Review NIOH 2: Jauh Lebih Bersahabat!

Reading time:
March 23, 2020

Kini dengan Kekuatan Yokai

Nioh 2 jagatplay part 1 52
Fakta bahwa Anda adalah setengah Yokai juga diterjemahkan ke dalam gameplay.

Salah satu mekanik baru yang ditawarkan oleh NIOH 2 juga datang dari fakta bahwa sang karakter utama kini adalah setengah Yokai. Bukan sekedar hadir dalam sisi cerita saja, lore ini membuat NIOH 2 berkesempatan untuk menawarkan mekanik gameplay baru yang untungnya membuat tingkat kesulitan ini jauh lebih bisa ditoleransi. Benar sekali. Anda kini bisa menggunakan kekuatan Yokai itu sendiri dengan sebuah resource baru bernama Anima.

Anima hadir sebagai sebuah bar berwarna ungu yang kini akan muncul di bawah bar Ki Anda. Jika Anda perhatikan dengan lebih saksama, ia terbagi ke dalam blok-blok lebih kecil yang masing-masing bisa dihitung sebagai satuan Anima itu sendiri. Apa fungsinya? Mengakomodasi fitur baru yang sempat kami bicarakan sebelumnya, Anima adalah resource untuk mengakses serangan baru yang disebut sebagai Yokai Skills. Anda bisa melihatnya sebagai serangan istimewa yang tidak hanya sekedar soal damage yang lebih besar saja, tetapi juga terkadang menghadirkan efek tertentu dari sisi status, baik serangan elemental hingga yang mampu menghasilkan efek seperti Poison atau Paralyze. Setiap Yokai Skills akan menuntut jumlah Anima yang berbeda-beda pula. Berita baiknya? Anima juga bisa pulih lewat beragam aksi yang Anda lakukan, dari diserang, menyerang, hingga mengeksekusi Fatal Blow. Ada banyak senjata dan equipment juga yang datang dengan buff untuk mempercepat atau mempermudah Anda mendapatkan Anima.

Nioh 2 jagatplay part 1 134 1
Sebuah resource baru bernama “Anima” hadir untuk mengakses Yokai Skills.
Nioh 2 jagatplay part 1 113
Anda hanya bisa menggunakan Yokai Skills yang Soul Core-nya sudah Anda dapatkan.

Lewat sistem baru ini, NIOH 2 memperkenalkan Soul Core – yang sederhana bisa disebut sebagai item yang memungkinkan Anda untuk mengakses Yokai Skills tertentu. Soul Core akan jatuh dari setiap varian musuh yang ada dalam format RNG (terutama untuk musuh biasa, mengingat beberapa boss pasti menjatuhkan Soul Core) dan membuat Anda bisa mengakses serangan yang identik dengan Yokai yang menjatuhkannya. Jumlah Yokai Skills yang bisa Anda bawa dan akses terbatas pada limitasi Guardian Spirits yang Anda pilih sebagai pondasi kekuatan Yokai Anda. Jika jumlah limitasi tersebut cukup besar, Anda bisa saja membawa 3 buah Yokai Skills berbeda-beda, yang bisa memberikan serangan aktif ataupun buff pasif. Ia juga akan mengusung barisan buff pada status karakter yang Anda gunakan. Ingat, Souls Core juga tampil layaknya loot senjata, yang berarti masing-masing dari mereka bisa datang dengan level dan buff berbeda-beda, walaupun dengan animasi serangan tetap. Seperti halnya loot senjata pula, ada banyak kesempatan untuk memperkuatnya terutama lewat fitur “Soul Merge” yang kini tersedia di Shrine.

Mengapa kami menyebut kehadiran Souls Core dan Yokai Skills ini membuat tingkat kesulitan NIOH 2 lebih bisa ditoleransi? Sederhana, karena sebagian besar Yokai Skills yang hadir memang diposisikan sebagai serangan AOE dengan damage besar yang tidak mungkin Anda eksekusi dengan serangan senjata biasa saja. Besarnya damage, animasi serangan yang terkadang membuat pergerakan Anda lebih cepat, dan efek area yang luas membuatnya efektif untuk menghabisi musuh yang datang sekaligus dengan lebih efektif. Anda bisa menyebutnya sebagai penyeimbang dan solusi ketika situasi pertarungan tidak menguntungkan Anda. Apalagi selama animasi serangan Yokai Skills ini, proses regenerasi Ki Anda juga terus berlanjut, hingga ada kesempatan untuk melanjutkannya dengan serangan biasa atau melakukan roll menghindar jika Anda berada di situasi yang sulit.

nioh 2 part 2 jagatplay 117
Damage besar dan AOE yang cukup besar membuat Yokai Skills “mematikan”. Dimanfaatkan di situasi yang tepat, ia akan membuat tingkat kesulitan NIOH 2 lebih rendah dari yang seharusnya.
nioh 2 part 2 jagatplay 47
Alih-alih roll atau block, Anda kini punya kemampuan Burst Counter untuk serangan merah dari musuh untuk membalikkan keadaan.

