Review Binary Domain: Third Person Shooter yang Wajib Anda Mainkan!

Reading time:
February 29, 2012
Binary Domain 151

Melahirkan sebuah seri baru dari genre yang sudah dikenal luas memang bukan pekerjaan mudah. Berkompetisi dengan serangkaian franchise besar yang sudah mendominasi sejak awal membutuhkan strategi tersendiri, tidak terkecuali di dunia third person shooter. Menjadi sebuah kebutuhan untuk menghadirkan sebuah pengalaman yang jauh berbeda dibandingkan seri-seri lain yang sudah lama malang melintang. Jika mereka tidak mampu melakukan hal tersebut, maka mereka harus memunculkan sebuah kualitas yang jauh melampaui seri yang sudah ada. Dua hal yang sulit dilakukan ini ternyata berhasil oleh seri third person shooter terbaru dari SEGA – Binary Domain.

Anda yang sudah membaca preview kami sebelumnya, tentu memiliki sedikit gambaran tentang apa yang ditawarkan oleh Binary Domain. Game yang lahir dari tangan dingin developer yang berada di balik Yakuza ini memang menawarkan banyak hal yang berbeda, tidak hanya sekedar visualisasi, gameplay, tetapi berbagai elemen kecil lain yang secara mengejutkan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi keseluruhan pengalaman yang ada. Kesan pertama  yang ditawarkan Binary Domain memang mengejutkan, seolah melawan semua strereotype bahwa sebuah seri game baru seringkali menjadi sebuah game peniru tanpa kualitas. Binary Domain menabrak semua kelemahan itu.

Lantas apa yang membuat Binary Domain begitu berbeda? Kualitas seperti apa yang membuat judul di atas “Sebuah game Third Person Shooter yang Wajib Anda Mainkan!” menjadi pantas untuk diluncurkan dari mulut kami? You will be suprised by this game!

Plot

Binary Domain 91
Bumi yang terendam membuat pemerintahan dunia memutuskan untuk mengandalkan robot untuk membangun dunia kembali

Try for the best, but prepare for the worst! Ini mungkin ungkapan yang tepat untuk memandang masa depan umat manusia. Dari semua cerita fiksi yang muncul di film dan game, hampir semuanya memprediksikan bagaimana manusia akan menghadapi masa-masa sulit di masa depan dimana perang berkecamuk, alam yang hancur, atau invasi makhluk asing yang membuat manusia berada di ujung kepunahan. Binary Domain juga mengambil basis plot yang tidak jauh berbeda, namun dengan skala yang lebih kompleks. Tetapi untungnya, ia tidak jauh pada hal klise tentang kiamat akibat robot yang sadar diri.

Pada tahun 2040, pemanasan global membuat level air laut meningkat secara drastis, menenggelamkan hampir seluruh daratan di Indonesia. Namun manusia tidak lantas menyerah begitu saja dan menerima ini sebagai akhir dunia. Pemerintahan dan negara masih tetap berjalan dan dunia masih terus berputar. Negara-negara di dunia mulai membangun kembali struktur dengan gaya vertikal, di atas genangan air. Hampir tidak mungkin untuk melakukan pekerjaan ini dengan hanya mengandalkan kekuatan manusia sehingga penelitian terhadap teknologi robot pun dimulai secara intensif. Manusia berhasil bangkit dan membangun dunia kembali berkat bantuan para mekanik humanoid ini. 40 tahun setelahnya, dunia memiliki dua perusahaan robot terbesar di dunia: Bergen dan Amada yang saling bersaing ketat.

Binary Domain 631
Hollow Child - ketika manusia mulai bermain Tuhan dengan menggunakan teknologi
Binary Domain 831
"Rust Crew" yang legendaris

Dengan jumlah robot yang semakin menjamur di seluruh dunia, negara-negara dunia harus mulai mengatur apa yang boleh dan tidak untuk diterapkan pada teknologi ini. Sebuah pakta ditandatangani untuk memastikan bahwa tidak ada teknologi yang menyalahi etika dan melewati wewenang Tuhan. Namun nyatanya, di suatu hari di tahun 2080, sebuah kejadian yang ditakutkan akhirnya tiba di pintu gerbang Bergen. Sebuah robot yang menyerupai manusia dengan kesadaran sendiri dengan identitas semu sebagai manusia tiba-tiba menyerang dan menyalahkan Bergen atas insiden ini. Dunia pun bereaksi keras dan menaruh kecurigaan kepada perusahaan Amada di Jepang yang selama ini memang menganggap Bergen sebagai pencuri ide teknologi mereka. Dunia pun mengarahkan pasukan untuk menginvasi Jepang dan mencari otak di belakang pelanggaran pakta bersama ini.

Binary Domain 1041
Anda akan berperan sebagai Dan!

Sebuah tim bernama “Rust Crew” yang memang dibentuk untuk mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan pakta ini diluncurkan untuk memimpin penyelidikan ini. Anda akan berperan sebagai Dan, seorang mantan tentara Amerika yang ditugaskan bersama dengan tim dari negara lain untuk menyelediki keterlibatan Amada di balik kemunculan teknologi robot yang dikenal dengan sebutan “Hollow Child” ini. Siapakah pihak yang bertanggung jawab atas teknologi ini? Apa tujuan utama pihak ini melahirkan Hollow Child? Kejutan seperti apa yang menunggu Dan? Jawaban dari misteri ini harus Anda temukan dengan memainkan Binary Domain.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…