Review Playstation Plus Tier Baru: Ambil EXTRA, Abaikan DELUXE!

Reading time:
August 25, 2022
ps plus1

Sony memang tengah berada di tengah posisi yang sulit jika bicara soal kompetisinya melawan produk super menggoda dari Microsoft – Xbox Game Pass. Jelas bahwa membandingkan kemampuan dana, Microsoft adalah perusahaan yang jauh lebih besar. Kepercayaan eksekutif mereka pada Xbox Game Pass memberikan kendali lebih besar bagi Phil Spencer untuk terus mendorong Game Pass sebagai masa depan distribusi game, yang juga diperkuat dengan komitmen via proses akuisisi Activision Blizzard dan Bethesda. Janji untuk merilis semua game first party mereka di hari pertama via Game Pass juga tentu membuat Sony kalang kabut. Otak di belakang Playstation ini pun menjawab.

Jawaban untuk tantangan ini? Tidak lagi satu jenis, mereka membagi Playstation Plus menjadi tiga tier yang berbeda. Layanan sama yang kita nikmati di masa lalu sekarang disebut Essential, sementara itu ada pula tambahan dua tier lagi di tingkat harga yang lebih mahal. Idenya adalah menawarkan konten yang nyaris serupa dengan Xbox Game Pass di tier lebih mahal ini, yang juga didukung dengan ekstra konten game-game klasik dari era-era Playstation sebelumnya. Diperkenalkan pertama kali untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia, di bulan Mei 2022 kemarin, produk ini juga beradaptasi untuk negara-negara tanpa layanan live-streaming via produk  alternatif  DELUXE.

Dengan tiga bulan usia yang sudah mereka lewati, tentu tidak ada lagi momen yang lebih tepat untuk melihat dan menilai apakah kebijakan tier baru Playstation Plus ini memang menarik untuk dilirik atau tidak. Atau apakah Sony berhasil menjadikan tiga bulan ini sebagai pembuktian dan testimoni bahwa ini adalah jawaban terbaik untuk Xbox Game Pass. Kami pun menyelami lebih dala untuk melihat performanya sejauh ini.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation Plus Tier Baru ini? Mengapa kami lebih merekomendasikan Anda untuk melirik opsi EXTRA saja dan melupakan versi DELUXE? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Apa itu Playstation Plus?

playstation plus
Sejak Mei 2022 kemarin, Playstation Plus kini ditawarkan di tiga tier berbeda: Playstation ESSENTIAL, EXTRA, dan DELUXE.

Banyak dari Anda yang tengah membaca artikel ini mungkin tak familiar dengan nama Playstation Plus. Layanan yang sebenarnya sudah tersedia sejak era Playstation 3 ini berubah fungsi menjadi layanan yang lebih esensial ketika Playstation 4 muncul. Apa pasal? Playstation Plus yang notabene berbayar dijadikan sebagai syarat utama untuk mengakses sebagian besar mode multiplayer video game yang tersedia di generasi itu, yang kemudian dilanjutkan ke era Playstation 5. Sebagai nilai tambah? Gamer juga akan mendapatkan 2-3 game “gratis” setiap bulannya, yang tetap akan bisa diakses, diunduh, dan dimainkan selama Anda tetap berlangganan Playstation Plus.

Di bulan Mei 2022 kemarin, dalam upaya menjawab daya tarik Xbox Game Pass yang semakin menggoda, Sony mengubah cara Playstation Plus bekerja. Jadi alih-alih hanya satu varian saja seperti di era generasi sebelumnya, Playstation Plus (di negara tanpa streaming seperti Indonesia) kini terbagi ke dalam tiga tier: ESSENTIAL, EXTRA, dan DELUXE.

ESSENTIAL berada di posisi menggantikan layanan Playstation Plus yang selama ini kita kenal, dimana hak untuk bermain di mode multiplayer dan akses game gratis bulanan menjadi daya tarik utamanya. Sementara EXTRA mencakup keuntungan dari Essential, kemudian menambahkan kesempatan untuk mengakses katalog game Playstation 4 dan Playstation 5 yang bisa datang dan pergi ala Xbox Game Pass. Di Tier termahal adalah DELUXE yang mencakup fungsi Essential dan Extra, namun kini diperkuat dengan kesempatan mencicipi Game Trials (alias demo) dan juga katalog-katalog game klasik yang dirilis di era Playstation generasi-generasi sebelumnya.

Sebagai perbandingan, biaya layanan Essential adalah Rp 559.000,- / tahun, EXTRA di Rp 935.000,- / tahun, dan DELUXE di tingkat termahal dengan harga Rp 1.075.000,- / tahun. Berita baiknya? Proses konversi layanan Playstation Plus lama Anda ke tier baru ini juga terjadi otomatis dan mudah. Bahkan ketika Anda ingin naik Tier dari Essential ke EXTRA ataupun Deluxe misalnya, sistem di Playstation Store akan otomatis menghitung sisa uang yang perlu Anda bayar. Berita buruknya? Sistem ini hanya bisa menangani proses upgrade selama sisa langganan Anda. Tidak ada opsi untuk naik Tier dalam kurun waktu spesifik, yang tentu saja sangat disayangkan.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…

PlayStation

September 1, 2022 - 0

Wawancara dengan Shaun Escayg dan Matthew Gallant (The Last of Us Part I)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Shuan Escayg dan Matthew Gallant terkait…
August 31, 2022 - 0

Review The Last of Us Part I: Lebih Indah, Lebih Emosional!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Last of Us Part…
August 26, 2022 - 0

Review Soul Hackers 2: Kumpul Iblis, Selamatkan Dunia!

Bagaimana dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Soul Hackers 2 ini?…
August 25, 2022 - 0

Review Playstation Plus Tier Baru: Ambil EXTRA, Abaikan DELUXE!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation Plus Tier Baru ini?…

Nintendo

September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…