Review Saints Row The Third: Perang Antargang Kembali Digelar!

Author
David Novan
Reading time:
December 8, 2011
review saints row the third jagatplay 001

Game sandbox selalu dapat memesona pemainnya, seperti sihir yang mengikat gamer untuk terus memainkannya. Padahal, bila dilihat dengan seksama, formula yang digunakan game bertema sandbox sebenarnya hanya satu; kebebasan! Namun, kebebasan itulah umpan paling nikmat untuk memancing gamer! Nah, tambahkan tema perang antargang masa depan di dalamnya maka Anda akan mendapatkan Saints Row The Third!

Konsep yang diusung Saints Row The Third sebenarnya tidak banyak berbeda bila dibandingkan dengan dua game sebelumnya. Bahkan, Anda dapat menemukan fitur yang sama dengan game sebelumnya. Namun, “sihir” kebebasan game sandbox berhasil membuat Saints Row The Third menjadi game yang begitu adiktif untuk dimainkan! Akan tetapi, kebebasan saja tentu tidak menjadi jaminan pasti bagi Saints Row The Third untuk dapat memuaskan pemainnya. Oleh karena itu, terus baca review kami untuk menemukan beragam kelebihan Saints Row The Third! Temukan pula lebih banyak screenshot Saints Row The Third pada Preview kami!

review saints row the third jagatplay 002

Kehidupan Gangster Dimulai!

Saints Row The Third meneruskan cerita yang telah dijalin dalam dua game sebelumnya. Anda masih berperan sebagai pemimpin gang Saints Row dengan warna khas ungu. Pada masa ini, Saints Row telah berkembang menjadi sebuah perusahaan besar dengan beragam jenis usaha, salah satunya adalah pengembang pakaian kenamaan. Bila Anda selalu mengikuti seri game ini, beberapa nama yang familiar akan Anda temui dalam Saints Row The Third. Namun, semua ini tidak berlangsung lama. Gang lain yang didukung oleh sindikat kriminal berhasil meruntuhkan kerajaan Anda dan Saints Row dipaksa untuk memulai dari awal!

review saints row the third jagatplay 003

Saints Row The Third dimulai dengan cerita prolog yang menjelaskan metode pengendalian, seperti menembak dan menggerakkan karakter. Permainan dengan menggunakan kamera orang ketiga (Third Person Camera) masih digunakan dalam Saints Row The Third, sama seperti dua game sebelumnya. Sayangnya, game ini masih juga tidak menggunakan konsep berlindung di belakang tembok atau mobil. Jadi, Anda harus selalu menggerakkan karakter supaya tidak terkena tembakan musuh.

Sebagai pengganti berlindung di belakang tembok, Anda dapat menggunakan orang atau musuh sebagai perisai! Cukup tekan tombol Grab (menangkap musuh). Bila Anda tidak ingin menggunakannya sebagai perisai hidup, cukup tekan tombol Grab kembali untuk melemparnya ke depan atau dieksekusi dengan menggunakan senjata! Sayangnya, tombol untuk Grab juga digunakan untuk masuk ke dalam kendaraan. Jadi, Anda dapat melakukan kesalahan konyol seperti mengambil orang yang berada di dekat mobil padahal ingin masuk ke mobil!

review saints row the third jagatplay 004
Mobilmu adalah mobilku!

Setelah Anda melalui prolog yang seru dan penuh desingan peluru, kini tibalah tradisi lama Saints Row, yaitu layar pembuatan karakter! Kustomisasi tampilan karakter ini masih sama seperti game sebelumnya. Anda dapat memilih beragam aspek penampilan, mulai dari jenis kelamin, ras, bentuk muka, bentuk badan, warna kulit, rambut, suara, hingga gaya gangster (untuk mengejek gangster musuh dengan beragam gesture). Kualitas tampilan karakter pada Saints Row The Third meningkat jauh bila dibandingkan seri keduanya. Kini karakter menjadi lebih indah dan gerakannya juga membaik. Anda juga dapat mendandaninya dengan beragam baju atau tidak memberinya baju sama sekali! Untungnya, bagian yang sensitif diberikan sensor mosaik ketika Anda memutuskan untuk tampil “berani” di muka umum.

review saints row the third jagatplay 005
Lepaskan kota ini dari cengkraman tiga gang lain!

Konsep permainan pada Saints Row The Third kebanyakan sama dengan seri keduanya. Anda akan berjuang untuk mengumpulkan daerah kekuasaan melalui perang gang, pembelian daerah (properti dan toko), menyerang operasi gang lain, serta beragam kustomisasi karakter. Kebebasan yang merupakan fitur utama dalam game sandbox juga langsung Anda temui dalam Saints Row The Third. Semua daerah pada game ini dapat Anda jelajahi tanpa adanya batasan!

