Warner Bros. Kuasai Paten Nemesis System dari Shadow of Mordor

Reading time:
February 1, 2021

Revolusioner adalah kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang berhasil dicapai oleh Monolith Productions dengan Shadow of Mordor beberapa tahun yang lalu. Seolah setting Lord of the Rings dengan konsep open-world masih belum cukup menarik, mereka mengimplementasikan sistem baru bernama “Nemesis System” yang luar biasa. Secara sederhana, Nemesis System memungkinkan karakter utama dan musuh orc yang ia temui memiliki hubungan personal bergantung pada sistem aksi – konsekuensi, membangun sebuah narasi yang terus tumbuh dan berkembang. Pertanyaannya kini, mengapa tidak lebih banyak game menggunakan sistem ini?

Gamer-gamer yang sudah mencicipi Nemesis System di Shadow of Mordor tentu seringkali membayangkan konsep serupa diimplementasikan di game open-world lain. Namun hingga saat berita ini ditulis, tidak ada satupun game lain yang menawarkannya. Apa yang terjadi? Ternyata oh ternyata, Warner Bros sudah mendaftarkan paten atas sistem ini dan menguasainya, membuat publisher dan developer tidak bisa langsung sekadar “menirunya”.

Alasan mengapa tidak ada satupun game yang “meniru” Nemesis System dari Shadow of Mordor ternyata mengemuka dari fakta bahwa patennya dikuasai oleh Warner Bros.

Informasi ini dilemparkan oleh Youtuber “Game Maker’s Toolkit” yang menemukan bahwa sistem ini ternyata sudah dipatenkan sejak tahun 2016 yang lalu. Ini berarti game-game yang menawarkan sistem yang terlalu mirip bisa berujung harus melawan Warner Bros. di meja hijau. Ada beberapa game seperti AC Odyssey yang mengusung sistem yang nyaris mirip, namun tidak hadir dengan konsekuensi narasi yang bisa tumbuh dan berlangsung panjang.

Nemesis System sendiri diimplementasikan Monolith di Shadow of Mordor dan terus disempurnakan di seri kelanjutannya – Shadow of War. Belum ada informasi kira-kira apa seri game terbaru yang dikembangkan Monolith dan kira-kira apakah ia akan hadir dengan sistem yang sama atau tidak. Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak dari Anda yang menikmati sistem ini?

Source: Patents.Justia via PSU

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…