Review Battlefiled 3: Armored Kill (DLC)

Reading time:
September 19, 2012
battlefield 3 armored kill

Komitmen EA dan DICE untuk tetap “menghidupkan” Battlefield 3 hingga beberapa bulan ke depan memang tidak main-main.  Walaupun sudah mengkonfirmasikan kehadiran Battlefield 4 yang rencananya akan dirilis tahun depan, EA masih tetap menjadikan seri ketiganya ini sebagai primadona di dunia FPS military shooter. Hal ini dibuktikan dengan dirilisnya multiplayer expansion pack yang baru setelah dua DLC sebelumnya yang terhitung sukses. Setelah memperkuat kesan nostalgia lewat Back to Karkand dan pertempuran jarak dekat lewat Close Quarters, Battlefield 3 kini hadir dengan Armored Kill yang akan berfokus pada pertempuran kendaraan. Sebuah kesempatan untuk menikmati Battlefield dalam skala yang jauh lebih masif. Hal baru apa saja yang ditawarkan di dalamnya?

The Epic AC-130 Gunship!

Apa yang membuat kami jatuh cinta pada pandangan pertama dengan DLC Battlefield yang satu ini? Beberapa trailer dan screenshot perkenalannya memang mengesankan pertempuran yang epik, namun tidak ada yang lebih memesona dan memanjakan mata selain aksi brutal dari AC-130 Gunship-nya! Pesawat yang dikendalikan AI ini memang menjadi privilege yang pantas untuk diantisipasi dari Armored Kill. Dia menjadi satu dari banyak alasan yang membuat DLC ini tampil begitu epik. Dengan dua orang yang memegang kendali cannon dan flare untuknya, AC-130 Gunship ini menjelma menjadi lambang air superiority, malaikat kematian bagi tim lawan. Oleh karena itu, ia seringkali menjadi target utama untuk dihancurkan.

armored shield 9
Epic AC-130 Gunship is epic!
Alborz Mountains 50
Tampak dari dalam AC-130 Gunship ketika Anda berkesempatan melakukan mounting senjatanya.

Selain AC-130, Armored Kill juga menyediakan beberapa kendaraan baru yang epik, baik dari yang ringan hingga yang berat. Anda akan menemukan varian tank, ATV, hingga mobile artillery yang destruktif. Sesuai dengan nama DLC nya sendiri, EA dan DICE berhasil menjadikan DLC ini sebagai ajang pembantaian berbasis kendaraan. Mereka bahkan menyediakan mode baru – Tank Superiority, yang akan menuntut Anda untuk terlibat dalam pertempuran antar tank untuk meraih kemenangan.

Map Baru yang Super Luas – Malapetaka bagi Infantry!

DICE tidak mungkin menciptakan atmosfer pertarungan yang lebih masif dan epik tanpa menyediakan map-map baru yang dapat menampung semua kendaraan baru yang destruktif ini. Apalagi mereka tidak hanya sekedar menambah varian, tetapi juga menambah kuantitas kendaraan yang dapat digunakan di Armored Kill. Untungnya, hal ini berhasil dilakukan dengan sangat baik oleh DICE dengan merilis empat map baru yang super luas: Alborz Mountains, Armored Shield, Bandar Desert, dan Death Valley. Keempat arena ini seolah menjadi identitas yang mendefinisikan sebuah seri Battlefield 3 yang sebenarnya, sebuah kekuatan yang membuat mode multiplayernya jauh berbeda dengan game-game FPS kompetitor yang lain. Bandar Desert bahkan menjadi map terbesar dan terluas yang pernah diciptakan di sejarah Battlefield.

armored shield2 22
Tidak hanya tank baru, Armored Kill kini juga menyediakan jajaran kendaraan mobile artillery yang destruktif..
armored shield2 2
Ini hanyalah sebagian kecil dari map Armored Shield yang ditawarkan. Luas? Map ini bahkan tidak dapat dibandingkan dengan Bandar Desert. Tidak perlu diragukan lagi, map super luas ini akan menjadi malapetaka bagi para pasukan Infantry..

Keempat map super luas ini memang akan mengakomodasi kebutuhan perperangan kendaraan dengan tepat, namun menjadi mimpi buruk bagi para pasukan infantry. Melakukan respawn di tempat yang salah atau gagal ikut dalam kendaraan tertentu akan memaksa Anda untuk berjalan kaki dalam jarak yang sangat jauh. Anda akan kehilangan momen-momen menegangkan yang mungkin sedang terjadi selama Anda hanya sekedar berlari menuju ke area pertempuran. Parahnya lagi? Dengan semua kendaraan yang ada, infantry harus diakui merupakan sasaran yang paling empuk. Tank, helikopter, pesawat, dan AC-130 yang berputar terus-menerus seolah menjadi hukuman mati yang dapat mencabut nyawa Anda setiap saat. Kondisi seperti ini akan memaksa Anda untuk berpikir lebih strategis sebelum bertindak dan berusaha membunuh apapun yang berada di depan mata Anda. It sucks to be an infantry in this Armored Kill!

Kami juga sudah menyediakan beberapa screenshot “fresh from oven” untuk membantu Anda mendapatkan gambaran se-epik apa pertempuran yang ditawarkan oleh Armored Kill ini.

Albroz Mountains

Alborz Mountains 13 Alborz Mountains 14 Alborz Mountains 181 Alborz Mountains 23 Alborz Mountains 35 Alborz Mountains 58 Alborz Mountains 63 Alborz Mountains 66

 

Armored Shield

armored shield 10 armored shield 15 armored shield 21 armored shield 27 armored shield 29 armored shield2 7 armored shield2 12 armored shield2 18
Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…
June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…

PlayStation

June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…