Review Battlefiled 3: Armored Kill (DLC)

Reading time:
September 19, 2012

Komitmen EA dan DICE untuk tetap “menghidupkan” Battlefield 3 hingga beberapa bulan ke depan memang tidak main-main.  Walaupun sudah mengkonfirmasikan kehadiran Battlefield 4 yang rencananya akan dirilis tahun depan, EA masih tetap menjadikan seri ketiganya ini sebagai primadona di dunia FPS military shooter. Hal ini dibuktikan dengan dirilisnya multiplayer expansion pack yang baru setelah dua DLC sebelumnya yang terhitung sukses. Setelah memperkuat kesan nostalgia lewat Back to Karkand dan pertempuran jarak dekat lewat Close Quarters, Battlefield 3 kini hadir dengan Armored Kill yang akan berfokus pada pertempuran kendaraan. Sebuah kesempatan untuk menikmati Battlefield dalam skala yang jauh lebih masif. Hal baru apa saja yang ditawarkan di dalamnya?

The Epic AC-130 Gunship!

Apa yang membuat kami jatuh cinta pada pandangan pertama dengan DLC Battlefield yang satu ini? Beberapa trailer dan screenshot perkenalannya memang mengesankan pertempuran yang epik, namun tidak ada yang lebih memesona dan memanjakan mata selain aksi brutal dari AC-130 Gunship-nya! Pesawat yang dikendalikan AI ini memang menjadi privilege yang pantas untuk diantisipasi dari Armored Kill. Dia menjadi satu dari banyak alasan yang membuat DLC ini tampil begitu epik. Dengan dua orang yang memegang kendali cannon dan flare untuknya, AC-130 Gunship ini menjelma menjadi lambang air superiority, malaikat kematian bagi tim lawan. Oleh karena itu, ia seringkali menjadi target utama untuk dihancurkan.

Epic AC-130 Gunship is epic!
Tampak dari dalam AC-130 Gunship ketika Anda berkesempatan melakukan mounting senjatanya.

Selain AC-130, Armored Kill juga menyediakan beberapa kendaraan baru yang epik, baik dari yang ringan hingga yang berat. Anda akan menemukan varian tank, ATV, hingga mobile artillery yang destruktif. Sesuai dengan nama DLC nya sendiri, EA dan DICE berhasil menjadikan DLC ini sebagai ajang pembantaian berbasis kendaraan. Mereka bahkan menyediakan mode baru – Tank Superiority, yang akan menuntut Anda untuk terlibat dalam pertempuran antar tank untuk meraih kemenangan.

Map Baru yang Super Luas – Malapetaka bagi Infantry!

DICE tidak mungkin menciptakan atmosfer pertarungan yang lebih masif dan epik tanpa menyediakan map-map baru yang dapat menampung semua kendaraan baru yang destruktif ini. Apalagi mereka tidak hanya sekedar menambah varian, tetapi juga menambah kuantitas kendaraan yang dapat digunakan di Armored Kill. Untungnya, hal ini berhasil dilakukan dengan sangat baik oleh DICE dengan merilis empat map baru yang super luas: Alborz Mountains, Armored Shield, Bandar Desert, dan Death Valley. Keempat arena ini seolah menjadi identitas yang mendefinisikan sebuah seri Battlefield 3 yang sebenarnya, sebuah kekuatan yang membuat mode multiplayernya jauh berbeda dengan game-game FPS kompetitor yang lain. Bandar Desert bahkan menjadi map terbesar dan terluas yang pernah diciptakan di sejarah Battlefield.

Tidak hanya tank baru, Armored Kill kini juga menyediakan jajaran kendaraan mobile artillery yang destruktif..
Ini hanyalah sebagian kecil dari map Armored Shield yang ditawarkan. Luas? Map ini bahkan tidak dapat dibandingkan dengan Bandar Desert. Tidak perlu diragukan lagi, map super luas ini akan menjadi malapetaka bagi para pasukan Infantry..

Keempat map super luas ini memang akan mengakomodasi kebutuhan perperangan kendaraan dengan tepat, namun menjadi mimpi buruk bagi para pasukan infantry. Melakukan respawn di tempat yang salah atau gagal ikut dalam kendaraan tertentu akan memaksa Anda untuk berjalan kaki dalam jarak yang sangat jauh. Anda akan kehilangan momen-momen menegangkan yang mungkin sedang terjadi selama Anda hanya sekedar berlari menuju ke area pertempuran. Parahnya lagi? Dengan semua kendaraan yang ada, infantry harus diakui merupakan sasaran yang paling empuk. Tank, helikopter, pesawat, dan AC-130 yang berputar terus-menerus seolah menjadi hukuman mati yang dapat mencabut nyawa Anda setiap saat. Kondisi seperti ini akan memaksa Anda untuk berpikir lebih strategis sebelum bertindak dan berusaha membunuh apapun yang berada di depan mata Anda. It sucks to be an infantry in this Armored Kill!

Kami juga sudah menyediakan beberapa screenshot “fresh from oven” untuk membantu Anda mendapatkan gambaran se-epik apa pertempuran yang ditawarkan oleh Armored Kill ini.

Albroz Mountains

 

Armored Shield

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…