10 Game Paling Menarik Perhatian di E3 2012

Reading time:
June 7, 2012
e3 20121

Salah satu ajang eksibisi terbesar di industri game – Electronic Entertainment Expo (E3) 2012 telah menawarkan kejutan melebihi ekspektasi para gamer. Selain tiga produsen utama: Microsoft, Sony, dan Nintendo yang menampilkan segudang fitur baru dan game-game eksklusif, dua publisher raksasa: EA dan Ubisoft juga menyelenggarakan event mereka sendiri dan memperkenalkan berbagai seri lanjutan dan judul game baru yang akan bergabung di masa depan. Dengan begitu banyaknya game yang “berkompetisi” untuk menjadi yang terbaik di E3 2012, game mana saja yang terhitung paling berhasil menarik perhatian dunia?

Memilih 10 game dari berpuluh-puluh game berkualitas yang diperkenalkan di E3 2012 ini memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Kualitas menjadi sebuah indikator yang tidak sekedar menggambarkan popularitas seri baru dari franchise yang sudah sukses, tetapi lebih kepada kemampuan untuk menawarkan elemen-elemen unik yang belum pernah dicapai dan ditawarkan oleh franchise game lain sebelumnya. Keunikan ini bisa dari segi gameplay, musik, konsep, bahkan visualisasi sekalipun. Secara menakjubkan, ajang E3 tahun ini menawarkan cukup banyak “kualitas” seperti ini. Namun harus diakui, hanya beberapa saja yang memiliki kekuatan untuk membuat hasrat dan adrenaline Anda sebagai gamer berpacu kencang. Game-game seperti inilah yang kami kategorikan sebagai yang paling menarik perhatian.

Lantas, 10 game apa saja yang paling menarik perhatian di ajang E3 2012 ini?

10. Need For Speed: Most Wanted

nfs most wanted

Seperti yang sudah pernah dirumorkan sebelumnya, EA secara resmi memperkenalkan versi reboot dari Need For Speed: Most Wanted, yang tidak hanya datang dengan visualisasi baru yang lebih mumpuni, tetapi juga mekanisme gameplay yang “diklaim” lebih menarik. Campur tangan Criterion yang melahirkan franchise Burnout menghasilkan atmosfer gameplay serupa yang kentara. Need for Speed: Most Wanted datang dengan konsep open-world racing dan Racing Without Rules – dimana Anda dapat menghancurkan begitu banyak objek, mencari jalan rahasia, dan merusak mobil lawan yang ada. Selain itu, EA juga menjanjikan pengalaman multiplayer yang lebih baik dan konsisten.

9. God of War: Ascension

god of war ascension

Kratos hadir kembali dalam sebuah seri game God of War terbaru – Ascension. Franchise eksklusif Playstation 3 ini memang akan menjadi prekuel yang menceritakan kisah Kratos sebelum seri God of War pertama. Mengapa seri ini begitu menarik? Walaupun trailer terbaru yang diperlihatkan di E3 2012 ini tidak memperlihatkan banyak hal yang baru dari segi gameplay, namun Ascension tetap mampu menghadirkan atmosfer epik yang selama ini membuat banyak gamer jatuh hati padanya. Kratos tetap datang dengan brutalitas dan gaya-gaya serangan yang memanjakan mata. Tidak perlu diragukan lagi, Ascension memiliki kualitas yang pantas untuk diantisipasi.

8. Assassin’s Creed III

assassins creed iii first gameplay12

Apa yang menarik dari AC III? Bukankah ia kini menjadi franchise tahunan yang selalu menawarkan konsep permainan yang serupa? Sikap skeptis yang sama juga sempat kami luncurkan ketika Ubisoft pertama kali memperkenalkan seri yang akan mengusung karakter utama – Connor ini. Namun nyatanya, E3 2012 memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang seri terbaru ini. Dunia dan timeline baru yang diusung di AC III memberikan kebebasan ekstra bagi Ubisoft untuk membangun elemen dan gameplay yang selama ini tidak bisa mereka lakukan di zaman Ezio dan Altair. Hasilnya? Anda bahkan bisa merasakan epicness tersendiri hanya dari trailernya saja.

7. HALO 4

halo 4 e3 2012

Konferensi pers E3 yang diselenggarakan Microsoft tahun ini memang harus diakui, terkesan hambar. Bagaimana tidak? Hampir tidak ada “hal baru” yang mereka tawarkan selain konsep XBOX SmartGlass yang masih tumbuh dalam sebatas konsep. Lantas bagaimana dengan game nya sendiri? Microsoft “hanya” menghadirkan Gears of Wars dan HALO sebagai senjata utama mereka untuk merebut pasar dalam beberapa tahun ke depan. Namun harus diakui, 343 Industries yang ditunjuk oleh Microsoft untuk menangani seri HALO 4 berhasil melakukan tugas yang superb. Lewat trailer gameplay yang ada, HALO 4 tampil memesona lewat balutan visualisasi yang jauh lebih mumpuni dibandingkan seri-seri sebelumnya. Dan seperti yang sudah dapat diprediksikan sebelumnya, Master Chief tetap memperlihatkan kharisma dan kemampuan perang yang pantas untuk diacungi jempol. Sayangnya, ada segudang game lain yang mampu dengan mudahnya “meredupkan” bintang HALO 4 tahun ini.

6. ZombiU

zombiu

Dari semua game yang ditawarkan oleh Nintendo di ajang E3 2012, hanya ZombiU yang mampu tampil sebagai sebuah game eksklusif Wii-U yang menarik. Selain memanfaatkan fungsi gamepad Wii-u yang unik secara maksimal, ZombiU juga tampil sebagai sebuah game yang menarik dari sisi gameplay. Berbeda dengan sebagian besar game zombie yang berbeda di industri game saat ini, ZombiU menawarkan “realisme” sebagai unsur utama yang dijual. Anda bisa melihatnya sebagai sebuah game kombinasi antara Left 4 Dead + Dead Island + Demon Soul. Demon Soul? Salah satu game tersulit tersebut? Benar sekali, mengusung slogan “How Long Can You Survive?”, Anda hanya butuh satu gigitan Zombie untuk menikmati layar game-over di ZombiU. Wow!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…