Kebebasan untuk memiliki (mengambil) kendaraan juga dapat Anda temui di sini. Pada Saints Row The Third, polisi tidak begitu peduli dengan kejahatan pencurian mobil. Bahkan ketika hal itu terjadi di depan matanya! Begitu juga ketika Anda menerobos lampu merah dan menabrak mobil polisi! Kejahatan yang tidak dapat dibiarkan oleh polisi hanya pembunuhan rakyat sipil dan polisi. Selebihnya? Anda bebas melakukan apapun!

review saints row the third jagatplay 006
Kustomisasi karakter yang detail

Untuk mengukur tingkat kejahatan dan responsnya, Anda akan diberikan sebuah indikator yang dapat ditemukan di tepi minimap. Semakin tinggi indikator kejahatan, biasanya terjadi ketika Anda membunuh lebih banyak polisi, maka pasukan yang dikirim untuk mencelakai Anda juga semakin berbahaya. Mulanya, hanya segelintir polisi yang datang menyerang. Kemudian, pasukan SWAT akan datang dengan persenjataan yang lebih berbahaya. Bila Anda masih tidak dapat dihentikan, mereka akan digantikan dengan tentara yang dipersenjatai panser dan tank!

Indikator tersebut juga tidak hanya terbatas untuk polisi saja. Bila Anda menyerang anggota gang musuh, maka indikator lain akan muncul. Cara kerja indikator ini sama dengan polisi. Semakin tinggi tingkat indikator, meningkat pula respons pasukan gang musuh. Bahkan, mereka akan mengirim pasukan khusus dengan beragam kemampuan, seperti bergerak secepat kilat, menembakkan pelontar granat, penyembur api, dan musuh bernama Brute yang sangat kuat!

review saints row the third jagatplay 007
Senjatamu adalah senjataku!

Bagaimana cara menghindari musuh yang telah mencapai tingkat kewaspadaan maksimal? Sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mencapai rumah perlindungan (dalam game ini dinamakan Crib) dan masuk ke dalamnya. Semua indikator yang Anda miliki langsung hilang! Bahkan, musuh yang tadinya mengejar Anda akan langsung melupakan Anda begitu saja! Tidak ada waktu yang hilang seperti GTA 4 dan Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Setelah Anda membeli toko, tempat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan tingkat indikator tersebut. Bila Anda tidak beruntung dan mati akibat serangan musuh, penaltinya juga tidak seberapa. Anda akan hidup kembali di rumah sakit dan akan dikenakan biaya yang tidak terlalu mahal. Apalagi bila Anda telah membeli rumah sakit tersebut. Harganya akan semakin murah!

review saints row the third jagatplay 008
Beli properti dan toko untuk meningkatkan penghasilan Anda!

Kemampuan untuk membeli properti dan toko yang tersebar di dalam kota merupakan sumber pemasukan uang yang sangat menguntungkan. Properti yang dapat Anda beli biasanya berupa usaha yang tidak menawarkan jasa, seperti gudang, apartemen, dan pabrik. Harganya juga tidak seberapa mahal bila dibandingkan dengan toko. Kepemilikan toko akan memberikan keuntungan selain pemasukan ekstra. Anda juga akan diberikan potongan harga yang cukup besar.

Mari Belanja!

Toko yang dapat Anda temui dalam Saints Row The Third terdiri dari lima jenis, yaitu toko pakaian, senjata, tato, bengkel, dan bedah plastik. Semua toko itu besar pengaruhnya terhadap karakter Anda. Toko senjata sudah jelas perannya terhadap game action yang mengandalkan pertempuran. Namun, apa gunanya toko lain yang sekilas terlihat mementingkan kosmetik saja?

review saints row the third jagatplay 009
Jangan biarkan karakter Anda ketinggalan tren pakaian!

