah Amerika Serikat dengan nama La-Li-Lu-Le-Lo adalah sebuah keputusan aneh. Penamaan seperti ini setidaknya membuat kesan misterius dari organisasi yang sebenarnya merupakan “The Patriots” ini lebih kuat. Tetapi sulit untuk tidak mengundang gelak tawa ketika diskusi terkait perannya berakhir super serius di cut-scene Metal Gear yang panjang. Tiba-tiba ada pengucapan “La-Li-Lu-Le-Lo” di tengah diskusi dan teori konspirasi yang berusaha Anda cerna.

  1. Pria Gendut (Fatman – Metal Gear Solid 2)

fatman

Salah satu pendekatan gaya penamaan karakter Hideo Kojima, setidaknya dari seri Metal Gear Solid 2, adalah dengan menggabungkannya dengan karakteristik yang memang mencerminkan karakter tersebut, entah wujud fisik, kepribadian, atmosfer, atau bahkan kekuatan yang ia usung. Bagaimana cara ia menggambarkan sosok seorang bomber dengan tubuh gendut yang bergerak menggunakan rollercoaster? Menyebutnya sebagai Fatman alias pria gendut. Memang tidak kesemuanya dari nama ini memang merupakan nama asli dan hanya diposisikan sebagai “nama sandi militer”, namun tetap saja, begitu sederhana dan aneh di saat yang sama. Bayangkan menonton sebuah film Indonesia yang musuh utamanya sekedar disebut sebagai “Pria Gendut”.

  1. Pria Mati (Deadman –Death Stranding)

deadman

Misteri terkait apa yang sebenarya ditawarkan oleh Death Stranding memang masih menyiratkan sebuah kabut tebal yang pada saat toplist ini ditulis, masih belum memiliki jawaban sama sekali. Satu yang pasti, kita akhirnya diperkenalkan nama karakter yang sepertinya akan memainkan peran penting dalam cerita. Del Toro – sutradara yang sempat diajak bekerjasama untuk meracik P.T. dan berakhir dibatalkan, dipastikan akan memerankan karakter yang diberi nama – Deadman, yang jika diterjemahkan, adalah sekedar pria mati. Setidaknya, Deadman di beberapa trailer yang ada, terlihat hidup dan sehat walafiat, lengkap dengan tabung berisi bayi yang sepertinya terus ia bawa.

  1. Pria Jantung (Heartman – Death Stranding)

heartman1

Setidaknya dari semua karakter super aneh dengan nama tolol ala Hideo Kojima di Death Stranding, kita akhirnya mendapatkan detail apa yang “dilakukan” salah satunya. Disebut sebagai Heartman alias Pria Jantung, karakter ini memang punya keunikan yang berhubungan dengan kerja jantungnya. Ia diceritakan sebagai karakter NPC penting yang punya masa hidup siklus hanya 21 menit dan mati 3 menit sebelum bangkit kembali, yang kemudian mengubah cara ia menikmati konten seperti film dan musik favoritnya. Bayangkan, latar belakang karakter super keren seperti ini dengan keunikannya, diberi nama sekedar “Pria Jantung” atas nama kesederhanaan.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…