Bukan Open-World, Sistem Peta Final Fantasy XVI Mirip FF X dan FF XII
Sedikit melegakan tentu saja melihat begitu banyaknya informasi yang dibuka terang benderang oleh Square Enix terkait Final Fantasy XVI bersama dengan rilisnya yang kian dekat. Proyek yang dikepalai oleh Naoki Yoshida ini memang harus diakui memperlihatkan rasa percaya diri yang kuat bahwa mereka akan mampu memenuhi apa yang diinginkan fans dan para gamer pendatang baru sekalipun untuk sebuah seri utama Final Fantasy. Kita sudah melihat bagaimana sistem pertarungan berjalan, bagaimana epiknya perkelahian antar para Eikon, serta sekelibat kualitas visualisasi yang memanjakan mata. Lantas, bagaimana dengan sistem petanya sendiri?
Final Fantasy XVI memang sudah ditegaskan bukanlah game open-world. Dalam informasi terbaru dari Play Magazine, konsep peta dunianya akan mirip dengan konsep di Final Fantasy X dan XII. Anda akan disediakan sebuah World Map dimana Anda bisa memilih lokasi yang ingin Anda kunjungi, menyelesaikan cerita utama di sana, dan kemudian kembali lagi ke hub utama bernama “The Hideaway”. Setiap tempat yang sudah sempat Anda buka di cerita utama akan bisa Anda kunjungi kembali dan eksplorasi. Terkadang ia akan memuat sidequest baru atau menjadi lokasi monster yang ingin Anda buru.
Final Fantasy XVI sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 22 Juni 2023 mendatang untuk Playstation 5. Bagaimana dengan Anda? Berkeberatan dengan sistem seperti ini?