Review Horizon Zero Dawn (PC): Menikmati si Versi Terbaik!

Reading time:
August 5, 2020

Melebar

Kami sempat menemukan glitch menyebalkan dimana Aloy terdiam selama beberapa detik setelah aksi looting, terlepas dari fakta bahwa Anda sudah memerintahkannya untuk bergerak.

Dengan performa cukup optimal berbanding dengan spesifikasi yang Anda miliki, Horizon Zero Dawn versi PC ini memang masih belum bisa dibilang sempurna. Kami sempat mengalami beberapa crash tanpa alasan pada saat proses eksplorasi, yang membuat Anda harus menjalankan si game kembali dari halaman Store Steam. Kami juga sempat menemukan sedikit glitch dimana Aloy sempat tidak merespon pergerakan selama setidaknya beberapa detik setelah aksi looting, membuatnya hanya berdiri terdiam. Walaupun tidak signifikan, namun frekuensi glitch ini terjadi memang berujung cukup menjengkelkan. Berita baiknya? Masalah-masalah teknis ini berada dalam batas masalah yang bisa diselesaikan dengan update-update lanjutan.

Salah satu bagian teraneh dari aksi kami menjajal Horizon Zero Dawn versi PC justru datang dari pengalaman menggunakan monitor Ultrawide yang memang jadi opsi. Pada saat gameplay, dimana Anda bertarung melawan para robot binatangnya yang keren atau sekadar melakukan proses eksplorasi di dunianya yang indah, format Ultrawide ini memang membuat pengalaman yang ada terasa sinematik. Ia bekerja dalam kapasitas yang seharusnya, seperti yang Anda harapkan. Namun Anda bisa merasakan bahwa dukungan Ultrawide ini memang terasa setengah hati.

Ultrawide memang terlihat memesona saat gameplay. Tapi ada kesan bahwa Guerrilla tidak mendukung mode ini dengan maksimal.
Komposisi menu yang aneh.

Ada beberapa keanehan yang langsung akan Anda temui. Pertama, dari menu yang bisa Anda akses. Alih-alih mengadaptasikan format menu yang lebih lebar, menu tetap datang dengan resolusi 16:9 dengan ekstra tambahan potongan di bagian kiri dan kanan untuk seolah membuatnya terasa memanjang.

Cut-scene terasa “dipaksa” melebar.
Hal yang sama juga terjadi saat dialog.

Kedua? Tentu saja cut-scene. Terasa kentara dan berujung canggung serta aneh, setiap porsi cut-scene dalam format Ultrawide di Horizon Zero Dawn membuat segala sesuatunya terasa ditarik paksa untuk melebar, dengan resolusi teks subtitle yang lebih rendah pula. Ini tentu bukan dukungan Ultrawide yang Anda harapkan. Ketiga? Kasus melebar ini juga terjadi di potongan cut-scene percakapan, yang memang diikuti dengan efek zoom-in ke wajah karakter. Kini Anda akan melihat model wajah karakter super lebar, yang lagi-lagi, membuat game yang seharusnya memanjakan mata ini, terlihat kocak.

Kami sendiri tidak memahami apakah masalah dukungan Ultrawide yang lebih baik ini akan bisa diselesaikan dengan update atau tidak di masa depan. Namun untuk saat ini, terlepas dari sensasi sinematik di sisi gameplay, porsi yang lain seperti cut-scene dan dialog memang harus diakui terlihat aneh. Untungnya, masalah yang sama tidak terjadi di resolusi 16:9 terlepas dari apakah Anda mencicipi game ini di format 1080p ataupun 4K Native.

Kesimpulan

Game action RPG dengan dunia super indah yang diracik Guerrilla Games ini mengusung optimalisasi yang cukup baik, visualisasi memanjakan mata, fitur dan dukungan PC yang seharusnya, serta dukungan Photo Mode yang menyediakan banyak ruang untuk menyalurkan aksi kreatif Anda untuk menangkap semua daya tarik tersebut. Dengan gameplay dan cerita menggoda yang selalu jadi ciri khas game first-party milik Sony, ini menjadi kesempatan terbaik bagi gamer PC untuk memahami apa yang membuat seri ini begitu dipuja-puji.

Maka dengan semua dukungan fitur baru yang mereka tawarkan di versi PC ini, apalagi dengan kebijakan harga super terjangkau di Steam dan Epic Games Store, sepertinya tidak ada alasan bagi gamer PC untuk tidak terjun ke dalam Horizon Zero Dawn.

Game action RPG dengan dunia super indah yang diracik Guerrilla Games ini mengusung optimalisasi yang cukup baik, visualisasi memanjakan mata, fitur dan dukungan PC yang seharusnya, serta dukungan Photo Mode yang menyediakan banyak ruang untuk menyalurkan aksi kreatif Anda untuk menangkap semua daya tarik tersebut. Dengan gameplay dan cerita menggoda yang selalu jadi ciri khas game first-party milik Sony, ini menjadi kesempatan terbaik bagi gamer PC untuk memahami apa yang membuat seri ini begitu dipuja-puji. Tentu saja, ada harapan agar masalah yang kami bicarakan di atas bisa diselesaikan dengan beragam update di masa depan.

Untuk membantu Anda mendapatkan gambaran lebih jelas soal kualitas visualisasi seperti apa yang ditawarkan oleh Horizon Zero Dawn versi PC, kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven di bawah ini dalam dua bagian besar terpisah – yang ditangkap menggunakan resolusi 4K dan yang hadir dalam format Ultrawide. Kesemua screenshot ini ditangkap langsung dari sesi gameplay kami. Namun perlu diingat, setiap ukuran dari gambar di halaman berikut terhitung besar dan siap menyita kuota Anda jika Anda memutuskan untuk memperbesarnya. Jadi, waspadalah!

Anda yang tertarik untuk membaca review kami terkait cerita dan gameplay yang ia usung bisa menuju tautan berikut ini. Horizon Zero Dawn versi PC sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 7 Agustus 2020 mendatang via Steam dan Epic Games Store.

 

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

December 28, 2020 - 0

Review Cyberpunk 2077: Terjebak Ilusi Korporasi!

Game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini, tidak ada…
December 15, 2020 - 0

Preview Cyberpunk 2077: Berandal Masa Depan!

Menyebutnya sebagai game dengan hype terbesar di tahun 2020 ini…
December 4, 2020 - 0

Review Assassin’s Creed Valhalla: Saga Sang Penjarah!

Tidak lagi mengusung sistem rilis tahunan dan memberikan sedikit ruang…
December 3, 2020 - 0

Preview Immortals Fenyx Rising: Dewa dan Monster!

Perhatian untuk proyek yang satu ini memang terhitung besar ketika…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…