Preview NieR – Automata: Robot Manis dan Kehancuran Dunia!

Reading time:
February 24, 2017
Nier automata jagatplay part 1 (1)

Dengan semua hype yang sudah terbangun, hampir mustahil sepertinya jika Anda tak pernah mendengar nama NieR: Automata hingga artikel preview ini ditulis. Ia menjadi salah satu game action RPG yang cukup diantisipasi dengan beragam alasan. Ada gamer yang menantikannya karena tangan dingin Platinum Games yang bergerak di belakangnya, sementara yang sempat mencicipi seri NieR di masa lalu tentu membangun harapan bahwa ia akan hadir dengan cerita menarik yang baru. Beberapa mungkin mengenalnya karena tindak-tanduk sang otak – Yoko Taro yang absurd, sementara yang lain, sulit untuk memalingkan wajah dari wajah sang karakter utama – 2B yang memanjakan mata. Dan kini, waktu untuk membuktikan hal tersebut akhirnya tiba!

Kesan Pertama

Dari sisi visual, setidaknya dari versi Playstation 4, kualitas visualisasi in-game NieR: Automata memang tak bisa dibilang istimewa dan bahkan cenderung, terlihat mengecewakan. Platinum Games memang berusaha mengejar framerate tinggi untuk memastikan ritme gameplay yang nyaman, mengingat daya tarik game action mereka yang cepat dan berbasis timing untuk menghindar atau melakukan counter tetap esensial di sini. Sepertinya, mereka mengorbankan kualitas visual karenanya, membuatnya berjalan lebih rendah di resolusi lebih rendah dengan banyak efek yang dimatikan. Kami sendiri tak mengerti apakah game ini berjalan lebih baik di Playstation 4 Pro, namun jika dirilis di PC nanti, Anda yang punya rig high-end dengan kemampuan yang mumpuni sepertinya akan bisa menangkap presentasi dunia post-apocalyptic-nya dengan lebih baik. Itupun jika proses port-nya berjalan optimal.

Sementara dari sisi konten, ia cukup untuk membuat kami jatuh hati sejak pandangan pertama. Tentu saja, bukan karena desain karakter 2B yang akan membuat mata Anda terus terhibur saja, tetapi karena struktur gameplay yang lumayan unik. Anda bisa mengkategorikan NieR: Automata sebagai game action RPG dengan dunia open-world. Namun tak sekedar misi utama, misi sampingan yang didesain punya kedalaman cerita yang cukup solid. Tiap kisah ini terasa signifikan berkat interaksi antara 2B – 9S yang secara konsisten memberikan pendapat mereka terkait masalah yang mereka hadapi. Reward yang esensial yang bahkan terkadang tak hanya memberikan Anda sekedar item atau uang, tetapi juga akses ke tempat baru terhitung unik.

Namun tentu saja, kita berbicara soal sebuah game Platinum Games yang selama ini, memang dikenal sebagai perajut game action dengan sepak terjang yang tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka melakukan sentuhan magis tersebut, kembali, di NieR: Automata ini. Sistem serangan yang cepat dengan varian senjata dan efek drone yang bisa Anda implementasikan, dibalut dengan sistem menghindar berbasis timing akan membuat gamer-gamer pencinta proyek Platinum Games selama ini terasa seperti “di rumah”. Begitu solidnya, hingga level karakter Anda tak akan berpengaruh soal kapabilitas Anda menundukkan musuh-musuh yang lebih tangguh. Jika Anda memang punya skill, perbedaan 10-20 level bukan masalah selama Anda menguasai mekanik dasar NieR: Automata itu sendiri.

Kami sendiri tentu belum menyelesaikan game yang satu ini. Dengan gameplay baru menyentuh 8 jam yang sebagian besar dihabiskan untuk menyelesaikan misi sampingan yang ada, ini game yang siap untuk membuat Anda teradiksi. Sembari menunggu waktu yang proporsional untuk melakukan review, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran soal apa itu NieR: Automata. Pada akhirnya, Anda tak akan sulit untuk jatuh cinta dengan kisah robot manis yang berdiri tegap di atas kehancuran dunia ini.

Nier automata jagatplay part 1 (5) Nier automata jagatplay part 1 (10) Nier automata jagatplay part 1 (34) Nier automata jagatplay part 1 (37) Nier automata jagatplay part 1 (42) Nier automata jagatplay part 1 (49) Nier automata jagatplay part 1 (77) Nier automata jagatplay part 1 (89) Nier automata jagatplay part 1 (103) Nier automata jagatplay part 1 (109) Nier automata jagatplay part 1 (113) Nier automata jagatplay part 1 (122) Nier automata jagatplay part 1 (142) Nier automata jagatplay part 1 (152) Nier automata jagatplay part 1 (194) Nier automata jagatplay part 1 (225)
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…