JagatPlay: Merayakan Honkai Impact 3rd di Event HoyoFest 2021 Jakarta!

Reading time:
November 5, 2021

By: Dionisius Chrissanto Ukardi & Rifqi Sultan

hoyofest 2021 jagatplay 1

Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mungkin bukan pasar yang “besar” untuk game-game AAA yang mengitari konsol dan PC. Namun situasi yang berkebalikan akan terjadi jika kita bicara soal game-game yang berpijak di pasar mobile terlebih dahulu, apalagi yang mengusung gaya distribusi free to play. Oleh karena itu, apalagi dengan kesuksesan yang mereka raih selama satu tahun terakhir, sepertinya menjadi langkah yang rasional bagi miHoYo untuk juga menjadikan Indonesia sebagai “rumah” untuk HoyoFest 2021 yang akhirnya dimulai di tanggal 5 November 2021 ini. Berlokasi di Warung Koffie Batavia, Indonesia, kami tak kuasa menahan godaan untuk tidak mengunjunginya. Apalagi mengingat saya pribadi dan Rifqi Sultan memang merupakan gamer Honkai sejak awal, bahkan sebelum Genshin populer.

Untuk Anda yang tidak terlalu familiar, HoyoFest 2021 memang didesain sedemikian rupa untuk merayakan tiga buah game racikan miHoYo: Honkai Impact 3rd, Tears of Themis, dan Genshin Impact. Ketiga event tersebut akan bekerjasama dengan restoran yang sama, namun datang dengan jadwal berbeda-beda yang dibagi berdasarkan game yang ia rayakan. Hari pertama perayaan ini memang difokuskan pada Honkai Impact 3rd, yang akan berlangsung hingga tanggal 16 November 2021 mendatang. Ini berarti, restoran akan ditata sedemikian rupa untuk merayakan game action berkecepatan tinggi ini, lengkap dengan jenis makanan, poster, dan juga merchandise. Seperti yang bisa diprediksi, antusiasme sudah kuat sejak hari pertama.

Hari Pertama: Sibuk, Ramai, Butuh Lebih Banyak Koordinasi

hoyofest 2021 jagatplay 31
Antrian, di hari pertama ini sudah terjadi dari pagi. Apresiasi untuk protokol kesehatan yang tetap dijaga.

Tiba lebih pagi dengan undangan sebagai media, kami sendiri tidak memprediksi bahwa antrian untuk masuk ke dalam Warung Koffie Batavia ternyata sudah mengular, terlepas dari fakta bahwa si kafe baru saja dibuka selama 30 menit terakhir. Berita baiknya? Prosedur kesehatan yang memang butuh dijaga selama masa pandemi ini juga diatur dan dijaga ketat. Selain kebutuhan untuk mendaftarkan diri pada saat masuk mall, penyelenggara HoyoFest juga memastikan ada jarak dalam antrian. Posisi  meja juga dibuat jarang dengan jarak sedemikian rupa untuk menjamin keamanan ekstra. Kami tidak merasa khawatir selama dalam proses menikmati event yang satu ini.

Lantas, apa yang sebenarnya akan Anda lakukan di HoyoFest 2021 ini? Satu yang pasti, terlepas dari penawaran paket makanan spesial bertema Honkai Impact yang menemani, ia tidak akan jadi fokus utama. Event seperti ini selalu datang dengan dua tujuan utama: membangun tali pertemanan dengan komunitas yang sudah pasti mampir untuk menikmati event yang sama dan tentu saja, berburu beragam merchandise baru (dan semoga eksklusif) dengan harga yang lebih bersahabat. Kita bicara dari hal-hal besar seperti figurine hingga yang lebih kecil seperti kotak makanan, yang kami saksikan dengan mata kepala kami sendiri, berujung jadi bahan koleksi yang bagi beberapa penggemar Honkai lokal, pantas untuk dihargai ratusan ribu Rupiah.

hoyofest 2021 jagatplay 9
hoyofest 2021 jagatplay 22
Ada perasaan tak bisa dibohonogi bahwa event ini butuh lebih banyak pernak-pernik untuk membuatnya “Honkai Banget” daripada apa yang ditawarkan hari pertama ini.

