By

November 12, 2011   ·  

Beberapa bulan menjelang akhir 2011 seakan menjadi hujan hadiah bagi gamer. Beragam game unggulan kelas AAA bermunculan dengan cepat setelah sebelumnya gamer mengalami kemarau game berkepanjangan. Salah satu game action yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Battlefield 3! Mari bersama kami menemukan alasan mengapa game ini mendapatkan nominasi game action terbaik 2011 bahkan sebelum gamenya rilis!

Trailer gameplay yang begitu memukau merupakan salah satu sebab game ini begitu dinantikan kehadirannya. Bagaimana tidak? Tampilan grafis pada trailer tersebut sangat indah dan pertempuran yang diperlihatkan begitu seru! Sekarang pertanyaannya adalah apakah game ini dapat memenuhi harapan gamer yang telah terpukau dengan keindahannya? Bila Anda sempat menyimak preview yang kami berikan beberapa saat lalu mengenai Battlefield 3 tentu Anda telah melihat sedikit keindahan yang ditawarkan game ini! Temukan jawabannya dengan mengikuti perjalanan kami ketika menjelajahi Battlefield 3!

Saking indahnya game ini sampai musuh dapat membaur dengan lingkungan sekitarnya!

Origin dan Battlelog

Battlefield 3 merupakan game yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap Internet. Bila Anda ingin mendapatkan pengalaman bermain sebenarnya dari game ini, maka mode multiplayer merupakan opsi yang harus Anda mainkan. Sayangnya, game ini mengharuskan Anda untuk memiliki koneksi Internet untuk memainkan mode multiplayer-nya. Nah, berhubungan dengan topik ini, maka Anda akan akrab dengan dua portal game dari Electronic Arts sebagai publisher game ini, yaitu Origin dan Battlelog.

Origin dan Battlelog merupakan portal utama untuk memainkan Battlefield 3

Origin merupakan program pasar online dari Electronic Arts (mirip seperti Steam) yang harus Anda install ke komputer untuk memulai instalasi Battlefield 3. Instalasi ini menurut pendapat kami merupakan proses yang cukup lama untuk gamer yang memiliki koneksi Internet lambat. Pasalnya, Anda harus meng-update Origin dengan men-download-nya secara otomatis. Setelah itu, instalasi game baru dimulai. Kemudian Anda harus men-download patch yang dikeluarkan di hari pertama game ini dirilis sebesar sekitar 400 MB. Setelah itu Anda kembali men-download patch terbaru Battlelog yang untungnya tidak terlalu besar ukurannya.

Battlelog sendiri merupakan media utama Anda untuk melakukan apapun yang berhubungan dengan Battlefield 3. Portal game ini akan langsung muncul begitu Anda menjalankan game ini melalui Origin. Battlelog berbentuk halaman web yang berisikan profil, statistik, pilihan mode bermain, dan media untuk berkomunikasi dengan pemain lain dari seluruh dunia. Halaman ini sayangnya tidak dapat dilewatkan, bahkan untuk bermain mode Campaign (single player) sekalipun. Jadi, Anda harus memiliki koneksi Internet untuk bermain sendirian!

Mode Campaign

Apakah semua kesulitan yang Anda temui ketika instalasi tersebut terbayarkan oleh kenikmatan bermain Battlefield 3? Ya, semua itu tidak sia-sia! Bentuk permainannya mengadopsi action shooter militer yang mirip dengan seri Battlefield sebelumnya, yaitu Battlefield 2. Anda dapat menggunakan beragam kendaraan perang, memberikan perintah kontekstual dengan mudah, dan konsep beberapa kelas tentara yang saling mendukung. Namun, yang paling menakjubkan adalah kualitas grafisnya yang luar biasa indah dan lingkungan permainan yang dapat dihancurkan.

Pertempuran malam terlihat begitu menawan

Anda akan merasakan tegangnya bertempur di angkasa!

Battlefield 3 menawarkan tiga mode permainan, yaitu mode campaign (single player), multiplayer, dan mode cooperation. Dari semua mode tersebut, yang menurut kami paling biasa saja adalah mode campaign. Mengapa demikian? Cerita yang ditawarkan pada mode ini kurang mampu memainkan perasaan pemainnya dengan beragam kejutan yang meninggalkan kesan mendalam. Padahal, konsep cerita yang menegangkan dan seru merupakan resep utama dari mode single player. Durasi dari mode in juga tidak begitu panjang, yaitu sekitar 5 hingga 6 jam saja.

