Square Enix Ingin Fokus ke Kualitas, Bukan Kuantitas

Reading time:
January 19, 2024
forspoken

Ada dua strategi untuk mengejar keuntungan di semua jenis industri, termasuk video game. Pertama, melahirkan begitu proyek yang punya kualitas yang sebegitu tingginya, hingga ia tidak bisa diabaikan oleh pasar. Ini akan menjamin penjualan di angka yang memuaskan untuk si pelaku bisnis dan juga respon positif dari konsumen. Kedua? Kuantitas dengan memastikan mereka punya produk yang mencakup semua jenis pasar dan permintaan tanpa harus memastikan kualitasnya berada di kondisi yang terbaik. Square Enix sendiri mengaku bahwa strategi kedua inilah yang sempat mereka ambil. Oleh karena itu, mereka hendak berbenah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh president baru Square Enix – Takashi Kiryu dalam sesi QA terbarunya dengan para investor. Ditanya soal kesulitan Square Enix dalam mengelola sumber daya yang mereka miliki, Kiryu mengaku bahwa sumber masalah utamanya sebenarnya terletak pada jumlah game yang mereka racik.

left alive
Square Enix ingin lebih berfokus pada kualitas game, tidak lagi kuantitas.

Kiryu menegaskan ambisinya untuk mulai berfokus pada kualitas si game itu sendiri dengan mulai memangkas jumlah game yang mereka kerjakan. Ia bahkan tak ragu menyebut bahwa game Square Enix sempat jatuh ke situasi absurd, di tengah-tengah antara game blockbuster dan indie, namun gagal untuk menancapkan eksistensinya. Kiryu ingin menghadirkan perbedaan lebih jelas di masa depan.

Seperti apa kebijakan ini akan bepengaruh pada library-library game yang akan diluncurkan Square Enix di masa depan? Kita tunggu saja.

Source: Nintendo Life

Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…