Preview Granblue Fantasy Versus: Langsung Jatuh Hati!

Reading time:
February 7, 2020
Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 1

Granblue Fantasy memang bukan lagi sebuah nama baru di industri game. Namun bagi gamer konsol dan PC yang tidak pernah tertarik untuk terjun ke mobile gaming, reputasinya berakhir sekedar nama. Ada banyak kisah mungkin lahir dari teman-teman di sekitar Anda yang jatuh dalam pusaran kutukan gacha-nya yang tidak terhindarkan. Namun dengan desain karakter super memanjakan mata yang bisa Anda dapatkan dan kumpulkan, terutama dari karakter wanita yang ia usung, Anda sepertinya mulai bisa memahami daya tarik tersebut. Apalagi setelah sukses di pasar mobile, sang empunya – Cygames mulai berusaha masuk terjun ke dalam pasar konsol dengan game serius sekelas Granblue Fantasy Versus. Game fighting penuh daya tarik yang memang layak untuk dibicarakan.

Kesan Pertama

Satu kesan pertama yang pasti Anda dapatkan ketika menikmati Granblue Fantasy Versus? Adalah bagaimana Arc System Works untuk kesekian kalinya, membuktikan diri mengapa mereka merupakan salah satu developer game fighting terbaik di industri game saat ini. Bagaimana developer yang satu ini memahami cara tidak hanya meracik game fighting yang intens dengan lapisan dan mekanik gameplay dalam untuk diseriusi, membungkusnya dengan musik keren dan menggugah, sembari memastikan semuanya tampil dramatis dan menggugah ketika momen itu tiba. Arc System Works tidak hanya datang memenuhi ekspektasi, namun melampauinya. Cukup untuk membuat kami yang tidak terlalu familiar dengan semesta Granblue Fantasy berujung langsung jatuh hati, penasaran dengan lore dunianya, dan tentu saja melirik karakter layak waifu yang ia sertakan.

Satu yang menarik, adalah mekanik yang ia tawarkan. Arc System Works terhitung berhasil mengkombinasikan konsep game fighting yang mudah diakses oleh gamer pendatang baru lewat eksekusi kombinasi sederhana dan jumlah serangan yang tidak terlalu banyak per karakter dengan mekanik “lebih serius” yang akan memberikan ekstra strategi baru jika didalami, seperti bagaimana beberapa serangan kuat memiliki sifat anti-stagger untuk melarikan diri dari serangan kombinasi musuh atau menyerang balik. Atau bagaimana Anda dibekali satu tombol dash khusus untuk menghindari secara total serangan musuh jika berhasil dieksekusi di timing yang tepat. Kerennya lagi? Ia juga menyertakan sedikit konsep “RPG” lewat sistem skill berbasis cooldown ke dalam game fighting yang ternyata, bekerja dengan manis. Sesuatu yang akan kami bicarakan di sesi review nantinya.

Bersama dengan struktur game fighting standar dimana Anda bisa menikmati sesi arcade, versus, dan tentu saja pertarungan online, Granblue Fantasy Versus juga menyediakan sebuah mode unik bernama “RPG Mode”. Ia tampil bak game action side-scrolling lawas yang kini juga dibumbui sisi cerita lebih linear dan jelas yang di beberapa titik, bahkan mendapatkan cut-scenenya sendiri. Di beberapa titik, Anda bahkan akan terlibat dalam aksi Raid dengan pertarungan melawan boss-boss dengan HP lebih tebal dan serangan lebih mematikan. Mengikuti apa yang ia tawarkan di versi mobile (setidaknya dari yang kami dengar), mode yang satu ini bahkan mengaplikasikan sistem gacha senjata yang sepertinya memang menjadi nyawa sebuah game Granblue Fantasy itu sendiri. Sebagai sebuah nilai tambah, kami cukup terkejut bahwa kami menyukai mode ini. Walaupun harus diakui, ada sedikit rasa bosan ketika pertarungan melawan musuh biasa terasa begitu repetitif dan mudah. Untungnya, sedikit terbayar di pertarungan boss yang lumayan intens.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, apalagi mengingat kami belum menyelesaikan RPG mode itu sendiri dan masih belum menjajaki banyak pertarungan di mode online, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa yang ditawarkan oleh Granblue Fantasy Versus. Terlepas apakah Anda penggemar game mobilenya atau tidak, game ini sepertinya tidak akan sulit merebut hati Anda.

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)

Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 7 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 10 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 21 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 25 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 51 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 96 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 55 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 63 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 90 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 104 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 124 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 152 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 154 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 188
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…

PlayStation

September 1, 2022 - 0

Wawancara dengan Shaun Escayg dan Matthew Gallant (The Last of Us Part I)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Shuan Escayg dan Matthew Gallant terkait…
August 31, 2022 - 0

Review The Last of Us Part I: Lebih Indah, Lebih Emosional!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Last of Us Part…
August 26, 2022 - 0

Review Soul Hackers 2: Kumpul Iblis, Selamatkan Dunia!

Bagaimana dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Soul Hackers 2 ini?…
August 25, 2022 - 0

Review Playstation Plus Tier Baru: Ambil EXTRA, Abaikan DELUXE!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation Plus Tier Baru ini?…

Nintendo

September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…