Walaupun kami cukup menikmati event ini, apalagi mengingat keramahan penyelenggara yang tak ragu untuk berdiskusi dan ngobrol dengan kami terlepas dari kesibukan dan kelelahan yang pasti tak terelakkan, event hari pertama ini memang tidak bisa dibilang sempurna. Ada catatan-catatan besar yang jelas terlihat, seperti ketidaksiapan staff dari restoran yang sepertinya kurang mendapatkan briefing soal produk apa saja yang dijual miHoYo di sini, terutama soal merchandise, hingga urusan desain pernak-pernik yang memang butuh lebih digalakkan untuk membuat event ini terasa lebih “Honkai banget” daripada apa yang tersedia sekarang.

hoyofest 2021 jagatplay 75
Hey..hey..hey.. kejutan bisa bertemu dengan @punipun7 di sini.
hoyofest 2021 jagatplay 51
@larissarochefort juga ikut meramaikan dengan cosplay fantastisnya sebagai kejutan.

Kami sendiri menghargai usaha pihak penyelenggara untuk memastikan event untuk para fans ini  berujung memenuhi mimpi yang ada, terutama dari kedatangan influencer dan cosplayer ternama yang jadi kejutan selama event. Namun mengingat sebagian besar fans akan datang untuk makanan dan merchandise, miHoYo benar-benar butuh usaha ekstra untuk merapatkan barisan di sini. Kami mendengar bahwa terlepas dari fakta bahwa event harusnya berlangsung sampai sore hari, hampir sebagian besar merch yang dikejar fans sudah ludes dalam waktu 2 jam saja sejak event dibuka! Wow!

Akhir Minggu dan Genshin

hoyofest 2021 jagatplay 38
Kami harus mengakui bahwa penyelenggara punya PR berat untuk memastikan event ini tetap bisa dinikmati di akhir minggu, apalagi di event Genshin yang lebih popule nanti.

Ketidaksempurnaan event di hari pertama penyelenggaraan tentu saja sesuatu yang sangat bisa ditoleransi. Kesibukan kerja di belakang layar dengan kompleksitasnya tersendiri akan selalu membuat hari pertama berujung penuh masalah, yang untungnya bisa dijadikan proses belajar untuk hari-hari selanjutnya. Sebagai penggemar yang datang dengan rasa cinta yang besar pada Honkai dan produk miHoYo yang lain, sulit untuk mengabaikan bahwa ada dua kekhawatiran besar dari sisi kami.

Pertama, tentu saja event akhir minggu. Bayangkan saja, kami datang di hari Jumat, di jam ketika sebagian besar penggemar Honkai Impact 3rd mungkin masih tertidur, sibuk di sekolah, tengah bekerja, atau mengerjakan aktivitas produktif yang lain. Di situasi seperti ini, antrian sudah terjadi dan merchandise berujung ludes dalam waktu yang singkat. Kami tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi di akhir minggu – Sabtu dan Minggu untuk event yang satu ini, apalagi melihat antusiasme yang ada. Semoga penyelenggara tidak hanya sekadar siap dengan antrian panjang saja, tetapi juga memastikan bahwa merchandise yang diburu memang tercukupi.

