Review Baldur’s Gate 3: Emang Boleh RPG Sekeren dan Seadiktif Ini?

Reading time:
September 13, 2023
baldurs gate 3 jagatplay ps5 131

Membicarakan RPG berarti tengah membicarakan sebuah genre yang unik. Walaupun pada dasarnya bertumpu pada pondasi yang sama, yakni permainan peran via Dungeon & Dragons (DnD) berbasis kertas, karakter, imajinasi, dan seorang Dungeon Master yang siap memfasilitasi sebuah petualangan via kisah, musuh, dan beragam karakter yang ia persiapkan, definisi tentang genre ini memang mulai beragam. Namun seiring dengan waktu berjalan, interpretasi tentang konsep ini mulai melahirkan begitu banyak identitas unik yang penuh kontras. Lihat saja bagaimana cara developer Jepang menerjemahkan RPG menjadi game seperti Final Fantasy dan Dragon Quest dan bagaimana developer barat mengakomodasi konsep tersebut di game seperti Mass Effect atau Dragon Age. Di tengah kayanya kasanah genre ini, muncul lah Larian Studios.

Menempatkan diri sebagai salah satu developer game RPG barat kawakan, sepak terjang Larian Studios di dua seri pertama Divinity: Original Sin memang membuat mereka pantas mendapatkan predikat tersebut. Berbeda dengan apa yang ditawarkan Bioware di Mass Effect atau Square Enix di Final Fantasy, Larian Studios berambisi mensimulasikan pengalaman DnD seakurat dan sedekat mungkin. Ini berarti memberikan kebebasan nyaris mutlak bagi gamer untuk memilih sebuah aksi atau sekadar opsi percakapan, menyajikan seperti apa konsekuensinya, dan memastikan bahwa cerita yang dibangun terus memfasilitasi hal tersebut. Tidak heran jika ada begitu banyak harapan dan antispasi dengan proyek teranyar mereka yang masuk ke dalam tahap Early Access lebih dulu – Baldur’s Gate 3.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Baldur’s Gate 3? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah candu RPG berkualitas tinggi? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

baldurs gate 3 jagatplay pc 88
Anda tidak perlu memainkan dua seri Baldur’s Gate sebelumnya untuk bisa menikmati seri ketiga ini.

Dengan angka “3” yang ia sandang, kami yakin sebagian besar dari Anda mungkin akan langsung melemparkan pertanyaan esensial, “Apakah Anda butuh memainkan Baldur’s Gate 1 dan 2 lebih dulu untuk bisa menikmati seri ketiga ini?”. Jawabannya tentu saja tidak. Baldur’s Gate 3 hadir sebagai game dari semesta DnD yang berdiri sendiri. Anda hanya perlu dua pengetahuan dasar untuk bisa menikmati game ini. Pertama, ia mengambil setting di sebuah benua besar yang disebut sebagai Faerun. Kedua? Baldur’s Gate 3 sendiri mengacu pada sebuah kota metropolis besar di dalam Faerun  yang berfungsi sebagai hub untuk begitu banyak aktivitas, guild, dan ras, termasuk perdagangan.

Bisa memilih karakter yang sudah tersedia atau membangun karakter Anda sendiri, cerita Anda akan dimulai dari sebuah kejadian yang cukup mengejutkan. Anda menemukan diri Anda terbangun di sebuah Nautiloid, pesawat raksasa milik rasa Illithid yang berbentuk bak gurita humanoid namun dengan kekuatan baca dan kendali pikiran yang kuat. Jelas bahwa Anda adalah seseorang yang baru saja melewati sebuah eksperimen di luar kendali Anda. Untungnya, bersama dengan kekacauan yang terjadi karena serangan ras Githyanki dengan naga mereka yang sepertinya punya konflik dengan para Illithid, Anda berhasil menyelamatkan diri. Si Nautiloid yang sempat melewati beragam portal menuju ke ragam dunia akhirnya rusak dan jatuh di atas Faerun.

baldurs gate 3 jagatplay ps5 5
Ada opsi untuk meracik karakter original Anda sendiri, yang sempat tertawan di sebuah pesawat raksasa milik ras Illithid yang tampil bak gurita.
baldurs gate 3 jagatplay pc 94
Dengan beberapa karakter lain yang senasib, Anda berambisi untuk mencari cara mengeluarkan sang kecebong penguasa pikiran sebelum Anda berubah sepenuhnya menjadi Ilithid itu sendiri.

Jatuhnya sang kapal raksasa di Faerun menjadi awal petualangan Anda untuk menyelamatkan diri Anda sendiri. Apa pasal? Anda ternyata menemukan bahwa eksperimen para Illithid sebelumnya kini meninggalkan sebuah binatang kecil bak kecebong di dalam kepala Anda. Proses eksplorasi dan investigasi meninggalkan satu kesimpulan yang jelas: bahwa jika Anda tidak segera mencabut dan membunuh si kecebong pembaca pikiran ini dari kepala Anda, ia akan perlahan tapi pasti menguasai Anda hingga pada titik Anda akan secara otomatis bertransformasi menjadi Illthid itu sendiri. Berita baiknya? Anda tidak sendiri. Kapal Nautiloid yang sama ternyata memuat beberapa tawanan lain dengan nasib yang sama, termasuk para prajurit dari beragam ras dan latar belakang. Kini Anda pun berkesempatan untuk berpetualang bersama demi mencari  solusi untuk masalah besar ini.

baldurs gate 3 jagatplay ps5 2
Namun apakah kisah Baldur’s Gate 3 sesederhana itu? Saatnya mencari tahu dengan memainkannya sendiri!

Lantas, solusi apa saja yang bisa Anda eksplorasi? Ancaman seperti apa yang harus Anda hadapi untuk mencapainya? Bagaimana kisah petualangan ini akan berakhir? Bagaimana pula ia akan berhubungan dengan sang kota – Baldur’s Gate? Semua pertanyaan ini akan bisa Anda jawab dengan memainkan Baldur’s Gate 3 ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…