Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!
Hollow yang Lebih Baik, Lebih Cepat
Untuk Anda yang tidak terlalu familiar dengan Zenless Zone Zero, berbeda dengan kebanyakan game HoYoVerse lain dimana ia masih memuat sedikit sisi eksplorasi konvensional untuk ragam konten dan puzzle, Zenless Zone Zero mengandalkan sesuatu yang disebut sebagai “Hollow”. Bahwa perjalanan tersebut kini direpresentasikan dalam bentuk pergerakan dari satu televisi cembung ke televisi cembung lainnya, yang kemudian akan memuat rangkaian cerita, penjelasan, dan juga puzzle di dalamnya. Performa dan reward yang Anda dapatkan juga akan bergantung pada seberapa “sibuk” Anda ingin berakhir di The Hollow ini.
Jika Anda sempat membaca impresi CBT2 kami sebelumnya, sesi The Hollow ini berujung jadi salah satu sumber kekhawatiran terbesar kami. Tidak hanya karena mengacaukan pace yang terasa bertolak belakang dengan si aksinya yang cepat dan ketat, pergerakan The Hollow ini juga berpotensi menimbulkan rasa bosan yang cepat. Bayangkan saja, Anda butuh waktu sekitar 10-15 menit hanya berhadapan dengan layar penuh televisi cembung ini, yang kemudian diisi dengan puzzle yang juga disajikan dengan begitu lambat. Memang terkadang akan ada pertarungan, namun berjalan terlalu singkat untuk bisa dinikmati sepenuhnya. Sejujurnya, di CBT2 sebelumnya, The Hollow menjadi salah satu alasan kami untuk mempertimbangkan apakah kami ingin terjun atau tidak ketika Zenless Zone Zero dirilis nanti.
Sesi demo kami di build terbaru Zenless Zone Zero di Singapura datang dengan berita buruk dan baik. Berita buruknya? Seperti yang bisa diprediksi, mengingat begitu mengakarnya ia pada pengalaman Zenless Zone Zero sebelumnya, sesi The Hollow ini tetap dipertahankan dan mustahil untuk dibuang dan diganti begitu saja. Dengan waktu rilis yang kian dekat, ini adalah sebuah ekspektasi yang tidak masuk akal. Berita baiknya? HoYoVerse sepertinya memahami dan mendengar beragam keluhan yang sempat disuarakan oleh gamer dan fans di masa CBT2 sebelumnya.
Pengalaman kami dengan The Hollow di build terbaru ini berujung jauh bisa ditoleransi dibandingkan dengan CBT2. Tidak hanya pergerakan dasar sang BangBoo yang jadi logo Anda berujung lebih cepat saja, HoYoVerse kini juga menyuntikkan opsi Speed2x via akses satu tombol yang akan membuat keseluruhan The Hollow berjalan di kecepatan ganda, baik dari sekadar pergerakan hingga event-event scripted yang diposisikan sebagai representasi cerita atau event. Kami juga menemukan, setidaknya di beberapa misi sampingan yang kami jajal dengan ekstra konten The Hollow di dalamnya, bahwa porsi pertarungan kini juga terasa lebih banyak dibandingkan CBT2. Walaupun kami tidak bisa menjamin bahwa peningkatan porsi tantangan berisi pertarungan ini adalah sesuatu yang mereka implementasikan secara merata atau spesial di misi-misi sampingan yang kami jajal, namun kami menyambut baik.
Maka kami dengan bahagia bisa melaporkan bahwa pengalaman The Hollow kami berujung terasa jauh lebih baik dibandingkan dengan apa yang kami temukan di CBT2 untuk build ini. Walaupun perubahan yang ia tawarkan tidak lantas membuat kami berubah pikiran dan langsung jatuh cinta misalnya, namun harus diakui bahwa ia kini jauh bisa ditoleransi.
Lebih Jelas, Lebih Ketat!
Maka mustahil rasanya untuk membicarakan build terbaru Zenless Zone Zero ini tanpa membicarakan apa yang menjadi nilai jual utamanya – action. Konsep dasarnya sendiri masih mengikuti apa yang kita dapatkan di sesi CBT sebelumnya. Setiap misi yang Anda selesaikan biasanya akan menuntut Anda membangun tim dari tiga karakter berbeda dengan satu ekstra BangBoo yang akan membantu Anda saat bertarung. Untuk urusan terakhir ini, setiap BangBoo akan punya peran dan fungsi yang berbeda, dengan beberapa bentuk dan peran bahkan didesain spesifik untuk memperkuat karakter-karakter tertentu. Misalnya? BangBoo dengan kepala hiu dan elemen es akan sangat cocok dan efek untuk memperkuat Ellen – si gadis hiu.
Sistem pertarungan yang diusung juga masih serupa dengan apa yang ditawarkan di CBT sebelumnya. Selain ragam serangan yang bisa Anda lakukan, Anda tetap dibekali dengan kemampuan parry yang dikombinasikan dengan aksi ganti karakter yang punya jumlah terbatas serta sebuah aksi evade yang tidak butuh resource sama sekali. Zenless Zone Zero juga tetap mempertahankan clue sebuah bintang besar bersinar sebelum musuh menyerang untuk menginformasikan kepada Anda soal serangan mana yang bisa di-parry dan harus berujung di-evade nantinya.