Kedua? Tentu saja membayangkan apa yang terjadi dengan event Genshin Impact yang akan dimulai di awal Desember 2021 mendatang. Seperti yang kita tahu, popularitas Genshin Impact di Indonesia jauh jauh jauh lebih tinggi daripada Honkai Impact 3rd. Penyelenggara harus benar-benar siap menangani fans yang kami prediksi akan membludak jauh lebih besar daripada apa yang kami temui hari ini. Fans yang besar berarti antrian panjang, kekhawatiran untuk pelanggaran prosedur kesehatan yang ditetapkan pemerintah, rasa tidak puas yang mungkin terjadi karena merch yang mungkin tak terfasilitasi jumlahnya, hingga rasa kekecewaan jika ia tdak berhasil memenuhi ekspektasi yang ada. miHoYo dan pihak yang terlibat dalam event ini, benar-benar butuh berjuang keras untuk event tersebut, lebih dari apa yang kami lihat hari ini.

Jadi, apakah event HoyoFest 2021 ini pantas untuk mencuri sedikit waktu Anda untuk disinggahi? Tentu saja, mengingat kami cukup bersenang-senang berburu merch dengannya. Selama Anda datang tidak untuk sekadar makanan, tetapi berkumpul dan bercanda dengan anggota komunitas yang lain atau memiliki merch yang hendak Anda kejar, kenapa tidak?

Apakah Anda yang dari luar kota HARUS datang ke Jakarta dan melihatnya sebagai event yang tidak boleh Anda lewatkan? Kami sendiri tidak akan menyarankan Anda untuk mampir dari luar kota, setidaknya dari event Honkai yang kami singgahi di hari pertama ini. Kecuali sang penyelenggara berhasil berbenah dan membuat event ini jauh jauh lebih menarik dan fantastis dalam beberapa minggu ke depan. Kami lebih menyarankan Anda untuk melihat, menunggu, dan memerhatikan sebelum memesan tiket kereta dan pesawat dari sekarang.

Namun terlepas dari kekurangan yang ada, kami tentu saja menyambut dengan tangan terbuka untuk lebih banyak event-event seperti ini di masa depan, terutama dari miHoYo. Ketidaksempurnaan tidak lantas mengaburkan fakta bahwa event seperti ini setidaknya merefleksikan kepedulian sang publisher pada pasar dan fans-fans yang memang mencintai produk dan game mereka,.

Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak dari Anda yang berencana untuk mampir ke HoyoFest 2021 – Jakarta?

Foto-Foto

hoyofest 2021 jagatplay 4 hoyofest 2021 jagatplay 6 hoyofest 2021 jagatplay 7 hoyofest 2021 jagatplay 9 1 hoyofest 2021 jagatplay 10 hoyofest 2021 jagatplay 11 hoyofest 2021 jagatplay 13 hoyofest 2021 jagatplay 15 hoyofest 2021 jagatplay 17 hoyofest 2021 jagatplay 22 1 hoyofest 2021 jagatplay 29 hoyofest 2021 jagatplay 31 1 hoyofest 2021 jagatplay 32 hoyofest 2021 jagatplay 35 hoyofest 2021 jagatplay 37 hoyofest 2021 jagatplay 38 1 hoyofest 2021 jagatplay 40 hoyofest 2021 jagatplay 43 hoyofest 2021 jagatplay 45 hoyofest 2021 jagatplay 65 hoyofest 2021 jagatplay 68 hoyofest 2021 jagatplay 74 hoyofest 2021 jagatplay 78 hoyofest 2021 jagatplay 80
Load Comments

PC Games

May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…
May 11, 2022 - 0

Review Rogue Legacy 2: Banyak Anak, Banyak Masalah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rogue Legacy 2 ini?…
April 21, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Jeremy Hinton (Xbox Asia)!

Menyambut rilis PC Game Pass untuk Indonesia, kami berkesempatan untuk…
April 18, 2022 - 0

Review Grammarian Ltd: Indo Versus Inggris!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Grammarian Ltd ini? Mengapa kami…

PlayStation

March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…
March 4, 2022 - 0

Preview Elden Ring: Senyum Merekah di Balik Tangis Darah!

Elden Ring akhirnya tersedia di pasaran dengan beberapa formula baru…

Nintendo

April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…