Toko pakaian merupakan sumber penampilan karakter Anda dalam permainan. Beragam jenis baju dapat Anda temukan, mulai dari pakaian resmi, gang, gaun malam, baju super hero, hingga baju tentara. Pakaian yang dapat Anda gunakan terbagi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan posisinya di tubuh. Selain itu, Anda juga dapat membeli beragam aksesoris, seperti topi, kacamata, gelang, cincin, dan sepatu. Selain membuat karakter Anda lebih bergaya, setiap pembelian pakaian akan memberikan nilai “Respect”. Nilai ini sebanding dengan nilai pengalaman yang akan meningkatkan level karakter. Pembahasan lebih lanjut mengenai topik ini akan Anda temui nanti.

review saints row the third jagatplay 010
Upgrade mobil supaya dapat bertahan hidup dalam pertempuran

Bagaimana dengan toko tato? Sifat toko ini sama dengan toko pakaian. Anda dapat membuat karakter terlihat lebih garang dan di saat bersamaan dapat mengumpulkan nilai respect. Toko bedah plastik berguna untuk mengubah muka karakter Anda. Gunanya sama seperti ketika Anda membuat karakter di awal permainan. Anda dapat mengubah beragam fitur tubuh karakter, mulai dari bentuk muka hingga jenis kelamin! Sayangnya, Anda tidak akan mendapatkan nilai respect seperti toko sebelumnya.

Bengkel berguna untuk memberikan kustomisasi terhadap kendaraan yang Anda miliki. Sebenarnya bengkel ini tidak begitu banyak gunanya. Sebab, Anda dapat melakukan hal yang sama di rumah perlindungan. Bahkan, Anda dapat langsung menyimpan mobil yang telah didandani tersebut di garasi. Bengkel hanya berguna untuk mendandani kendaraan saja. Kegunaan utama dari bengkel yang paling penting adalah memperbaiki mobil di tengah misi dan ketika berada di tengah kejaran musuh.

review saints row the third jagatplay 011
Upgrade senjata akan meningkatkan kemampuannya dan mengubah tampilannya menjadi lebih keren!

Toko senjata tidak hanya menjual senjata baru dan membeli peluru saja. Pada Saints Row The Third, toko senjata berguna untuk meng-upgrade senjata menjadi lebih ampuh. Beragam kustomisasi senjata dapat Anda beli dan dibagi ke dalam empat level upgrade. Biasanya, setiap level akan memperkuat serangan senjata tersebut. Bahkan, beberapa senjata akan mendapatkan kemampuan baru, seperti peluru api dan peluru ledakan! Jenis senjata dengan peluru spesial tersebut memang tidak begitu kuat. Namun, mereka akan membuat musuh lumpuh, seperti peluru api yang membuat musuh sibuk memadamkan api dan tidak menyerang Anda!

review saints row the third jagatplay 012
Tidak lengkap rasanya bila tidak memiliki tank sendiri!

Perkuat Karakter Anda!

Kenaikan level melalui perolehan nilai respect merupakan fitur yang menarik dalam Saints Row The Third. Pasalnya, Anda akan mendapatkan akses ke skill baru yang sangat berguna dalam pertempuran. Kustomisasi skill karakter terbagi menjadi beberapa jenis, seperti meningkatkan ketahanan tubuh, memperbesar jumlah amunisi senjata tertentu, memperkuat anggota gang, memanggil bantuan tank dalam pertempuran, dan memanggil bantuan karakter spesial yang kuat seperti Burt Reynolds (bintang laga terkenal dari Holywood)!

review saints row the third jagatplay 013
Karakter Anda diperkuat dengan beragam skill yang dapat dibeli

Skill tertentu akan tersedia ketika Anda mencapai level yang dimintanya. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan skill yang kuat pada level rendah. Selain itu, Anda juga harus menyediakan uang untuk membeli skill tersebut. Harganya akan semakin mahal sebanding dengan tingkatannya. Misalnya, skill amunisi tingkat pertama hanya meminta uang 3000 saja. Namun, ia bisa meningkat menjadi 60000 pada tingkat tertinggi. Kesimpulannya, uang adalah hal terpenting dalam game ini. Oleh karena itu, jangan buang waktu untuk segera membeli beragam properti dan toko guna mendapatkan penghasilan tetap!

review saints row the third jagatplay 014
Bahkan Anda dapat meng-upgrade rumah perlindungan!

Pengembangan karakter ini mulanya memang tergolong membantu di awal dan pertengahan permainan. Namun, pada akhir permainan, tepatnya setelah Anda mencapai level 45 hingga 50, ia berubah menjadi cheat. Skill penambahan amunisi tingkat tertinggi membuat peluru yang Anda miliki menjadi tak terhingga! Setidaknya untuk satu jenis senjata saja. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat membuat semua jenis senjata menjadi tidak butuh peluru lagi! Begitu pula dengan ketahanan tubuh. Anda dapat membeli skill kebal peluru dan ledakan! Satu-satunya musuh Anda hanya Brute yang menyerang dengan pukulan. Selebihnya? Bukan masalah!

review saints row the third jagatplay 015
Rekrut anggota gang lain untuk membantu saat bertempur

Selain memperkuat karakter, Anda juga dapat memperkuat kendaraan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mendandani mobil atau motor dengan beragam tampilan yang menarik. Sebagai tambahan, Anda juga dapat meningkatkan ketahanannya terhadap serangan peluru, mempercepat lajunya, turbo boost, hingga ban anti bocor. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan kendaraan yang telah di-upgrade, misalnya bila mobil Anda meledak atau ditinggal. Kendaraan yang telah disimpan di garasi akan dapat terus digunakan!

review saints row the third jagatplay 016
Kendaraan yang Anda miliki tak terbatas di jalanan saja!

