Review Horizon Zero Dawn (PC): Menikmati si Versi Terbaik!

Reading time:
August 5, 2020
Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 57

Mengejutkan adalah kata yang tepat ketika Guerrilla Games dan Sony Interactive Entertainment tiba-tiba mengumumkan dan memastikan bahwa salah satu game open-world andalan mereka, yang sempat dijadikan sebagai ujung tombak untuk mempopulerkan Playstation 4, tiba-tiba dipastikan akan dirilis di PC. Benar sekali, kita tengah bicara soal Horizon Zero Dawn yang memuat petualangan seorang Aloy di dunia post post-apocalyptic dengan format action RPG yang memang di awal rilisnya, sempat dipuja-puji. Setelah penantian yang cukup lama, kesempatan untuk menjajal seberapa baik dan niatnya proses port game ini ke PC akhirnya tiba! Pertanyaannya kini tentu saja satu – seberapa signifikan peningkatan pengalaman yang ia tawarkan?

Karena jelas bagi Sony Interactive Entertainment, strategi rilis Horizon Zero Dawn ke PC punya satu misi yang spesifik – membuka mata gamer PC akan kualitas game eksklusif mereka dan karenanya, besar kemungkinan mempertimbangkan pembelian Playstation 5 nanti untuk menikmati si seri sekuel – Horizon Forbidden West yang memang sudah diumumkan sebelumnya. Oleh karena itu, mereka tentu harus memastikan bahwa pengalaman gamer PC yang memercayakan uang mereka ke port game ini memang terbayar manis. Apalagi mereka sudah mengusung harga region terjangkau terutama di pasar Indonesia dan basis engine mereka – Decima sudah terbukti berjalan fantastis di Death Stranding.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Horizon Zero Dawn versi PC ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sensasi “Ultimate” yang akhirnya tiba di pasaran? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Selamat Datang untuk si Versi “Ultimate”

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 48
Dengan harga super terjangkau, Horizon Zero Dawn versi PC juga memuat expansion “The Frozen Wild” di dalamnya.

Horizon Zero Dawn versi PC memang tidak menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda dari sisi cerita. Namun harga terjangkau yang ia usung, baik dari versi Steam ataupun Epic Games Store (dengan kupon) sudah menyediakan kepada Anda – pengalaman seri Vanilla sekaligus expansion pack miliknya – The Frozen Wild. Untuk kedua kombinasi konten yang sepertinya siap untuk menawarkan kepada Anda puluhan jam permainan, hampir tidak ada alasan untuk tidak melirik game ini.

Berita baiknya? Ia juga datang dengan sebuah sekuens unik di awal Anda menjalankannya. Horizon Zero Dawn versi PC akan memulai aksi optimalisasi berdurasi beberapa menit untuk menguji performa mesin gaming Anda dan kemudian beradaptasi untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman bermain terbaik yang bisa dihasilkan. Setelah proses ini, jika Anda ingin mengujinya lebih dalam secara manual, ia juga menyediakan aplikasi benchmark untuk memberikan Anda langsung soal gambaran performa yang bisa ditawarkan oleh PC atau laptop Anda. Walaupun kami sendiri tidak bisa menguji seberapa akurat benchmark tersebut dibandingkan dengan performa real-time yang ada, namun dari sesi gaming yang kami jalankan, benchmark tersebut berujung cukup representatif terhadap performa yang kami dapatkan.

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 54
Ia menyediakan benchmark yang cukup representatif dengan performa in-game yang bisa Anda dapatkan.
Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 49
Setting “Original” mengikuti versi Playstaton 4, yang ternyata memuat pre-set hanya “Medium” di versi PC.

Maka seperti game-game PC seharusnya, Horizon Zero Dawn versi PC mengusung banyak hal yang tidak ditawarkan oleh versi Playstation 4-nya, bahkan ketika dijalankan di Playstation 4 Pro sekalipun. Hal yang paling mencolok tentu saja resolusi dan opsi grafis yang kini bisa mendorong kemampuan Decima Engine di game ini ke arah yang lebih jauh. Guerrilla Games juga terlihat tidak sembunyi-sembunyi untuk memberikan Anda gambaran lebih jelas. Ada opsi setting “Original” yang bisa dipilih untuk mewakili kualitas versi Playstation 4 yang ternyata oh ternyata, memuat semua setting grafis yang tersedia di “Medium”. Jika rig Anda cukup kuat, Anda kini diberikan opsi grafis hingga “Ultimate Quality” untuk pengalaman grafis lebih maksimal. Tidak ayal lagi, game yang sudah indah di Playstation 4 Pro ini semakin indah di versi PC-nya.

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 36
Rig Anda mampu? Dorong ke kualitas “Ultimate” untuk pengalaman lebih memanjakan mata.
Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 4
HZD versi PC juga datang dengan fitur “Dynamic Foliage” yang akan bereaksi mengikuti gerakan Aloy.

Performa ekstra yang ditawarkan oleh versi PC juga membuatnya datang dengan “peningkatan kecil” yang walaupun tidak terlihat signifikan, namun cukup memesona saat terjadi. Ia adalah fitur bernama Dynamic Foliage dimana tumbuhan-tumbuhan yang ditemukan Aloy di saat proses eksplorasi kini akan bergerak dan bereaksi, memiliki physics-nya sendiri. Mengingat betapa seringnya Anda akan melakukan aksi Stealth yang akan menuntut Anda untuk bersembunyi di balik rerumputan dan bunga-bunga tinggi ini, fitur ini memang membuat Horizon Zero Dawn kini terasa “next-gen”. Sebuah peningkatan kecil yang akan membuat mata Anda cukup termanjakan dan terpuaskan di saat yang sama.

Jika Anda memainkan game ini dengan SSD sebagai basis, yang notabene juga terjadi di sesi gaming kami dengan menggunakan ASUS ROG Zephyrus Duo 15 GX550, Anda juga akan menikmati sesi fast-travel super cepat yang memang esensial untuk game open-world seperti Horizon Zero Dawn ini. Anda tidak lagi harus menunggu cukup lama untuk sekadar berpindah tempat untuk membawa Aloy ke lokasi manapun yang Anda inginkan. Sementara untuk fitur yang lain, selayaknya game PC yang lain, ini juga berarti kesempatan untuk mencicipinya di resolusi 4K native ataupun Ultrawide, bergantung pada seperti apa kemampuan PC Anda.

Horizon Zero Dawn PC 4K jagatplay 50
Mouse + keyboard dan framerate lebih tinggi = akurasi bidik yang meningkat!
Horizon Zero Dawn PC Ultrawide JagatPlay 59
Dukungan ultrawide untuk sensasi sinematik lebih baik.

Ada rasa kenyamanan ekstra pula untuk akhirnya menikmati game ini dengan menggunakan mouse dan keyboad, dengan framerate 60fps di sesi gaming kami. Dengan Aloy yang selalu mengandalkan busur dan panah sebagai senjata, melakukan proses bidik, menahan kekuatan panah, dan melepasnya pada saat melawan manusia ataupun para robot binatang yang ia temui membuat segala sesuatunya terasa lebih mudah. Apalagi mengingat hampir sebagian besar robot binatang yang Anda temui akan punya titik kelemahan, yang tentu saja akan lebih mudah dibidik dengan menggunakan mouse. Dengan framerate lebih tinggi, eksekusi tembakan akurat Anda tidak akan lagi jadi masalah.

Lantas, apakah ini berarti port-nya sendiri sempurna? Sayangnya tidak. Ada beberapa catatan yang pantas kita bicarakan, terutama jika Anda berencana untuk mencicipinya dalam format Ultrawide:

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…