JagatPlay: Game of the Year 2021

Reading time:
December 31, 2021
returnal selene

Masa untuk memilih Game of the Year akhirnya tiba. Tidak terasa, kita sudah hampir melewati 365 hari yang terhitung fenomenal untuk industri game tahun ini. Terasa lebih istimewa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2021 memang pantas untuk menyandang predikat sebagai salah satu tahun terbaik yang pernah dimiliki oleh industri game di luar masalah pandemi yang memang menghantui dan mempengaruhi industri yang kita cintai ini.

Bagaimana tidak? Selama kurun waktu 12 bulan ini, gamer tidak hanya dihidangkan dengan segudang franchise anyar yang baru hendak membangun popularitas, tetapi juga seri-seri terbaru dari franchise raksasa yang sudah begitu diantisipasi.  Apalagi dengan beberapa nama yang berhasil tampil begitu memukau, terutama dari sisi keberanian mengambil resiko dan perhatian pada detail yang ada. Tidak perlu diragukan lagi, tahun ini adalah salah satu tahun terlengkap dan termanis untuk para gamer sebagai sebuah komunitas. Lantas, siapa yang pantas menyandang gelar sebagai yang terbaik? Berikut adalah pilihan kami.

Untuk  membuat penilaian yang lebih objektif dan adil, JagatPlay akan membaginya ke dalam berbagai kategori yang didasarkan pada genre dan berbagai elemen dasar yang membentuk sebuah game. Kami juga menyertakan alasan pemilihan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengapa game-game ini berhasil memenangkan setiap kategori yang ada.

Jadi game apa saja yang masuk dalam kategori JagatPlay’s Best Games of 2021 ini? Here we go:

Best Console Exclusive: Returnal

RETURNAL jagatplay part 2 65 1

Bukan perkara mudah untuk menemukan sebuah game bullet-hell dalam format tiga dimensi, apalagi menemukannya dalam kualitas di atas rata-rata. Returnal jelas merupakan akumulasi dari semua hal yang sempat dipelajari oleh Housemarque selama kiprahnya, yang kemudian termanifestasi dalam sebuah game action yang fantastis. Untuk Playstation 5, walaupun visual yang ia usung tidak seberapa manis, namun ia memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan konsol generasi terbaru ini dengan fantastis. Tangan Anda akan termanjakan lewat fitur Adaptive Trigger dan Haptic Feedback yang solid, sementara telinga Anda akan terbantu lewat implementasi 3D Audio yang ada.

Best Remake / Remaster: Demon’s Souls (Remake)

Demons Souls Remake jagatplay part 1 93

Mengingat Playstation 5 dan semua game rilis yang tersedia untuknya baru tersedia di awal tahun 2021 ini, sepertinya menjadi sesuatu yang adil untuk menjadikannya sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk daftar Game of the Year tahun ini. Maka seperti yang bisa diprediksi, dari semua game rilis yang juga tersedia di pasar Indonesia, Demon Soul’s Remake dari Bluepoint Games jadi seri yang paling memamerkan kemampuan visual yang  mampu ditawarkan oleh konsol generasi terbaru ini. Ia memang tidak datang dengan fitur seperti ray-tracing misalnya, namun eksekusi hampir semua sisi visual dari sisi teknis, termasuk efek cahaya, bayangan, hingga racik ulang dunia yang ia usung membuatnya pantas untuk diacungi jempol. Sebegitu kerennya hingga kami tak ragu untuk merekomendasikan Anda yang tak familiar dengan seri Souls sekalipun, untuk terjun menjajalnya.

Best Multiplayer: It Takes Two

It Takes Two jagatplay 198

Sebuah komitmen untuk membuktikan kepada dunia bahwa konsep multiplayer kooperatif, yang juga bisa dimainkan secara offline, bukanlah sebuah genre yang sudah usang dan tak lagi relevan. Memperluas dan menyempurnakan konsep yang sudah sempat mereka tawarkan via A Way Out, Josef Fares dan Hazelight kembali dengan It Takes Two yang datang dengan visual bak dongeng, namun konten yang jauh lebih kreatif. Sebegitu kreatifnya, hingga tidak ada satupun level dimana Anda merasa Anda akan bisa menyelesaikannya seorang diri. Setiap tantangan selalu berujung jadi puzzle yang butuh koordinasi matang untuk ditundukkan, membuat kedua player mau tidak mau, harus berkomunikasi secara aktif.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Load Comments

PC Games

August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…
May 23, 2022 - 0

Review Trek to Yomi: Estetika Sinema Masa Lampau!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Trek to Yomi ini? Mengapa…

PlayStation

July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…
March 21, 2022 - 0

Review Elden Ring: Cincin Menuntut Nyawa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan Elden Ring? Lantas, mengapa kami menyebutnya…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…