Mode campaign memang kurang memenuhi harapan dari sisi cerita. Begitu juga dengan pertempurannya yang tidak terasa massal. Anda akan dibawa untuk mengikuti permainan yang linear dan dipenuhi event yang telah terencana di daerah yang relatif kecil. Bentuk permainan ini menggantikan mode single player seri Battlefield sebelumnya yang selalu mengajak pemain untuk bertempur sebagai salah satu tentara di perang besar. Teknologi kehancuran lingkungannya juga tidak terlihat banyak di mode ini. Bila Anda ingin melihatnya dengan puas, maka Anda harus memainkan mode multiplayer.

Battlefield 3 tidak melulu bertempur di darat. Terkadang Anda diminta bertempur di udara!

 

Mode Multiplayer dan Cooperation

Setelah melalui mode campaign Battlefield 3 yang tidak memberikan kesan mendalam, permainan kami berlanjut ke mode multiplayer-nya. Perbedaan antara kedua mode tersebut begitu jauh dari segala sisi! Bahkan, bisa dibilang mode multiplayer adalah game sebenarnya dari Battlefield 3! Semua feature yang menjadikan seri Battlefield begitu ditunggu kehadirannya dapat Anda temukan di sini. Bukan hanya itu, Battlefield 3 juga memberikan beragam feature menarik yang tidak dapat ditemukan di seri sebelumnya.

Efek lingkungan yang menakjubkan terlihat jelas ketika bertempur

Bentuk permainan klasik seri Battlefield akan Anda temui di mode ini. Anda dapat memilih satu dari empat kelas tentara, yaitu Assault, Engineer, Support, dan Recon. Bila dilihat lebih seksama, setiap kelas tersebut memiliki kemampuan yang dahulu dipisahkan ke kelas tersendiri. Misalnya, kelas Assault selain menjadi prajurit garis depan dengan persenjataan mematikan juga merangkap sebagai medic. Jadi, ia dapat memberikan paket pengobatan untuk menyembuhkan tentara lain, menghidupkan mereka kembali, dan di saat bersamaan dapat menembakkan pelontar granat yang dapat membunuh banyak musuh. Begitu juga dengan Engineer yang dulunya hanya berfungsi sebagai ahli memperbaiki kendaraan. Kini, ia dilengkapi dengan pelontar roket untuk menghancurkan tank dan pesawat terbang!

Kelas Support dan Recon juga tidak dapat diremehkan kemampuannya. Support selain membawa senapan mesin yang dapat mengacaukan barisan musuh juga dapat memberikan paket amunisi (untuk mengisi peluru) dan menghujani posisi musuh dengan artileri mortar. Jarak mortar yang ditembakkannya juga begitu besar dan memiliki kekuatan untuk menghancurkan tank sekalipun. Yang terakhir, Recon merupakan ahli dalam menyerang musuh dari jarak jauh. Ia bersenjatakan senapan sniper yang mematikan dan di saat bersamaan memiliki beragam perlengkapan pendukung, seperti membuat Drop Point yang berguna sebagai spawn point tentara baru. Jadi, Anda dapat menempatkannya di daerah yang tidak disangka musuh dan mengejutkan mereka dari belakang. Recon juga mampu memberikan dukungan radar dengan menggunakan mesin terbang kecil dengan kamera. Semua musuh yang dilihatnya akan terlihat di radar dan tidak ada musuh yang dapat bersembunyi lagi!

Efek cahaya di kegelapan terlihat seperti aslinya

Anda dapat menemukan pertempuran khas Battlefield di mode multiplayer

Beragam kelas yang dapat Anda mainkan dalam Battlefield 3 juga tidak dapat berdiri sendiri bila Anda ingin bertempur dengan efisien dan meraih kemenangan. Kelas Assault yang dapat menjaga dirinya sendiri dengan paket pengobatan pada akhirnya membutuhkan bantuan Support untuk mengisi peluru dan Engineer untuk menghancurkan Tank. Keseimbangan game ini dibuat sedemikian rupa sehingga Anda akan membutuhkan bantuan dari pemain lain. Begitu juga dengan pengguna kendaraan yang selalu menjadi makanan empuk roket Engineer. Mereka membutuhkan Engineer untuk memperbaiki kendaraan mereka.

