Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Reading time:
April 22, 2021

Cerita Indah Penuh Derita

Nier Replicant remaster jagatplay 77
Sebuah cerita indah penuh derita dan tragedi adalah kekuatna utama NieR Replicant.

Maka dari semua daya tarik yang ditawarkan oleh NieR Replicant remaster, cerita bisa dibilang sebagai salah satu aspek terbaik dan alasan mengapa Anda perlu menyelam ke seri ini. Dengan otk eksentrik Yoko Taro di belakangnya, Anda memang akan dibawa ke dalam sebuah cerita sci-fi yang menarik. Namun pada akhirnya, adalah drama  dan konflik yang harus dihadapi oleh para karakter lah yang menurut kami membuat NieR Replicant remaster ini “bersinar”. Bahwa tidak selamanya, game yang memuat pertarungan pedang dan serangan magis selalu soal menyelamatkan dunia dan membela kebenaran. Terkadang, ia bisa terasa lebih personal.

Dibandingkan dengan NieR Automata misalnya, cerita yang diusung Replicant memang terhitung lebih lugas. Tidak ada upaya untuk membuat otak Anda terbakar untuk memikirkan beragam konsep filosofi yang hendak disuntikkan oleh Yoko Taro di dalamnya. Pendekatan berbeda yang didorong oleh Replicant terasa lebih berfokus untuk menggugah emosi, membuat Anda mengerti dan memahami soal motivasi, tidak hanya untuk karakter utama saja, tetapi juga musuh yang Anda hadapi. Bahwa terlepas dari betapa indahnya ia akan berakhir, ia adalah sebuah perjalanan penuh derita untuk semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Kerennya lagi? Tidak kesemua hal ini disajikan dalam bentuk cut-scene atau dialog antar karakter. Beberapa momen paling emosional yang siap untuk membuat hati Anda tergugah justru datang dari barisan teks dengan latar belakang hitam yang memang akan tersedia di beberapa titik cerita. Cerita-cerita ini disajikan dalam detail fantastis, membangun scene yang bisa terbayang di otak, dan kemudian “menghantam” Anda dengan begitu banyak momen yang membuat hati terenyuh dan terkadang hangat di beberapa situasi. Kami yakin jika Anda memberikan sedikit perhatian, kisah yang mendasari trauma dan membentuk kepribadian seorang Kaine misalnya, tidak akan sulit untuk membuat Anda menitikkan air mata. Anda akan berujung peduli dengan setiap dari mereka, bukan hanya sang karakter utama saja.

Nier Replicant remaster jagatplay 131
Bayangkan sebuah game yang mampu memainkan emosi Anda hanya lewat barisan kalimat saja.
Nier Replicant remaster jagatplay 103
Tidak segala sesuatunya terjadi dan bergerak seperti apa yang kita lihat.

Tanpa berusaha jatuh ke dalam spoiler, kekuatan cerita ini juga datang karena kemampuan NieR Replicant untuk tidak membuat cerita datang dalam “hitam dan putih”. Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan permainan setelah ending pertama, Anda kini berkesempatan untuk menjalani petualangan yang sama, namun kini dengan pemahaman untuk mengerti bahasa dan kalimat yang diteriakkan oleh para Shade yang Anda bunuh selama ini. Bahwa suara-suara aneh terdistorsi yang mereka dengungkan di beragam kesempatan ternyata bukanlah sekadar suara bising tanpa makna. Mereka berbicara, mereka berkomunikasi, mereka hidup. Yang Anda temukan kemudian adalah sebuah cerita yang datang dari dua sisi dan bukan lagi hanya soal Anda, Yonah, dan apapun yang pikirkan baik untuk keberlangsungan hidup umat manusia.

Ada rasa apresiasi kembali ketika mengingat bahwa cerita yang ditawarkan oleh NieR Replicant remaster sesungguhnya tidak mengalami perubahan sedikit pun dari versi originalnya, termasuk cara penyampaian kisah via cut-scene yang dipertahankan. Fakta bahwa cerita ini masih sama kuatnya, sama mengguggahnya, dan sama kerennya adalah bukti kekuatan dan kejeniusan seorang Yoko Taro itu sendiri.

Konten Baru

Nier Replicant remaster jagatplay 137
NieR Replicant™ ver.1.22474487139… hadir dengan beberapa konten baru yang tidak tersedia di seri originalnya.

