Project CARS 3 Diumumkan, Usung Banyak Hal Baru!

Reading time:
June 4, 2020

Nama Slightly Mad Studios memang sedikit tercoreng selama beberapa minggu terakhir ini. Terlepas dari fakta bahwa banyak gamer mengenalnya sebagai developer yang bergerak di belakang nama Project CARS, ia kini sedikit menjadi lelucon karena proyek Fast & Furious Crossroads yang trailer perdananya, memang terlihat sedikit menggelikan. Adaptasi film Hollywood super populer tersebut terlihat dan terasa seperti sebuah proyek yang tertinggal selama beberapa generasi.

Berita baiknya? Proyek tersebut ternyata bukan satu-satunya proyek yang tengah dikerjakan oleh studio yang kini berdiri di bawah Codemasters ini. Setelah sempat digoda sebelumnya, Slightly Mad Studios akhirnya secara resmi mengumumkan Project CARS 3 dengan Bandai Namco kembali berperan sebagai publisher. Kami sendiri cukup beruntung untuk mendapatkan undangan untuk menghadiri presentasi online Slightly Mad Studios yang diselenggarakan minggu lalu. Tentu saja, ia difokuskan untuk membicarakan hal-hal baru apa saja yang bisa kita antisipasi untuk Project CARS 3 ini.

Masih mempertahankan citra mereka sebagai game racing dengan kualitas visualisasi yang memesona, terlepas dari fakta bahwa ia masih akan dirilis untuk platform generasi terkini, Slightly Mad Studios menjanjikan penyempurnaan ragam efek visual yang ia hadirkan, termasuk situasi hujan yang selama ini memang menjadi andalan mereka. Penambahan visual lain kini juga hadir dalam “Impact Effect” dimana mobil-mobil di Project CARS 3 kini akan memperlihatkan efek kerusakan jika tertabrak atau membentur sesuatu. Slightly Mad Studios juga akan memperbaiki sistem kamera yang kini diklaim akan meningkatkan kenyamanan gamer penikmatnya.

Project CARS 3 jagatplay 1 Project CARS 3 jagatplay 2 Project CARS 3 jagatplay 3

Salah satu keluhan utama dari Project CARS sebelumnya, setidaknya di seri kedua, adalah bagaimana ia begitu sulit untuk dikuasai dengan gamepad. Slightly Mad Studios memahami hal ini dan berkomitmen untuk mengatasi masalah ini di Project CARS 3 dengan menyempurnakan assist mode untuknya. Komitmen untuk cita rasa lebih bersahabat ini juga beberapa kali mereka dengungkan selama proses presentasi. Salah satunya dengan membuat Career Mode kini jauh lebih bisa dinikmati.

Career Mode di Project CARS 3 kini akan didesain ulang untuk membuat gamer di beragam skill level tetap akan bisa menikmati sensasi progress yang seharusnya. EXP Modifier kini terikat pada tingkat kesulitan, dimana jumlah EXP dan Credits (mata uang) yang Anda dapatkan kini bergantung pada tingkat kesulitan yang Anda pilih.

Kerennya lagi? Kesempatan untuk mendapatkan EXP dan Credits ini tidak lagi “terkunci” pada mode spesifik saja. Apapun mode yang Anda mainkan di Project CARS 3 akan berkontribusi pada kedua resource ini, dan karenanya selalu menghasilkan sensasi progress yang Anda butuhkan. Untuk pertama kalinya juga, Project CARS 3 akan mengusung fitur kustomisasi dimana Anda bisa mengatur warna, decal sponsor, pola, plat mobil, hingga rim. Mobil yang sudah Anda otak-atik sisi kosmetiknya ini juga bisa Anda pamerkan di semua mode racing.

Project CARS 3 jagatplay 4 Project CARS 3 jagatplay 5 Project CARS 3 jagatplay 6 Project CARS 3 jagatplay 7

Tidak hanya mode single-player saja, Slightly Mad Studios juga berkomitmen untuk menyempurnakan mode multiplayer Project CARS 3. Untuk mensimulasikan sensasi balap yang seharusnya, ia kini menawarkan Scheduled Event dimana Slightly Mad Studios akan menyuntikkan event balap resmi secara berkala yang disajikan bak balap profesional seharusnya. Ini berarti Anda harus melewati balap kualifikasi terlebih dahulu untuk menentukan posisi dan kemudian aktif di tanggal yang sudah ditentukan untuk ikut bergabung di dalamnya. Mode ini juga akan mengusung matchmaking berbasis skill, hingga Anda tidak akan berakhir bertemu dengan pembalap yang terlalu jago dan berakhir mendominasi begitu saja.

Selain multiplayer online konvensional, Project CARS 3 juga akan mengusung mode lain bernama RIVALS yang akan menawarkan mode challenge dalam format harian, mingguan, dan bulanan yang bisa diselesaikan gamer. Yang membuatnya unik adalah fakta bahwa ia adalah mode dengan format asynchronous multiplayer, dimana Anda akan bersaing dengan hasil challenge gamer yang lain. Gamer yang tertarik juga bisa mengaktifkan “Ghost” untuk langsung membandingkan seperti apa progress mereka dengan gamer yang lain. Sementara untuk gamer yang menginginkan mode multiplayer mereka sendiri untuk sekadar bersenang-senang, opsi untuk meracik Custom Event Anda sendiri juga dihadirkan. Ini berarti Anda bisa memilih skenario balap Anda sendiri, circuit, hingga efek yang lain.

Project CARS 3 jagatplay 8 Project CARS 3 jagatplay 9 Project CARS 3 jagatplay 10

Bersama dengan semua fitur ini, Slightly Mad Studios juga akan menyuntikkan AI yang mereka klaim akan lebih konsisten dan bisa dipercaya untuk seri yang satu ini. Project CARS 3 sendiri rencananya akan dirilis pada musim panas tahun 2020 ini, masih tanpa tanggal rilis pasti, untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC. Tertarik?

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…