By

January 25, 2013   ·  

Persaingan panas itu kembali berkobar. Kesamaan kekuatan dan pangsa pasar memang membuat Sony dan Microsoft tampil tak ubahnya dua negara dengan arsenal senjata yang saling mengarah satu sama lain. Walaupun belum dikonfirmasi, namun pertempuran “konsep” dan “rumor” konsol generasi terbaru mereka selalu menjadi point of interest banyak gamer, sejak pertengahan tahun 2012 silam. Dipercaya akan diperkenalkan pada ajang E3 2013 mendatang, banyak sumber informasi yang mengklaim berhasil mendapatkan bocoran legit tentang spesifikasi teknis yang ditawarkan oleh keduanya. Setelah spesifikasi XBOX 720 “Durango” yang mengemuka, kini giliran sang pewaris utama Sony – Playstation 4 “Orbis” yang dikupas.

Sumber informasi ini sendiri datang dari sebuah dokumen resmi yang dipercaya memuat spesifikasi terbaru untuk developement kit yang mulai didistribusikan ke  para developer dan publisher game. Development kit dengan seri #DVKT-Ksoook ini memang tidak merepresentasikan spesifikasi yang mungkin akan dirilis Sony di masa depan, namun setidaknya cukup untuk memberikan gambaran akan kemampuan kasar yang ditawarkan Playstation 4 “Orbis” ini. Berikut adalah spesifikasi yang dirumorkan:

  • System Memory (RAM): 8 GB
  • Video Memory: 2.2 GB
  • CPU: 4x Dual-Core AMD64 “Bulldozer”
  • GPU: AMD R10xx
  • Ports: 4x USB 3.0, 2x Ethernet
  • Drive: Blu-Ray
  • HDD: 160GB
  • Audio Output: HDMI & Optical, 2.0, 5.1 & 7.1 channels

Sementara untuk sisi kontroler, Sony dipercaya tetap akan mengusung desain kontroler konvensional yang sudah ia terapkan sejak tiga generasi sebelumnya. Ia tetap hadir dengan mode vibration, motion-sensor, dan sebuah tombol baru – Share yang dipercaya akan menjadi pintu gerbang untuk berbagi konten screenshot di media sosial ternama. Mengusung konsep sama yang sempat diterapkan di PS Vita, kontroler baru ini juga kabarnya akan diperkuat dengan capacitive touch pad di bagian belakang, sama seperti konsep PS Vita saat ini. Playstation 4 juga akan memungkinkan gamer untuk login menggunakan akun berbeda secara simultan dengan satu konsol. Ini berarti, jika empat orang bermain secara kooperatif dan mengalahkan sebuah boss di dalam game, maka keempat akun tersebut akan masing-masing mendapatkan trophy terpisah.

Sayangnya, Sony sendiri masih tutup mulut terkait rumor yang kian menghangat di dunia maya ini. Apalagi informasi ini datang dari sebuah dokumen development kit yang masih mungkin berkembang dan berubah untuk mendapatkan versi final retail Playstation “4” Orbis yang jauh lebih sempurna.

Jadi, XBOX 720 “Durango” VS Playstation 4 “Orbis”, konsol mana yang lebih Anda nantikan?

 

Related Articles:

Tags: , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()