37% Pendapatan Activision Kini Berasal dari Mobile

Reading time:
August 12, 2019
diablo immortal

Mengapa banyak publisher raksasa yang mati-matian mengejar dominasi di pasar mobile? Bahwa aksi ini bahkan terkadang menghasilkan kebijakan tidak rasional, seperit memperkenalkannya di event yang jelas-jelas dihuni oleh fans garis keras yang mencicipi game mereka di PC dan Console. Tidak percaya? Anda masih ingat dengan kasus dimana Activision dan Blizzard memutuskan untuk memperkenalkan Diablo Immortal untuk mobile di atas panggung BlizzCon yang justru disambut dengan cemooh gamer? Jawaban jelasnya sebenarnya terletak pada satu faktor yang tidak terbantahkan – bahwa mobile adalah sumber uang yang paling manis.

Laporan keuangan Activision Blizzard yang ditutup di Juni 2019 kemarin sepertinya memberikan insight yang sungguh jelas soal pentingnya peran pasar mobile bagi keuangan mereka. Percaya atau tidak, 37% dari total pendapatan bersih yang diterima oleh Blizzard berasal dari pasar mobile. Ia mengalahkan pasar PC yang kini berada di angka 26% dan Console di 29% “saja”. Menariknya lagi? Angka pasar mobile ini juga naik dibandingkan dengan angka di tahun 2018 kemarin. Tentu saja, dari semua game mobile Activision, Candy Crush menjadi yang paling populer.

activision 37 1
37% dari pendapatan bersih Activision kini muncul dari platform mobile, mengalahkan PC dan Console.

Dengan kenyataan seperti ini, tidak mengherankan jika Activision mati-matian mengejar pasar mobile yang kini juga memuat game kartu populer mereka – Hearthstone dengan beberapa proyek lainnya yang masih direncanakan. Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak dari Anda yang sempat memainkan game mobile dari Activision?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…