Hak Paten Nemesis System Shadow of Mordor Hingga Tahun 2035

Reading time:
February 8, 2021

Berita soal paten Nemesis System yang didaftarkan Warner Bros Interactive memang santer terdengar setelah salah satu Youtuber ternama – Gamer Maker’s Toolkit menjadikan sistem unik dan fantastis ini sebagai fokus diskusi di video terbarunya. Ternyata oh ternyata, paten tersebut belum lah “resmi”. Yang terjadi di kala itu adalah usaha Warner Bros untuk mendaftarkannya, namun berujung harus melakukan ragam revisi selama setidaknya beberapa tahun terakhir. Lolosnya hak paten untuk Nemesis System ternyata baru terjadi belum lama ini!

Setelah beberapa tahun mencoba, Warner Bros. Interactive akhirnya benar-benar berhasil mengunci hak paten atas Nemesis System, seperti yang ditawarkan oleh Shadow of Mordor dan Shadow of War. Paten ini akan mulai berlaku mulai tanggal 23 Februari 2021 ini dan bisa berlaku hingga tahun 2035 nanti selama Warner Bros terus memperpanjang dan membayar biaya administrasi yang dibutuhkan.

Hak Paten Nemesis System akhirnya disetujui dan bisa berlaku hingga tahun 2035 mendatang.

Paten yang diberi nama sebagai “Nemesis Characters, Nemesis Forts, Social Vendettas and followeres in computer games” ini memang dideskripsikan sebagai sistem dimana ia memuat NPC yang diciptakan lewat procedurally-generated dan hidup dalam sebuah heirarki. Kunci lainnya adalah ia akan mengingat interaksi dan aksi yang dilakukan pemain, memiliki penampilan dan tingkah laku yang mungkin berubah karena aksi pemain, hingga posisi dalam hierarki yang mungkin berubah secara langsung ataupun tidak langsung karenanya.

Belum jelas seberapa “ketat” paten yang satu ini dan apakah kira-kira game lain masih bisa mengembangkan konsep yang nyaris serupa dengan atau tidak tanpa membayar lisensi pada Warner Bros Interactive itu sendiri. Bagaimana menurut Anda? Menyambut ini sebagai berita baik atau buruk?

Source: IGN

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…