Mode multiplayer pada Battlefield 3 terbagi menjadi beberapa jenis permainan. Anda dapat menemukan Conquest, Rush, Deathmatch, dan Cooperation. Sedangkan map yang dapat Anda gunakan pada awalnya terdiri dari sembilan buah. Nantinya Anda akan menemukan lebih banyak map baru dan persenjataan baru pada expansion set “Back to Karkand” yang pada saat review ini ditulis belum dirilis. Nah, untuk lebih mengenal lebih dalam mengenai multiplayer, kami akan membahas mengenai semua jenis permainan pada mode ini.

Gunakan perlengkapan yang sesuai dengan keadaan pertempuran

Pada akhir pertempuran, Anda akan dihadiahkan nilai pengalaman untuk meningkatkan level dan mendapatkan perlengkapan baru!

Conquest merupakan jenis permainan yang paling dikenal oleh para gamer pecinta seri Battlefield. Mode Conquest telah lama ada di seri ini dan menjadi salah satu identitas game Battlefield. Pada mode ini, Anda akan bertempur di daerah yang besar dalam pertempuran massal memperebutkan posisi. Jumlah pemain yang dapat berpartisipasi dalam mode ini juga cukup besar, maksimal hingga 64 pemain! Jadi, 32 pemain akan bertempur melawan 32 pemain di pihak lawan.

Mulanya tiap sisi akan diberikan tiket dengan jumlah terbatas. Tiket ini merupakan jumlah bala bantuan yang dapat diterjunkan di lapangan. Bila seorang pemain mati, maka ketika ia kembali hidup (spawn) jumlah tiket akan berkurang satu. Tim yang berhasil menghabiskan tiket lawannya adalah pemenang mode ini. Posisi dalam sebuah map juga memengaruhi tiket tersebut. Setiap map biasanya diberikan beberapa posisi yang harus dikuasai dan jumlahnya selalu ganjil. Jadi, tim yang memiliki lebih sedikit posisi akan mengalami penalti, yaitu tiketnya akan berkurang secara otomatis hingga habis. Maka, Conquest menjadi mode yang seru berkat perlawanan sengit kedua tim untuk menguasai lebih banyak posisi!

Gunakan kendaraan perang untuk mengacaukan garis pertahanan musuh

Dan persiapkan kendaraan Anda dengan perlengkapan yang telah Anda dapatkan!

Rush memiliki konsep yang berbeda dari Conquest. Pada mode ini, posisi Anda akan bergantian dengan tim lawan sebagai pihak yang bertahan dan menyerang. Tujuan dari mode ini adalah menghancurkan atau mempertahankan dua posisi di peta. Pihak penyerang harus memasang bom di kedua posisi ini dan mempertahankannya sampai bom meledak. Sedangkan tim bertahan harus berusaha menjaga kedua posisi ini. Untuk membuat permainan lebih hidup, pihak penyerang dapat kehabisan tiket. Jadi, penyerang akan kalah bila tiketnya habis! Ketika penyerang berhasil menghancurkan dua posisi pertahanan, pihak bertahan akan terpukul mundur dan harus mempertahankan dua posisi baru. Tiket penyerang juga kembali menjadi penuh bila mereka berhasil menghancurkan sebuah posisi. Tim bertahan akan kalah bila posisi terakhir yang dekat dengan markas besarnya dihancurkan. Setelah itu, posisi akan dibalik, tim bertahan menjadi penyerang dan sebaliknya.

Squad Deathmatch dan Team Deathmatch merupakan mode pertempuran yang brutal dan seru. Tujuan Anda hanya mengumpulkan nilai dengan cara menghabisi tim musuh! Anda tidak perlu khawatir dengan mempertahankan daerah dan merebutnya seperti yang ditemukan di dua mode sebelumnya. Peta permainan pada mode ini juga lebih kecil dan hal ini membuat pertempuran menjadi lebih sering terjadi. Mode terakhir adalah Cooperation. Pada mode ini, Anda akan mengundang pemain lain melalui koneksi Internet untuk bersama melawan musuh yang dikendalikan komputer. Skenario yang diberikan pada mode ini ternyata jauh lebih seru dan menarik bila dibandingkan dengan mode campaign! Selain itu, Anda juga dapat mengumpulkan nilai dan ia akan membuka senjata spesial yang tidak bisa didapatkan di mode lain!

