E3 2012: Apa yang Ditawarkan oleh Sony?

Reading time:
June 5, 2012
playstation booth

Mata sebagian besar gamer di seluruh dunia saat ini tentu saja menuju ke arah Electronic Entertainment Expo (E3) yang kini sedang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat. Sebagai salah satu ajang eksibisi game terbesar di dunia, E3 memang menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan update-update terbaru dari para developer, publisher, dan produsen yang terkait dengannya. Setelah pembukaan “epik” yang dilakukan oleh Microsoft melalui judul-judul eksklusif dan judul-judul besar lainnya yang ditawarkan oleh  developer pihak ketiga, kini giliran sang pesaing – Sony yang membuktikan diri.

Tahun 2012 memang bukan tahun yang mudah untuk Sony. Playstation Vita yang dharapkan menjadi tulang punggung ternyata belum mencapai tingkat kesuksesan yang memuaskan. Penurunan saham dan kerugian besar yang terus melanda membuat saham Sony jatuh ke tingkat terendah semenjak tahun 1984. Namun, “musibah” yang terjadi sehari sebelum hari penyelenggaraan E3 ini tidak membuat Sony Entertainment kehilangan sentuhan “magis”nya. Dibandingkan dengan press con yang diselenggarakan Microsoft, Sony mampu membangun atmosfer yang jauh lebih positif dan epic. Semuanya berkat pengumuman judul-judul eksklusif baru yang luar biasa. Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh Sony di ajang E3 2012 ini?

Beyond – Two Souls: Mahakarya Terbaru dari Quantic Dreams

beyond two souls1

 

Hampir semua gamer Playstation 3 tentu mengenal nama besar Heavy Rain, sebuah seri interaktif yang tidak hanya mengusung visualisasi yang fantastis, tetapi juga plot yang mampu membuat gamer terserap dalam emosi yang unik. Setelah sempat memperkenalkan engine terbaru mereka lewat demo KARA, Quantic Dreams – developer yang bertanggung jawab atas seri ini, datang dengan sebuah kejutan baru. Lewat press con ini mereka memperkenalkan sebuah judul eksklusif Playstation 3 yang baru – Beyond: Two Souls. Anda akan menyelami kehidupan Jodie Holmes semenjak ia kecil hingga tumbuh dewasa. Bukan sekedar gadis biasa, Holmes memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan makhluk, yang disebut Quantic Dreams, sebagai entitas yang tidak terlihat. Selain mengusung engine baru yang lebih mumpuni, Beyond diklaim akan tampil sebagai sebuah game unik yang akan memainkan emosi para gamer. Yang lebih luar biasa? Karakter Jodie Holmes ini akan diperankan oleh aktris Ellen Page. Wow!

Fitur Cross-Compatible PS3 & PS Vita: Demo Lewat Playstation All-Star Battle Royale!

playstation all star battle royale
Dua orang memainkan Playstation Battle Royale ini dengan kontroler PS3, sementara 2 lainnya memainkannya dengan PS Vita. Inilah konsep Cross-Compatible (Cross-Play)

Sony memang sudah mengkonfirmasikan kehadiran sebuah game fighting fun dengan konsep yang menyerupai Super Mario Brawl dari Nintendo. Bedanya? Ia akan menghadirkan segudang karakter-karakter ikonik yang pernah bergabung di dalam dunia “magis” Sony Playstation. Demo gameplay yang diselenggarakan di ajang ini memperlihatkan beberapa karakter seperti Kratos, Fat Princess, dan Sweettooh. Namun game ini yang menjadi fokus. Lewat demo yang sama pulalah, Sony memperkenalkan sebuah fitur baru bernama “CROSS – PLAY” yang memungkinkan gamer pengguna PS Vita dan Playstation 3 untuk bergabung di dalam game yang sama dan saling berkompetisi. Playstation All-Star Battle Royale akan menjadi game pertama yang mengusung fitur ini dan disusul dengan Little Big Planet 2. Ini tentu menjadi alasan ekstra bagi para gamer untuk membeli semua produk Sony sebagai satu kesatuan pusat hiburan yang saling terintegrasi. Selain itu, Playstation All-Star Battle Royale juga memperkenalkan dua karakter baru yang akan bergabung: Nathan Drake dari Uncharted dan Big Daddy dari Bioshock.

PS Vita Dapatkan Dua Judul Game Eksklusif!

cod blackops declassified ac 3 liberation1

Popularitas PS Vita memang harus diakui tidak berada dalam kondisi terbaiknya. Harga yang terhitung mahal dan game eksklusif yang masih terhitung minim menjadi alasan di balik kelesuan pasar handheld teranyar ini. Namun Sony tentu tidak berpangku tangan melihat fenomena yang penuh dengan aura negatif ini. Mereka memperkenalkan dua judul game eksklusif baru yang akan menghampiri PS Vita di tahun 2012 ini. Game pertama adalah Call of Duty: Black Ops Declassified yang sayangnya, tidak mendapatkan trailer atau teaser sama sekali. Game kedua? Adalah seri Assassin’s Creed yang sempat kita bahas sebelumnya – Liberation. Walaupun mengusung karakter utama yang berbeda, AC III tetap datang dengan mekanisme gameplay yang serupa. Benar sekali, Anda akan menemukan dunia open-world yang sama epiknya dengan AC III versi konsol di perangkat handheld ini. AC III: Liberation sendiri direncanakan akan dirilis pada Oktober 2012 mendatang.

Simak Pertempuran Laut yang Epik di Assassin’s Creed III

ac 3 naval warfare

Ubisoft tampaknya akan menjadi developer yang “dekat” dengan Sony di tahun 2012 ini. Selain mengumumkan AC III: Liberation secara resmi untuk PS Vita, Ubisoft juga tidak melewatkan kesempatan ini untuk memperlihatkan demo gameplay Assassin’s Creed III yang jauh berbeda dibandingkan dengan gameplay AC III yang selama ini hanya kita lihat lewat teaser dan trailer. Perang Revolusi Amerika tidak hanya membawa Connor bertempur di darat, tetapi juga laut yang ganas. Walaupun tidak datang dengan plot yang jelas, demo ini memperlihatkan Connor – sang karakter utama dari seri ini sebagai seorang kapten kapal perang masa lampau. Sembari mengarungi lautan, kapal yang dipimpin oleh Connor harus berhadapan dengan kapal-kapal perang lain dalam sebuah pertempuran yang epik. Dentuman puluhan meriam dan ledakan yang membahana tampil semakin “manis” dengan efek badai yang membuat lautan bergerak dinamis. Luar biasa!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…