Kehadiran sistem setengah Yokai ini juga datang dengan mekanisme baru bernama Burst Counter. Jika di seri Nioh pertama, animasi serangan musuh yang berwarna merah berarti serangan lebih mematikan yang mengharuskan Anda untuk menghindar atau melakukan blok, NIOH 2 kini memungkinkan Anda untuk memberikan respon tersendiri. Lewat fitur Burst Counter, Anda bisa membatalkan serangan warna merah para musuh dan boss tersebut, mencederai jumlah Ki / Anima mereka untuk akses Fatal Blow yang kian dekat, dan terkadang membuat mereka terdiam untuk menyisipkan satu atau dua serangan. Kehadiran Burst Counter ini membuka pintu besar untuk gaya bermain yang lebih agresif karena tidak ada lagi keharusan untuk melakukan roll saat situasi ini terjadi.

Hadir sebagai manusia setengah Yokai juga memungkinkan sang karakter utama untuk bertransformasi penuh sebagai Yokai begitu bar transformasi yang hadir, penuh. Anda bisa bertransformasi menjadi tiga jenis Yokai – Brute, Feral, dan Phantom yang masing-masing menawarkan gaya serangan dan pendekatan berbeda pada saat dipicu. Namun konsepnya sendiri bisa diprediksi. Dalam kondisi berubah menjadi Yokai, serangan Anda tidak bisa di-stagger, bar HP Anda akan dipisah dengan bar HP utama yang jika terlukai sekadar memperpendek masa transformasi, serta berkesempatan untuk melakukan serangan yang melukai Ki / Anima musuh. Yang bahkan lebih bersahabatnya lagi? Walaupun ia akan jatuh bersama dengan Amrita (Souls) Anda ketika Anda tewas, selama Anda tidak mati sekali lagi dengan konsekuensi Amrita yang hilang, jumlah bar Yokai ini akan tetap terisi seperti sebelumnya. Ini berarti, jika Anda kesulitan melawan satu boss dan terus-menerus mati, Anda juga berkesempatan untuk “menabung” bar transformasi Yokai ini kesempatan menang lebih tinggi di pertarungan-pertarungan selanjutnya. Namun ingat, dengan catatan Anda tidak tewas lagi.

nioh 2 part 2 jagatplay 90
Anda kini bisa bertransformasi menjadi Yokai!
Nioh 2 jagatplay part 1 197
Yokai World yang siap menguras Ki Anda secara konsisten.

Tentu saja dengan semua tambahan kekuatan ini, Koei Tecmo dan Team Ninja juga harus berupaya keras untuk melakukan proses balancing lebih baik. Selain beberapa jenis boss yang juga bisa melakukan transformasi ke dalam bentuk Yokai yang siap untuk menghadirkan damage lebih besar, mereka kini juga bisa memicu sesuatu yang disebut sebagai “Yokai World”. Digambarkan sebagai dunia hitam dan putih, Yokai World akan membatasi regenerasi Ki Anda, yang membuat aksi serangan secara terus-menerus kini punya resiko lebih tinggi. Namun seperti nama yang ia usung, ia juga memberikan ekstra manfaat untuk beberapa serangan berbasis Yokai, dari peningkatan damage Yokai Skills hingga transformasi lebih efektif bergantung pada buff yang sematkan. Tidak hanya terjadi saat melawan boss yang Yokai World-nya tidak bisa Anda tangani selain memberikan fase ini berlalu begitu saja, Yokai World terkadang juga menginvasi beberapa lokasi yang tengah Anda eksplorasi. Membunuh Yokai yang menjadi “sumber” akan membersihkan Yokai World ini.

Maka dengan sistem baru yang satu ini, terutama kehadiran Yokai Skills yang menjanjikan damage besar dalam area yang besar, NIOH 2 memberikan ekstra kemudahan untuk menangani tingkat kesulitannya yang tinggi. Anda kini setidaknya diberikan ekstra solusi jika Anda berada dalam kondisi terdesak atau sekedar ingin membersihkan satu jenis musuh spesifik yang bisa membuat kondisi pertempuran Anda tidak menguntungkan. Jika tambahan mekanik ini masih tidak mempermudah perjalanan Anda, NIOH 2 punya ekstra solusi lain!

Jauh Lebih Bersahabat!

nioh 2 part 2 jagatplay 154
Dibandingkan seri pertamanya, NIOH 2 bisa disebut lebih bersahabat.

Ketika Nioh pertama meluncur ke pasaran, ia hadir dengan sebuah sistem unik bernama Grave. Bahwa alih-alih seperti seri Souls yang biasanya hanya memperlihatkan bagaimana player lain tewas di area yang sama, Anda bisa berinteraksi dengan Bloody Grave dan bertarung langsung dengan Revenant user lain tersebut. Dikendalikan oleh AI, Anda akan mendapatkan salah satu equipment yang mereka tengah kenakan jika Anda berhasil menang.

