Ghost of Tsushima Perlihatkan Sistem Bertarung, Film “13 Assassins” Jadi Inspirasi

Reading time:
June 24, 2020

Tinggal 1 bulan dan gamer Playstation 4 akhirnya berkesempatan untuk menjajal game open-world teranyar dari Sucker Punch – Ghost of Tsushima. Mengambil tema invasi pasukan Mongol ke salah satu pulau luar Jepang tersebut, Anda akan berperan sebagai Jin Sakai yang akan bisa menundukkan tantangan ini secar terbuka sebagai seorang Samurai, ataupun secara stealth sebagai seorang “Ghost”. Dengan proses pengembangan yang sudah rampung, kini Sucker Punch meluangkan waktu untuk membicarakan sebuah aspek yang tentu akan jadi salah satu intisari Ghost of Tsushima – sistem pertarungan.

Dalam blog post terbarunya, Sucker Punch membicarakan sistem pertarungan seperti apa yang bisa kita antisipasi dari Ghost of Tsushima. Secara terbuka menjadikan film samurai tahun 2010 – 13 Assassins sebagai inspirasi, Anda tentu tidak bisa memandang intensitasnya sebelah mata. Lewat sebuah video terbaru, sama seperti halnya Jin yang bisa menghabisi pasukan Mongol dengan 2-3 kali serangan, Jin juga akan tunduk jika menerima serangan dengan jumlah yang sama. Sucker Punch ingin memastikan sistem pertarungan tetap terasa mengalir namun di sisi lain tetap rasional. Oleh karena itu, walaupun berjalan cepat, Ghost of Tsushima tetap memberikan ruang bagi player untuk bereaksi.

ghost of tsushima1
Lewat blog post terbaru, Sucker Punch menjelaskan sistem pertarungan Ghost of Tsushima.

Karena selain menyerang membabi buta, pertarungan akan meminta gamer untuk juga memanfaatakn tombol Block dengan sebaik mungkin. Menahan tombol L1 akan memicu aksi Block, menekannya di timing yang tepat namun tak sempurna, akan membuat Jin mampu membuat musuh kehilangan keseimbangan hingga lebih mudah diserang. Namun jika berhasil mengeksekusinya dengan sistem upgrade nantinya, Jin akan bisa mengeksekusi counter-attack yang memesona. Berhasil melakukan aksi Parry akan memberikan Jin sebuah resource bernama “Resolve” yang akan bisa digunakna untuk memulihkan diri. Sucker Punch juga menegaskan bahwa pertarungan tidak akan terjadi hanya dalam format 1 vs 1. Akan ada beberapa situasi pertempuran dimana 2-3 musuh akan menyerang Anda sekaligus.

Jin juga akan dibekali dengan beberapa stance pertarungan untuk beradaptasi dengan situasi yang muncul. Stance akan berpengaruh tidak hanya pada kekuatan serang saja, tetapi juga animasi dan kecepatan yang ia hasilkan. Video lain memperlihatkan bagaimana stance ini bisa digunakan untuk mengatasi musuh spesifik, seperti Water Stance yang bisa dimanfaatkan untuk membuka pertahanan musuh yang kebetulan, menggunakan tameng. Stance juga bisa digonta-ganti dengan cepat.

Ghost of Tsushima sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 17 Juli 2020 mendatang, eksklusif untuk Playstation 4. Bagaimana dengan Anda? Tertarik menjajal game yang satu ini?

Source: Playstation Blog

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…