By

April 3, 2013   ·  

Bohemia Interactive saat ini mungkin tengah sibuk menyempurnakan game simulasi militer mereka yang baru saja memasuki masa alpha build – Arma 3. Namun di luar proyek ambisius yang satu ini, Bohemia juga tengah mengerjakan sebuah game lainnya yang juga terhitung sangat diantisipasi. Benar sekali, kita tengah membicarakan DayZ. Mod Arma 2 yang berhasil menyabet popularitas super tinggi tahun lalu ini memang menawarkan esensi survival-horror yang sesungguhnya, dimana tidak hanya zombie yang menjadi ancaman nyata, tetapi juga interaksi para player yang berada di dalamnya. Kesuksesan inilah yang akhirnya mendorong Bohemia untuk mengembangkan sebuah game terpisah untuknya. Namun berbeda dengan versi mod Arma 2-nya, game DayZ terpisah ini kemungkinan besar juga akan dirilis untuk konsol.

Konfirmasi ini meluncuri dari mulut sang pencipta DayZ ini sendiri – Dean Hall. Ia secara terbuka  menyatakan bahwa seri game terpisah dari DayZ ini hampir pasti juga akan dirilis untuk pasar konsol, menihilkan statusnya di masa lalu sebagai salah satu game eksklusif PC. Hall sendiri sudah siap dengan beragam kritik yang mungkin muncul dari keputusan ini, terutama dari para fans fanatik PC. Namun ia menegaskan bahwa kebijakan ini tidak diambil untuk menyakiti  dengan sengaja pihak manapun. Tidak main-main, Hall sendiri mengaku sudah terlibat pembicaraan serius dengan pihak Sony walaupun belum menghasilkan sesuatu yang konkrit sejauh ini. Namun ia mengaku, Sony terlihat sangat tertarik untuk membawa DayZ ke dalam platform mereka. Hall sendiri belum memberikan kepastian tentang tanggal rilis dan platform yang akan diusung game terpisah ini, selain tentu saja, konfirmasi akan eksistensinya di PC.

DayZ untuk konsol? Apakah ini juga mengindikasikan bahwa game terpisah yang kini tengah dikembangkan oleh Bohemia akan mengusung skema kendali yang jauh lebih sederhana?

Dengan kehadiran konsol generasi selanjutnya yang berada di depan mata, DayZ tentu saja dapat diposisikan sebagai sebuah game ekstra yang menarik untuk diantisipasi. Namun jika Bohemia memutuskan untuk merilisnya di konsol saat ini, kemampuan teknologi yang sudah uzur mungkin saja berakhir pada keterbatasan fitur tertentu, seperti map dan jumlah pemain yang mungkin sulit untuk difasilitasi jika dibandingkan dengan versi PC-nya. Hampir pastinya rilis di konsol juga mengindikasikan konsep kontrol yang kini tampaknya jauh lebih sederhana. Mengapa? Jika Bohemia mempertahankan susunan kontrol aksi yang sama dengan DayZ di Arma 2, hampir tidak mungkin gamer konsol akan dapat mencicipinya. Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Bohemia dan Hall.

Related Articles:

Tags: , , , ,

Comments


Readers Comments ()