NIOH 2 juga masih mengusung sistem yang sama. Namun tidak lagi sekedar Bloody Grave yang antagonistik, ia kini menawarkan sistem baru bernama Benevolent Grave yang konsepnya adalah mode kooperatif. Bahwa pedang berwarna biru yang tertancap di tanah ini akan memanggil siapapun user yang meninggalkannya, melahirkan avatar dengan equipment dan status yang sama, dikendalikan sepenuhnya oleh AI, untuk membantu perjalanan Anda. AI dari Benevolent Grave ini akan menemani Anda hingga dalam batas waktu tertentu hingga ia akan mengundurkan diri secara otomatis atau hingga mereka tewas di tangan musuh manapun yang tengah Anda lawan. Anda bisa memanggil hanya satu Benevolent Grave dalam satu kali waktu.

nioh 2 part 2 jagatplay 83
Benevolent Grave berwarna biru ini berfungsi kebalikan dengan Bloody Grave di seri pertama.
nioh 2 part 2 jagatplay 110
Ia akan memanggil avatar user lain, yang dikendalikan AI, untuk membantu Anda.

AI yang diusung tiap Benevolent Grave yang Anda picu ini memang tidak bisa dibilang sempurna dan istimewa. Ada banyak situasi dimana mereka bersikap kurang agresif atau bersikap kurang adaptif terhadap situasi pertempuran yang tengah terjadi. Namun berita baiknya, Anda selalu bisa memanfaatkan mereka untuk satu hal – decoy alias pengalihan. Anda selalu bisa menjadikan AI-AI ini agar menjadi target serangan musuh, terutama saat pertarungan boss atau pertempuran yang melibatkan banyak musuh sekaligus. Ini akan membuat posisi Anda lebih aman, membuat Anda lebih leluasa menyerang atau sekedar mengaplikasi magic apapun yang penting untuk karakter Anda. Kerennya, AI-AI ini juga cukup sering mengaplikasikan Magic / Ninjutsu yang sudah ditentukan oleh user mereka, hingga mereka bisa berujung melakukan buff atau de-buff yang tentu saja menguntungkan Anda pada akhirnya.

Jika Benevolent Grave ini ternyata masih belum cukup untuk menurunkan tingkat kesulitan NIOH 2 untuk Anda, ia kini juga hadir dengan fitur multiplayer kooperatif! Benar sekali, tidak harus bertarung sendiri, Anda bisa mengundang setidaknya 2 orang user lain via koneksi internet untuk membantu Anda bertarung. Proses sinkronisasi juga berjalan cukup fantastis, mengingat dari keseluruhan pengalaman kami menjajalnya, delay pergerakan misalnya, tidak pernah menjadi masalah esensial untuknya.

Kerennya lagi? Gamer yang masuk ke dalam dunia gamer yang lain, tidak akan bisa berinteraksi dengan ragam objek kunci untuk memicu progress. Ini berarti mereka tidak bisa membuka peti sendiri, membuka pintu ke area selanjutnya, atau bertarung dengan boss tanpa dipicu oleh sang “tuan rumah”. Sistem seperti ini membuat sang tuan rumah tetap bisa menikmati game dengan ritme-nya sendiri dan tidak akan pernah berhadapan dengan resiko punya pengalaman bermain “tak penuh” karena user tamu yang bergerak terlalu cepat atas nama familiaritas. Baik Benevolent Grave dan sistem Visitor ini menggunakan resource bernama Ochoko Cup, yang bisa Anda dapatkan dalam proses eksplorasi atau ketika Anda membantu gamer yang lain sebagai Visitor.

nioh 2 part 2 jagatplay 14
Masih tidak cukup mudah? NIOH 2 kini hadir dengan mode multiplayer kooperatif hingga 2 user tamu. Saatnya keroyokan!
nioh 2 part 2 jagatplay 79
Meta game “Clan Battles” juga dikembalikan di sini.

Sistem meta game online dari seri pertama – Clan Battles juga tetap dihadirkan di NIOH 2 ini, dimana gamer-gamer akan bergabung dalam satu klan spesifik yang biasanya menyediakan buff tertentu dan saling berkontribusi untuk membuat klan yang terbagi atas dua kubu besar – Putih dan Merah ini untuk saling menundukkan yang lain. Ini akan membuat sang pemenang mendapatkan reward tertentu. Fitur lokasi bernama “Hidden Teahouse” ini juga memungkinkan Anda mengumpulkan varian cangkir teh yang bisa memperkuat status dalam proses eksplorasi, seperti kemungkinan untuk mendapatkan item lebih langka.

Dengan kehadiran ekstra bantuan ini, tingkat kesulitan NIOH 2 yang sudah dipermudah dengan kehadiran Yokai Skills, kini bahkan jauh lebih bersahabat lagi. Koei Tecmo sepertinya memahami bahwa untuk ekstra anti rasa frustrasi yang dibutuhkan gamer, opsi yang satu ini akan jadi solusi yang mumpuni. Namun tentu saja, ada proses balancing di sini. Kehadiran Benevolent Grave ataupun Visitor juga akan membuat musuh sedikit menguat, membuat serangan mereka lebih mematikan jika ia setara dengan level karakter Anda. Namun peningkatan ini tidak lantas sebegitu signifikannya hingga kehadiran ekstra bantuan justru akan membuat Anda dalam kondisi yang justru merugikan.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…