Kustomisasi dan Persenjataan

Hal paling menarik dalam mode multiplayer adalah kemampuan untuk melakukan kustomisasi perlengkapan dan senjata! Profil yang Anda mainkan akan mendapatkan nilai pengalaman atau experience yang berguna untuk menaikkan level. Kegunaan level tersebut adalah membuka senjata dan perlengkapan baru yang sangat menarik untuk karakter Anda. Untuk sebuah game action shooter, persenjataan adalah magnet utama yang membuat pemainnya terus bermain!

Kendaraan perang udara membutuhkan gamer dengan keahlian khusus untuk dapat digunakan dengan efektif

Nilai pengalaman tersebut juga berguna untuk menambah level kelas yang Anda gunakan. Bila Anda sering memainkan kelas Assault, maka levelnya akan meningkat dan memberikan hadiah berupa perlengkapan dan senjata khusus kelas tersebut. Perlengkapan yang sangat kuat dan berbahaya juga hanya bisa didapatkan dengan cara ini, seperti mortar untuk Support, alat untuk menghidupkan kembali rekan yang mati untuk Assault, dan senjata pemusnah tank Javelin untuk Engineer.

Cara untuk mendapatkan perlengkapan baru bukan hanya dengan kenaikan level karakter saja. Anda juga bisa mendapatkan perlengkapan untuk senjata utama dengan cara menaikkan level senjata yang Anda gunakan. Cukup kalahkan musuh dengan menggunakan senjata tersebut dan indikator kemahiran senjata tersebut akan meningkat. Setelah indikator tersebut penuh, Anda akan mendapatkan perlengkapan baru, seperti laser pointer, front grip, silencer, scope, dan bipod. Semua itu dapat Anda pasang di senjata tersebut dan secara langsung akan meningkatkan performanya. Setiap senjata utama memiliki 10 perlengkapan dan jumlah senjata tersebut sekitar 41 buah.

Perlengkapan dan kenaikan level juga berlaku untuk jenis kendaraan perang yang Anda gunakan. Mulanya, kendaraan yang Anda gunakan tidak memiliki perlengkapan yang “wah”, seperti roket untuk helikopter, misil penjejak panas untuk pesawat jet, dan senapan mesin untuk tank. Semua itu harus Anda dapatkan dengan cara menggunakan kendaraan dan mengalahkan musuh ketika berada di dalamnya. Setelah mencapai poin tertentu, perlengkapan baru akan Anda dapatkan dan sama seperti senjata utama, dapat Anda pasang di kendaraan untuk mendapatkan keuntungan terhadap musuh yang levelnya lebih rendah.

Lingkungan Permainan yang Indah

Faktor lain yang tidak boleh terlupakan adalah tampilan dan efek grafis Battlefield 3 yang begitu indah! Saking indahnya sampai game ini mendapatkan hujan pujian akan kehebatan teknologi tampilannya. Hal ini tercapai berkat engine game Frostbyte 2 yang digunakan dalam Battlefield 3. Berbeda dengan game lain yang biasanya menetapkan standar tampilannya dengan console XBOX 360 dan PS3, Frostbyte 2 dirancang untuk dijalankan dengan standar spesifikasi komputer yang tinggi. Oleh sebab itu, setting terendah dari game ini di komputer sudah begitu indah dan sebanding dengan tampilan setting High di game action shooter lain.

Efek tampilan dari Frostbyte 2 tentunya bukan hanya berguna untuk kosmetik saja. Engine ini juga membuat lingkungan permainan menjadi lebih terasa “real” dengan kemampuan menghancurkan lingkungan. Jadi, ketika Anda berhadapan dengan tank jangan harap bisa bersembunyi di belakang tembok. Tank tersebut cukup menembak tembok tersebut dan ia langsung hancur, bersama dengan kematian Anda! Pada game ini, kendaraan perang menjadi ancaman yang mengerikan untuk infantri. Bukan hanya ledakan saja yang bisa membunuh. Anda juga bisa mati karena tertimpa pohon!

