Review Horizon Zero Dawn (PC): Menikmati si Versi Terbaik!

Reading time:
August 5, 2020
Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 57

Mengejutkan adalah kata yang tepat ketika Guerrilla Games dan Sony Interactive Entertainment tiba-tiba mengumumkan dan memastikan bahwa salah satu game open-world andalan mereka, yang sempat dijadikan sebagai ujung tombak untuk mempopulerkan Playstation 4, tiba-tiba dipastikan akan dirilis di PC. Benar sekali, kita tengah bicara soal Horizon Zero Dawn yang memuat petualangan seorang Aloy di dunia post post-apocalyptic dengan format action RPG yang memang di awal rilisnya, sempat dipuja-puji. Setelah penantian yang cukup lama, kesempatan untuk menjajal seberapa baik dan niatnya proses port game ini ke PC akhirnya tiba! Pertanyaannya kini tentu saja satu – seberapa signifikan peningkatan pengalaman yang ia tawarkan?

Karena jelas bagi Sony Interactive Entertainment, strategi rilis Horizon Zero Dawn ke PC punya satu misi yang spesifik – membuka mata gamer PC akan kualitas game eksklusif mereka dan karenanya, besar kemungkinan mempertimbangkan pembelian Playstation 5 nanti untuk menikmati si seri sekuel – Horizon Forbidden West yang memang sudah diumumkan sebelumnya. Oleh karena itu, mereka tentu harus memastikan bahwa pengalaman gamer PC yang memercayakan uang mereka ke port game ini memang terbayar manis. Apalagi mereka sudah mengusung harga region terjangkau terutama di pasar Indonesia dan basis engine mereka – Decima sudah terbukti berjalan fantastis di Death Stranding.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Horizon Zero Dawn versi PC ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sensasi “Ultimate” yang akhirnya tiba di pasaran? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Selamat Datang untuk si Versi “Ultimate”

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 48
Dengan harga super terjangkau, Horizon Zero Dawn versi PC juga memuat expansion “The Frozen Wild” di dalamnya.

Horizon Zero Dawn versi PC memang tidak menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda dari sisi cerita. Namun harga terjangkau yang ia usung, baik dari versi Steam ataupun Epic Games Store (dengan kupon) sudah menyediakan kepada Anda – pengalaman seri Vanilla sekaligus expansion pack miliknya – The Frozen Wild. Untuk kedua kombinasi konten yang sepertinya siap untuk menawarkan kepada Anda puluhan jam permainan, hampir tidak ada alasan untuk tidak melirik game ini.

Berita baiknya? Ia juga datang dengan sebuah sekuens unik di awal Anda menjalankannya. Horizon Zero Dawn versi PC akan memulai aksi optimalisasi berdurasi beberapa menit untuk menguji performa mesin gaming Anda dan kemudian beradaptasi untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman bermain terbaik yang bisa dihasilkan. Setelah proses ini, jika Anda ingin mengujinya lebih dalam secara manual, ia juga menyediakan aplikasi benchmark untuk memberikan Anda langsung soal gambaran performa yang bisa ditawarkan oleh PC atau laptop Anda. Walaupun kami sendiri tidak bisa menguji seberapa akurat benchmark tersebut dibandingkan dengan performa real-time yang ada, namun dari sesi gaming yang kami jalankan, benchmark tersebut berujung cukup representatif terhadap performa yang kami dapatkan.

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 54
Ia menyediakan benchmark yang cukup representatif dengan performa in-game yang bisa Anda dapatkan.
Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 49
Setting “Original” mengikuti versi Playstaton 4, yang ternyata memuat pre-set hanya “Medium” di versi PC.

Maka seperti game-game PC seharusnya, Horizon Zero Dawn versi PC mengusung banyak hal yang tidak ditawarkan oleh versi Playstation 4-nya, bahkan ketika dijalankan di Playstation 4 Pro sekalipun. Hal yang paling mencolok tentu saja resolusi dan opsi grafis yang kini bisa mendorong kemampuan Decima Engine di game ini ke arah yang lebih jauh. Guerrilla Games juga terlihat tidak sembunyi-sembunyi untuk memberikan Anda gambaran lebih jelas. Ada opsi setting “Original” yang bisa dipilih untuk mewakili kualitas versi Playstation 4 yang ternyata oh ternyata, memuat semua setting grafis yang tersedia di “Medium”. Jika rig Anda cukup kuat, Anda kini diberikan opsi grafis hingga “Ultimate Quality” untuk pengalaman grafis lebih maksimal. Tidak ayal lagi, game yang sudah indah di Playstation 4 Pro ini semakin indah di versi PC-nya.

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 36
Rig Anda mampu? Dorong ke kualitas “Ultimate” untuk pengalaman lebih memanjakan mata.
Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 4
HZD versi PC juga datang dengan fitur “Dynamic Foliage” yang akan bereaksi mengikuti gerakan Aloy.

Performa ekstra yang ditawarkan oleh versi PC juga membuatnya datang dengan “peningkatan kecil” yang walaupun tidak terlihat signifikan, namun cukup memesona saat terjadi. Ia adalah fitur bernama Dynamic Foliage dimana tumbuhan-tumbuhan yang ditemukan Aloy di saat proses eksplorasi kini akan bergerak dan bereaksi, memiliki physics-nya sendiri. Mengingat betapa seringnya Anda akan melakukan aksi Stealth yang akan menuntut Anda untuk bersembunyi di balik rerumputan dan bunga-bunga tinggi ini, fitur ini memang membuat Horizon Zero Dawn kini terasa “next-gen”. Sebuah peningkatan kecil yang akan membuat mata Anda cukup termanjakan dan terpuaskan di saat yang sama.

Jika Anda memainkan game ini dengan SSD sebagai basis, yang notabene juga terjadi di sesi gaming kami dengan menggunakan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 GX550, Anda juga akan menikmati sesi fast-travel super cepat yang memang esensial untuk game open-world seperti Horizon Zero Dawn ini. Anda tidak lagi harus menunggu cukup lama untuk sekadar berpindah tempat untuk membawa Aloy ke lokasi manapun yang Anda inginkan. Sementara untuk fitur yang lain, selayaknya game PC yang lain, ini juga berarti kesempatan untuk mencicipinya di resolusi 4K native ataupun Ultrawide, bergantung pada seperti apa kemampuan PC Anda.

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 50
Mouse + keyboard dan framerate lebih tinggi = akurasi bidik yang meningkat!
Horizon Zero Dawn PC Ultrawide JagatPlay 59
Dukungan ultrawide untuk sensasi sinematik lebih baik.

Ada rasa kenyamanan ekstra pula untuk akhirnya menikmati game ini dengan menggunakan mouse dan keyboad, dengan framerate 60fps di sesi gaming kami. Dengan Aloy yang selalu mengandalkan busur dan panah sebagai senjata, melakukan proses bidik, menahan kekuatan panah, dan melepasnya pada saat melawan manusia ataupun para robot binatang yang ia temui membuat segala sesuatunya terasa lebih mudah. Apalagi mengingat hampir sebagian besar robot binatang yang Anda temui akan punya titik kelemahan, yang tentu saja akan lebih mudah dibidik dengan menggunakan mouse. Dengan framerate lebih tinggi, eksekusi tembakan akurat Anda tidak akan lagi jadi masalah.

Lantas, apakah ini berarti port-nya sendiri sempurna? Sayangnya tidak. Ada beberapa catatan yang pantas kita bicarakan, terutama jika Anda berencana untuk mencicipinya dalam format Ultrawide:

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…