Preview Granblue Fantasy Versus: Langsung Jatuh Hati!

Reading time:
February 7, 2020
Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 1

Granblue Fantasy memang bukan lagi sebuah nama baru di industri game. Namun bagi gamer konsol dan PC yang tidak pernah tertarik untuk terjun ke mobile gaming, reputasinya berakhir sekedar nama. Ada banyak kisah mungkin lahir dari teman-teman di sekitar Anda yang jatuh dalam pusaran kutukan gacha-nya yang tidak terhindarkan. Namun dengan desain karakter super memanjakan mata yang bisa Anda dapatkan dan kumpulkan, terutama dari karakter wanita yang ia usung, Anda sepertinya mulai bisa memahami daya tarik tersebut. Apalagi setelah sukses di pasar mobile, sang empunya – Cygames mulai berusaha masuk terjun ke dalam pasar konsol dengan game serius sekelas Granblue Fantasy Versus. Game fighting penuh daya tarik yang memang layak untuk dibicarakan.

Kesan Pertama

Satu kesan pertama yang pasti Anda dapatkan ketika menikmati Granblue Fantasy Versus? Adalah bagaimana Arc System Works untuk kesekian kalinya, membuktikan diri mengapa mereka merupakan salah satu developer game fighting terbaik di industri game saat ini. Bagaimana developer yang satu ini memahami cara tidak hanya meracik game fighting yang intens dengan lapisan dan mekanik gameplay dalam untuk diseriusi, membungkusnya dengan musik keren dan menggugah, sembari memastikan semuanya tampil dramatis dan menggugah ketika momen itu tiba. Arc System Works tidak hanya datang memenuhi ekspektasi, namun melampauinya. Cukup untuk membuat kami yang tidak terlalu familiar dengan semesta Granblue Fantasy berujung langsung jatuh hati, penasaran dengan lore dunianya, dan tentu saja melirik karakter layak waifu yang ia sertakan.

Satu yang menarik, adalah mekanik yang ia tawarkan. Arc System Works terhitung berhasil mengkombinasikan konsep game fighting yang mudah diakses oleh gamer pendatang baru lewat eksekusi kombinasi sederhana dan jumlah serangan yang tidak terlalu banyak per karakter dengan mekanik “lebih serius” yang akan memberikan ekstra strategi baru jika didalami, seperti bagaimana beberapa serangan kuat memiliki sifat anti-stagger untuk melarikan diri dari serangan kombinasi musuh atau menyerang balik. Atau bagaimana Anda dibekali satu tombol dash khusus untuk menghindari secara total serangan musuh jika berhasil dieksekusi di timing yang tepat. Kerennya lagi? Ia juga menyertakan sedikit konsep “RPG” lewat sistem skill berbasis cooldown ke dalam game fighting yang ternyata, bekerja dengan manis. Sesuatu yang akan kami bicarakan di sesi review nantinya.

Bersama dengan struktur game fighting standar dimana Anda bisa menikmati sesi arcade, versus, dan tentu saja pertarungan online, Granblue Fantasy Versus juga menyediakan sebuah mode unik bernama “RPG Mode”. Ia tampil bak game action side-scrolling lawas yang kini juga dibumbui sisi cerita lebih linear dan jelas yang di beberapa titik, bahkan mendapatkan cut-scenenya sendiri. Di beberapa titik, Anda bahkan akan terlibat dalam aksi Raid dengan pertarungan melawan boss-boss dengan HP lebih tebal dan serangan lebih mematikan. Mengikuti apa yang ia tawarkan di versi mobile (setidaknya dari yang kami dengar), mode yang satu ini bahkan mengaplikasikan sistem gacha senjata yang sepertinya memang menjadi nyawa sebuah game Granblue Fantasy itu sendiri. Sebagai sebuah nilai tambah, kami cukup terkejut bahwa kami menyukai mode ini. Walaupun harus diakui, ada sedikit rasa bosan ketika pertarungan melawan musuh biasa terasa begitu repetitif dan mudah. Untungnya, sedikit terbayar di pertarungan boss yang lumayan intens.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, apalagi mengingat kami belum menyelesaikan RPG mode itu sendiri dan masih belum menjajaki banyak pertarungan di mode online, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa yang ditawarkan oleh Granblue Fantasy Versus. Terlepas apakah Anda penggemar game mobilenya atau tidak, game ini sepertinya tidak akan sulit merebut hati Anda.

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)

Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 7 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 10 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 21 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 25 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 51 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 96 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 55 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 63 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 90 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 104 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 124 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 152 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 154 Granblue Fantasy Versus jagatplay part 1 188
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…