2 Minggu, Pendapatan Kotor Genshin Impact Tembus 1,4 Triliun Rupiah!

Reading time:
October 12, 2020
genshin impact2

Sudah bukan rahasia sepertinya bahwa game terbaru racikan miHoYo – Genshin Impact adalah salah satu game terpopuler selama setidakndya dua minggu terakhir. Keputusan untuk melepas game ini dalam format free to play sembari memberikan ruang cukup luas bagi gamer yang tidak tertarik dengan aksi gacha untuk menikmati cerita yang ia sajikan, sepertinya jadi strategi yang fantastis untuk menuai puja-puji untuknya. Tentu saja, ini di luar kualitas presentasi visual dan gameplay, yang tidak sulit untuk menundukkan banyak game berbayar lainnya. Dengan semua daya tarik ini, Genshin Impact terus mendulang uang.

Format free to play yang disisipi sistem microtransactions berbasis gacha sepertinya jadi strategi monetisasi yang fantastis untuk Genshin Impact. Analis video gaming yang familiar dengan pasar China – Daniel Ahmad (@ZhugeEX) menyebut bahwa dengan waktu rilis di bawah 2 minggu, Genshin Impact berhasil mendulang pendapatan kotor sekitar USD 100 juta atau 1,4 Triliun Rupiah! Ini kian mengukuhkan statusnya sebagai game China dengan rilis tersukses sejauh ini. Empat pasar – China, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat disebut sebagai kontributor terbesar. Angka ini merupakan akumulasi dari semua platform rilis.

Sementara untuk versi mobile, data dari Sensor Tower menyebut Genshin Impact berhasil tampil sebagai game iOS dengan pendapatan kotor terbesar kedua App Store di minggu pertamanya. Kerennya lagi? Angka ini tercatat dari pendapatan global dan bukan hanya pasar China saja. Daniel Ahmad menyakini bahwa hanya tinggal tunggu waktu saja sebelum game ini berhasil menembus angka pendapatan hingga 1 Trilium RMB (mata uang China). Ia juga menekankan Genshin Impact sebagai contoh kasus dimana engagement selalu menjadi motor pendorong monetisasi yang efektif.

Genshin Impact sendiri saat ini sudah tersedia untuk Playstation 4, PC, dan perangkat mobile berbasis Android dan iOS. Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa banyak dari Anda yang sudah jatuh dalam “jurang gacha” dengan uang nyata di game ini?

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…