Beragam Misi Yang Menarik

Misi utama dalam Saints Row The Third sendiri sebenarnya sudah cukup menarik dan seru. Bayangkan, Anda dapat menemukan misi terjun dari pesawat yang meledak di udara, menghindari hujan api, dan tetap menembaki musuh yang mengejar! Untuk mendukung misi utama, Anda juga dapat menemukan beragam misi tambahan yang menarik.

review saints row the third jagatplay 017
Motor terbang!

Misi tambahan pada Saints Row The Third terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, Anda akan menemukan daftar orang yang perlu dibunuh. Jenis misi ini cukup sulit, sebab Anda harus memenuhi beragam persyaratan untuk memunculkan orang yang ingin diserang. Misalnya, Anda akan diminta untuk membawa mobil Limo untuk membuat target muncul atau membuat kekacauan di daerah tertentu. Setelah satu target dibunuh, biasanya pemberi misi akan memberikan misi lain yang berhubungan dengan misi sebelumnya. Cukup menarik!

Jenis misi kedua adalah mencuri mobil. Pada misi ini, Anda hanya diberikan daerah mobil tersebut berada saja, bukan posisi tepatnya. Jadi, Anda harus menjelajahi daerah itu untuk menemukannya. Untungnya, kendaraan target yang telah masuk jangkauan tertentu akan muncul di minimap. Setelah Anda mengambil kendaraan tersebut, bersiaplah untuk menghadapi kejar-kejaran yang penuh dengan tembakan senjata hingga mencapai tempat tujuan!

review saints row the third jagatplay 018
Tidak lengkap rasanya sebuah game action tanpa zombie!

Misi terakhir berbentuk beragam tantangan yang dapat Anda lakukan di dalam permainan, seperti menghancurkan 30 tank, mencuri beberapa ratus mobil, dan menembak kepala musuh. Selain ketiga jenis misi terebut, Anda juga terkadang mendapatkan misi dari telepon. Biasanya, misi melalui cara ini melibatkan pertempuran yang besar. Jadi, siapkan persenjataan Anda sebelum mengambilnya! Beragam aktivitas juga dapat Anda temukan di peta permainan, seperti Mayhem (mengumpulkan nilai dengan menghancurkan daerah tertentu), Heli Assault (melindungi rekan gang dari serangan musuh dengan menggunakan heli tempur), dan Escort (berkendara bersama harimau di samping Anda!). Untuk apa Anda mengambil semua misi tersebut? Ternyata, semua misi tersebut merupakan sumber tambahan untuk mendapatkan uang dan nilai respect!

review saints row the third jagatplay 019
Mode survival yang "berbeda"

Saints Row The Third juga menawarkan pengalaman bermain yang berbeda dengan adanya mode cooperation melalui jaringan System Link dan online. Selain itu, mode Whored (permainan survival) dengan tema yang konyol dapat mengundang gelak tawa bercampur rasa jijik. Mode ini dapat dimainkan bersama teman atau sendirian.

Kesimpulan

Saints Row The Third adalah game sandbox yang mencampur tema gang dengan komedi yang menarik untuk dimainkan. Beragam fitur yang tersimpan dalam dunia bebasnya akan mengundang Anda untuk terus bermain hingga mendapatkan semuanya! Bahkan, waktu bermain 30 hingga 40 jam tidak terasa berlalu begitu saja!

Kelebihan

  • Dunia sandbox yang bebas dijelajahi
  • Beragam jenis kendaraan dapat Anda gunakan
  • Kustomisasi karakter dan beragam skill
  • Kendaraan dan senjata dapat di-upgrade
  • Banyak misi tambahan
  • Kualitas tampilan lebih baik dari seri keduanya

Kekurangan

  • Perang gang kurang massal
  • Anggota gang tidak begitu membantu di kala bertempur
  • Upgrade skill tingkat tertinggi terkesan seperti cheat

Cocok Untuk Gamer

Menyukai game sandbox dan bertempur memperebutkan daerah.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Tidak menyukai kekerasan dan tema seksual.

Info

Publisher: THQ
Developer: Volition
Jenis: Action Sandbox
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi

www.saintsrow.com

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…