Kata “Plus” dari upaya mendefinisikan NieR Replicant remaster ini sebagai game “Remaster Plus” sejak jauh-jauh hari juga datang dari fakta bahwa ia juga hadir dengan beberapa konten baru yang tidak tersedia di seri originalnya. Ini memberikan alasan bagi gamer yang mungkin sudah mencicipi seri originalnya untuk kembali menikmati kisah ini jika butuh alasan di luar sekadar peningkatan presentasi signifikan dan sensasi gameplay yang jauh lebih mulus.

Dari penambahan konten baru yang ditawarkan, yang paling signifikan tentu saja adalah ekstra cerita tambahan yang diberi nama “The Mermaid”, yang tidak tersedia di seri originalnya. Terintegrasi dengan cerita utama NieR Replicant remaster itu sendiri, “The Mermaid” akan memperkenalkan Anda pada karakter Shade baru yang seperti bisa diprediksi, juga dipenuhi cerita indah penuh derita yang siap untuk menggugah emosi Anda. Cerita ini akan bertempat di Seaport, melibatkan sedikit gameplay ala horror seperti sesi villa milik Emil alih-alih yang punya cita rasa action lebih kental, dan memang didesain untuk memperkaya atmosfer cerita “abu-abu” yang sepertinya jadi tema NieR Replicant itu sendiri.

Nier Replicant remaster jagatplay 118
“The Mermaid” yang menggerus hati menjadi chapter cerita baru yang bisa Anda nikmati.
Nier Replicant remaster jagatplay 133
Kesempatan menggunakan karakter dari Gestalt akan tersedia lewat mode tantangan 15 level yang siap menghadiahi Anda senjata dan kostum.

Konten ekstra tambahan lainnya yang lebih punya cita rasa action dan berfokus pada gameplay adalah “Diary” yang akan langsung membawa Anda menjadi karakter utama dari NieR Gestalt yang terlihat bertarung di dunia bak mimpi melawan para Shade yang datang dengan banyak varian dan jumlah. Terbagi menjadi tiga buah dunia besar yang masing-masing berisikan level unik nan berbeda, konten yang dulunya sempat didistribusikan sebagai DLC di seri originalnya ini, kini juga terintegrasikan di dalam cerita NieR Replicant remaster sebagai misi sampingan. Menyelesaikannya akan memberikan Anda ekstra reward kosmetik, senjata yang cukup mematikan, serta uang yang bisa Anda alokasikan untuk beragam kepentingan yang lain.

Mengingat ada kemungkinan Anda akan melewati beberapa playthrough untuk membuka semua ending yang tersedia di NieR Replicant remaster ini, ekstra konten lainnya berkutat pada item kosmetik yang bisa Anda kenakan untuk menbuat suasana menjadi sedikit lebih segar. Tersedia langsung bersama data unduhan game Anda di awal adalah kostum Kabuki dan Samurai yang akan tersedia untuk sang karakter utama, Kaine, dan juga Emil. Anda juga bisa mengunduh kostum dari NieR Automata sebagai DLC cuma-cuma, yang akan berisikan 4 kostum Yorha untuk karakter utama dan Kaine. Namun sayangnya, yang satu ini tidak akan melibatkan Emil sama sekali.

nier replicant jagatplay
Nier Replicant remaster jagatplay 141
Anda bahkan bisa mengganti keseluruhan musik dengan versi Automata.

Seolah hendak memberikan ruang lebih nyaman bagi gamer seperti kami yang menikmati seri Automata terlebih dahulu sebelum Replicant ini, seri remaster ini juga datang dengan fitur unik dan mengagumkan di saat yang sama. Bahwa Anda kini memiliki opsi untuk mengganti keseluruhan musik pengiring original Replicant dengan musik-musik dari seri Automata yang secara menakjubkan, tidak kalah efektif untuk membangun atmosfer yang serupa.

Dengan semua tambahan konten-konten ini, NieR Replicant remaster menawarkan alasan ekstra bagi gamer yang sudah mencicipi seri Replicant atau Gestalt original untuk kembali. Sementara untuk gamer pendatang baru? Ini berarti kesempatan untuk menikmati lebih banyak konten yang terintegrasi baik di luar ekstra item kosmetik yang mungkin akan membuat ekstra playthrough Anda lebih bisa ditoleransi.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…