10 Rekomendasi Film Samurai untuk Gamer Ghost of Tsushima!

Reading time:
July 20, 2020
feat image samurai

Penuh dengan misteri, mitologi, dan selalu disajikan sebagai ksatria super keren dengan kode etik bernama “Bushido” yang mungkin tidak terdengar rasional untuk kebudayaan di luar Jepang, ada yang istimewa memang dengan nama Samurai. Pertarungan katana dengan animasi bak sebuah lantai dansa yang mematikan juga terkadang jadi daya tarik utama. Namun tentu saja, seiring dengan perkembangan teknologi film, proses dramatisasi soal kisah-kisah para Samurai dan Ronin menjadi jauh lebih gila dan memanjakan mata. Bahwa tidak lagi soal pertarungan katana yang tenang dan damai, ia juga bisa berujung jadi film penuh aksi dengan darah dan ledakan dimana-mana. Satu yang pasti, selalu menarik untuk menemukan dan menikmati film-film yang berbagi satu benang merah ini.

Dengan rilis game terbaru dari Sucker Punch dan Sony – Ghost of Tsushima, tidak ada lagi momen yang lebih tepat untuk menjadikannya sebagai pondasi dan motivasi untuk menikmati film-film samurai, lawas ataupun baru, untuk mendapatkan gambaran lebih jelas soal satu bagian kecil dari sejarah Jepang ini.

Percaya atau tidak, terlepas dari timeline feudal yang mereka jadikan sebagai basis, tidak sedikit dari film ini yang tidak terlalu berfokus pada pertarungan antar Samurai / Ronin menggunakan katana. Dengan film-film samurai seperti ini, besar kemungkinan ia akan membantu Anda mendapatkan sudut pandang lebih luas soal Ghost of Tsushima, terutama untuk soal dualitas nilai-nilai Samurai dan konflik Jin Sakai sebagai seorang Ghost. Apalagi tidak sedikit di antaranya yang “menjual” cerita berbasis politik, karakter, dan perang epik yang disajikan solid. Tentu saja pula, kita tidak akan membatasi diri dengan film-film racikan Akira Kurosawa saja.

Lantas, dari semua film-film samurai yang tersedia di pasaran saat ini, film mana saja yang siap kami rekomendasikan kepada Anda – para gamer yang mencintai tidak hanya visual, tetapi juga karakter dan cerita dari Ghost of Tsushima? Berikut adalah versi JagatPlay:

  1. The Hidden Fortress (1958)

the hidden fortress

Salah satu film Kurosawa, The Hidden Fortress memang terhitung sebagai karya yang istimewa di jagat per-film-an. Ia disebut-sebut menjadi salah satu inspirasi utama yang mendorong seorang George Lucas meracik film Star Wars, sebuah franchise raksasa yang masih terus eksis hingga saat ini, di bawah bendera Disney.

Untuk urusan porsi aksi, The Hidden Fortress yang memuat kisah seorang putri kerajaan yang menyamar dan mencari lokasi aman bersama dengan sang bodyguard ini, memang tidak bisa dibilang banyak. Namun ia memuat pertempuran 1 vs 1 menggunakan tombak yang mungkin, menawarkan vibe dan gambaran aksi lebih kuat yang mengingatkan Anda pada Ghost of Tsushima. Dengan karakter super menarik yang masing-masing memiliki peran unik dalam cerita, ini mungkin seri yang tidak ingin Anda lewatkan.

  1. Zatoichi (2003)

zatoichi

Apa yang Anda ingat dari sebuah Zatoichi yang pertama kali dirilis di tahun 2003 yang lalu? Menikmatinya kembali saat ini, sekitar 17 tahun setelahnya, memang memperlihatkan beberapa kelemahan karena relik teknologi yang tidak lagi relevan. Salah satunya? CGI pedang yang menembus tubuh dan efek cipratan darah yang memang terlihat sulit untuk dipercaya.

Namun pada akhirnya, mengikuti kisah seorang ronin tunanetra yang sama sekali tidak terpengaruh disabilitasnya, yang memperlihatkan aksi “main” katana yang super mematikan, dengan sedikit sensasi heroik yang tepat sasaran selalu akan jadi media yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Siapa yang mengira bahwa terlepas dari usianya, Zatoichi tetap terlihat dan terasa seperti karakter badass yang seharusnya.

  1. The Sword of Doom (1966)

the sword of doom

Di antara ke-10 film rekomendasi yang kami lemparkan di sini, The Sword of Doom (1966) mungkin jadi salah satu judul yang paling unik. Ia memang memuat banyak pertarungan pedang mematikan layaknya sebuah film samurai yang seharusnya, dengan perilaku aktor dan koreografi yang pantas untuk diacungi jempol.

Yang membuat film ini berbeda adalah kejutan bahwa untuk film di tahun 1966, The Sword of Doom justru lebih banyak bermain di sisi psikologis. Bahwa cerita bergerak dari kacamata seorang karakter yang bisa Anda lihat sebagai “karakter antagonis”, dimana hidup dan keputusan ia ambil tidak pernah diracik untuk kebajikan. The Sword of Doom juga memuat salah satu ending ter-absurd, setidaknya dari semua film samurai yang sempat kami cicipi untuk meracik daftar rekomendasi ini. Menakjubkan untuk menikmati sebuah kisah samurai dari kacamata seorang karakter yang bisa jadi, tidak akan pernah Anda sukai dari awal sejak akhir cerita.

  1. 13 Assassins (2010)

13 assassins

Dari semua daftar yang kami racik di artikel toplist ini, 13 Assassins menjadi seri yang bisa dikategorikan lebih “modern”. Dengan rilis tahun 2010 dan beberapa bintang besar yang ia bawa, ia terasa lebih Hollywood dibandingkan film-film samurai lain di daftar yang satu ini. Ini berarti Anda bertemu dengan begitu banyak efek visual dari ledakan hingga percikan darah yang lebih realistis, hingga koreografi pertarungan serta karakterisasi yang lebih dramatis dibandingkan yang lain.

Pertarungan soal 13 Samurai yang berusaha menghabisi ratusan pasukan ini tetap jadi film yang menarik untuk dinikmati, apalagi melihat bagaimana usaha ini juga diikuti dengan strategi dan tidak hanya mengakar pada “kegilaan” untuk sekadar bertarung terbuka. Ini akan jadi film samurai yang sangat mudah untuk dinikmati.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…