Yang dilakukan HoYoVerse dengan build terbaru ini adalah membuat informasi setiap anggota jauh lebih jelas. Memberikan mereka sedikit highlight sebelum membangun tim akan langsung memberikan kepada Anda soal elemen yang diusung oleh tiap karakter ini dan role seperti apa yang akan diusung. Memang akan ada role support, namun sejauh mata memandang, tidak ada satupun yang jatuh kepada peran tipikal sebagai “healer atau penyembuh” di sini sehingga mereka sepertinya akan punya fungsi berbeda. Anda juga akan bertemu dengan karakter yang perannya lebih efektif didesain untuk mempercepat penuhnya bar Daze musuh alih-alih damage mentah, yang membuat mereka jatuh dalam situasi tidak menguntungkan bisa Anda lanjutkan dengan serangan beruntun dari semua anggota tim. Kejelasan informasi seperti ini tentu saja sangat membantu pada saat Anda membangun komposisi tim sejak awal. Kami juga menemukan bahwa beberapa karakter seperti Zhu Yuan misalnya, bisa mengeksekusi mekanik perlambatan waktu ketika Anda menggantinya saat bertarung, yang berarti mengkonfirmasikan bahwa tidak hanya sekadar damage, beberapa karakter bisa jadi menawarkan efek spesifik ekstra yang bisa jadi bahan pertimbangan lanjutan.
Sebagai gamer yang sempat mengeluhkan dan menertawakan tingkat kesulitan CBT2 untuk Zenless Zone Zero, demo ini benar-benar menampar kami dan memperlihatkan “kebenaran” yang sesungguhnya untuk sensasi pertarungan yang sesungguhnya, terutama untuk di end-game. Bahwa hampir sebagian besar boss dan musuh yang kami lawan di level tinggi ini, dengan 2 dari 3 anggota tim yang punya level lebih rendah, berujung super menantang dan seru di saat yang sama. Situasi ini membuat serangan boss-boss dengan beragam bentuk dan varian ini bisa membunuh Anda secara instan, tetapi di sisi lain, tetap seru untuk dilawan karena ada sensasi seperti kebanyakan game action RPG, bahwa peluang selalu terbuka dan kegagalan terjadi karena keteledoran ini. Di sini kami juga menemukan bahwa HoYoVerse juga sudah menyederhanakan sistem parry untuk animasi serangan beruntun boss yang tidak lagi perlu dilakukan sebanyak jumlah serangan combo, tetapi hanya perlu dieksekusi manis di awal serangan saja untuk melakukan parry kesemua serangan yang ada.
Fakta bahwa Anda akan terus merasa bahwa Anda punya peluang untuk menang membuat keseruan ini seolah teramplifikasi ketika melawan boss-boss ini. Bahwa jelas bahwa proses upgrade dan kenaikan level karakter memang akan mempengaruhi kans bertahan hidup dan damage output, namun Zenless Zone Zero seolah tetap membuka ruang besar bagi gamer-gamer yang ingin sekadar menantang diri soal keahlian game action mereka untuk terjun ke dalam konten end-game ini dengan karakter level rendah dan berusaha menyelesaikannya secepat mungkin.
Walaupun sekali lagi demo ini tidak berisikan pengalaman keseluruhan yang akan ditawarkan HoYoVerse di versi final nanti, namun kami sepertinya tercerahkan dengan potensi sisi aksi Zenless Zone Zero yang “sesungguhnya”. Bahwa konten end-game yang sesungguhnya nanti tampaknya siap untuk membuat komposisi tim terbaik Anda sekalipun kelabakan, selama jari jemari Anda tidak cukup cepat untuk menari di atas mouse dan keyboard yang ada.
Zenless Zone Zero, Pantaskah Diantisipasi?
Jawaban yang kami berikan tetap “Iya”, yang justru kian menguat setelah apa yang kami jajal di build terbaru Zenless Zone Zero yang kami nikmati di Singapura ini. Salah satu kekhawatiran terbesar kami – sesi Hollow berujung dibenahi lewat opsi percepatan yang membuat keseluruhan konten ini kini bisa jauh lebih ditoleransi. Tingkat kesulitan untuk mereka yang butuh tantangan juga sepertinya bisa disediakan oleh konten end-game nantinya, dimana pertarungan melawan beragam boss dengan ragam bentuk, animasi serangan, dan gimmick akan menguji seberapa mahir Anda di game action seperti ini. Sementara untuk urusan presentasi seperti visual, animasi, dan musik? Zenless Zone Zero tetap terlihat fantastis. Tentu saja, ada rasa penasaran juga bagaimana karakter-karakter baru yang belum lama ini diperkenalkan dari faksi berbeda akan beraksi!
Zenless Zone Zero sendiri rencananya akan dirilis di tanggal 4 Juli 2024 mendatang untuk Playstation 5, Mobile (android & ios), serta PC. Bagaimana dengan Anda? Ikut menantikan game yang satu ini?