10 Waifu Video Game Terbaik di 2021!

Reading time:
December 27, 2021
resident evil village 20210506215207

Waifu, seberapa familiar Anda dengan istilah yang satu ini? Untuk mereka yang sering menikmati konten kreatif dari Jepang, terutama dari manga / anime, istilah yang satu ini sepertinya sudah jadi buah budaya yang tidak terpisahkan. Untuk Anda yang asing, kata “Waifu” sebenarnya berasal dari lafal tidak sempurna orang Jepang ketika mengucapkan kata “Wife” atau istri.

Maka seperti yang bisa diprediksi, istilah ini ditargetkan untuk karakter wanita fiktif yang dianggap berhasil mencuri hati Anda secara personal, baik dari segi desain ataupun kepribadian yang ia usung. Waifu bisa berasal dari semua jenis produk kreatif Jepang, termasuk video game sekalipun. Tidak hanya wanita saja, ada istilah lawan jenis untuk Waifu yang disebut sebagai “Husbando” yang berasal dari proses lafal yang sama, untuk menargetkan karakter pria.

Memilih “Waifu” sendiri memang jadi sub-budaya yang unik. Banyak yang melihat bahwa proses ini sebenarnya tidak lebih dari sekedar kesenangan belaka, mengikuti sebuah tren yang bahkan berakhir menjadi meme yang tidak terelakkan di dunia maya. Sementara tidak sedikit pula yang melihatnya sebagai wujud sebuah cinta platonik, sebuah rasa sayang yang sama sekali tidak didasarkan pada daya tarik seksual dan seringkali berjalan searah.

Bagi para pecinta anime / manga / video game, memilih Waifu memang bisa didasarkan pada banyak kriteria. Beberapa memilihnya sekedar dari bentuk visual saja, namun tidak sedikit pula yang jatuh hati pada kepribadian dalam cerita, perannya dalam plot, atau reaksi emosional yang selalu ia tunjukkan pada si karakter utama. Indikator yang juga kami gunakan untuk memilih artikel “penghargaan” untuk JagatPlay ini, mengingat begitu banyaknya game dengan karakter wanita menarik selama tahun 2021.

Lantas, dari semua karakter wanita yang muncul di tahun 2021 ini, manakah yang kami kategorikan sebagai Waifu terbaik di antara yang terbaik? Inilah daftar versi JagatPlay:

  1. Shoka Sakurane (NEO: The World Ends with You)

shoka

Dari sisi desain, Shoka memang tidak terlihat seperti karakter wanita yang pantas untuk dimasukkan ke dalam barisan “waifu” untuk tahun 2021 ini. Namun mereka yang menyempatkan diri untuk menikmati NEO: TWEWY ini sepetinya tak akan sulit jatuh hati dengan karakter yang konsisten menggunakan hoodie berwarna hitam ini. Hadir di awal sebagai karakter NPC yang galak dan tak simpatik sama sekali, kepribadiannya yang terus tumbuh dan berubah dari minggu ke minggu, terutama untuk urusan kedekatannya dengan karakter utama kita tak akan sulit untuk membuat Anda luluh. Apalagi ketika perannya dalam cerita kian penting dan membesar.

  1. Giovanna (Guilty Gear: Strive)

Guilty Gear Strive jagatplay part 1 109

Guilty Gear Strive bukanlah game fighting yang menjual roster dari sisi kuantitas. Di luar DLC berbayar yang jadi komoditas utama sekaligus pondasi untuk memperpanjang hidup komunitas, karakter wanita yang ia bawa di roster awal memang bisa dihitung dengan jari. Walaupun demikian, sulit rasanya untuk tidak mengapresiasi kehadiran sang karakter original baru – Giovanna yang cadas dan seksi di saat yang sama. Bahwa karakter yang mengandalkan kaki sebagai “senjata” ini juga punya porsi petarungan sinematik di sisi cerita yang membuat rasa jatuh hati tersebut kian menguat. Semuanya dipermanis dengan fakta bahwa kami juga sempat mengandalkannya sebagai karakter utama untuk menjajal mode multiplayer online kompetitif yang ada.

  1. Mantis (Marvel’s Guardians of the Galaxy)

guardians of galaxy jagatplay 136

Kami memang bukanlah pembaca komik Marvel yang intensif dan hanya memiliki pengetahuan berdasarkan pencitraan karakter via film layar lebar MCU seperti kebanyakan orang. Memperbandingkan versi film dengan apa yang dipotret oleh Eidos Montreal, Mantis di versi video game datang sebagai karakter yang bahkan lebih berwarna. Ia tidak lagi dipotret bak karakter lugu dan bodoh, tetapi entitas dengan kekuatan unik yang mau tidak mau, membuat kepribadiannya berakhir begitu absurd dan sulit untuk dimengerti. Percakapan yang terus ia lahirkan saat berinteraksi dengan anggota Guardians yang lain membuat Mantis tampil kompleks, menarik, lengkap dengan desain yang harus diakui, juga lebih baik daripada apa yang ditawarkan oleh MCU itu sendiri.

  1. Serri Glaus (Atelier Ryza 2)

Atelier Ryza 2 jagatplay part 1 93

Apakah kehadiran seorang Serri Glaus mampu mengubah fokus Atelier Ryza pada karakter Ryza itu sendiri sebagai protagonis utama? Sayangnya, tidak. Namun melihat apa yang ditawarkan dari sisi desain yang diusung, terutama dari proporsi tubuh yang lebih dominan besar di bagian atas tubuh, Serri terlihat bak “penyempurna” atau bahkan, daya tarik alternatif dari apa yang selama ini melekat pada identitas Ryza sebagai karakter. Sebuah upaya kerja keras yang memang belum bisa menandingin popularitas Ryza, tetapi cukup untuk membuatnya tampil sebagai karakter yang cukup menarik untuk diperhatikan dan ditunggu aksinya untuk kemungkinan seri baru di masa depan.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…