Battlefield 3 dengan setting grafis "Low"

Kemudian setting "Medium"

Keindahan lain dari sisi tampilan adalah efek cahaya yang menyerupai dunia asli. Kilauan cahaya di tempat gelap dapat membutakan mata Anda! Bahkan, cara ini digunakan pemain di mode multiplayer untuk mendapatkan keuntungan ketika bertempur jarak dekat. Mereka akan memasang senter di senjata dan menggunakannya untuk membutakan Anda! Namun, kilauan ini juga memberikan keuntungan bagi Anda. Senjata sniper yang dapat membunuh Anda dari jarak jauh memancarkan kilauan akibat pantulan cahaya di lensa scope! Hal ini sangat membantu untuk mengetahui letak musuh di lingkungan permainan. Apalagi kualitas grafis yang tinggi membuat siapapun dapat dengan mudah membaur dengan lingkungannya dan mereka dapat menyiapkan jebakan untuk Anda!

Berikut Battlefield 3 dengan setting "High"

Dan setting "Ultra". Dapatkah Anda melihat perbedaannya?

Kualitas grafis dan standar yang tinggi dari engine Frosbyte 2 ternyata memiliki keuntungan dan kekurangan. Untuk gamer yang memainkannya di komputer dengan spesifikasi tingi, game ini tidak akan memberikan masalah. Namun, untuk komputer dengan spesifikasi kurang tinggi, apalagi bila tidak memiliki Windows 64-bit dan RAM 8 GB, maka jangan harap bisa main dengan nyaman di setting High dan Ultra! Untungnya, setting Medium sudah begitu nyaman untuk dimainkan! Lain lagi masalahnya dengan gamer console XBOX 360! Bersiaplah untuk mendapatkan tampilan di bawah standar komputer! Hal ini tetap terjadi dengan penggunaan High Quality Texture yang disertakan bersama paket penjualan game.

Kesimpulan

Setelah kami berpanjang lebar menceritakan segala hal yang berkaitan dengan Battlefield 3, sebenarnya hanya ada beberapa poin untuk menjelaskan game ini dengan gamblang. Pertama, game ini sebaiknya dimainkan dalam mode multiplayer, sebab di sini Anda dapat menemukan Battlefield 3 yang sejati. Kedua, game ini sangat indah berkat teknologi grafis Frostbyte 2 yang luar biasa. Dan yang ketiga, bersiaplah untuk bermain dalam waktu yang lama sekali. Sebab, game ini akan terus memancing Anda untuk menemukan semua perlengkapan dan senjatanya!

Kelebihan

  • Kualitas tampilan yang sangat indah
  • Lingkungan permainan yang dapat dihancurkan
  • Kustomisasi dan koleksi persenjataan yang luas
  • Keseimbangan kelas tentara meminta pemainnya untuk bekerjasama
  • Mode cooperation yang seru

Kekurangan

  • Mode campaign tidak menarik
  • Harus menggunakan koneksi Internet untuk bermain
  • Layanan Origin dan Battlelog yang kurang memuaskan
  • Tidak ada mode skirmish (perang melawan komputer) dan LAN
  • Standar spesifikasi komputer yang tinggi

Cocok Untuk Gamer

Mencintai seri game Battlefield, menyukai perang massal, dan menyukai kompetisi dengan pemain lain.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Tidak menyukai mode multiplayer dan tidak mau bekerjasama dengan pemain lain.

Spesifikasi PC Minimum

OS: Windows Vista SP2
Processor: 2 GHz Dual Core (Core 2 Duo 2.4 GHz atau Athlon X2 2.7 GHz)
Memory: 2 GB
Graphics: 512 MB RAM (NVIDIA: GeForce 8, 9, 200, 300, 400, atau 500 series) (ATI: Radeon 3000, 4000, 5000, atau 6000 series)
Hard Drive: 20 GB
DirectX 10.1

Info

Publisher: Electronic Arts
Developer: Dice
Jenis: Action First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi

Related Articles:

Tags: , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()