10 Armor Video Game Terkeren Sepanjang Masa

Reading time:
November 8, 2012
dark souls

Diakui ataupun tidak, visualisasi memang memainkan peranan yang cukup penting untuk memastikan sebuah video game dapat menghasilkan pengalaman paling maksimal. Visualisasi karakter dan lingkungan seringkali menjadi titik impresi untuk menilai kualitas sebuah game, bahkan sebelum gamer menjajal isi gameplay-nya sendiri. Namun kepuasan tidak hanya didapatkan dari sekedar detail yang memanjakan mata, tetapi juga dari kemampuan para developer untuk menciptakan desain karakter yang ikonik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya, tentu saja dengan menyematkan desain armor unik yang kemudian tumbuh menjadi identitas masing-masing karakter ini. Dari konsep seperti inilah, video game berhasil menghadirkan desain-desain armor terbaik yang pernah muncul di industri game.

Game logic. Ini mungkin menjadi kata pertama yang paling tepat untuk mendeskripsikan armor-armor yang bertebaran di industri game. Walaupun seringkali datang dengan desain yang luar biasa menarik, kebenaran fungsinya secara nyata tentu saja sangat dipertanyakan. Salah satu contohnya? Bagaimana armor-armor dalam ukuran yang bulky seringkali tidak menurunkan tingkat agilitas para karakter. Atau bagaimana developer seringkali menekankan konsep absurd, dimana semakin terbuka armor karakter wanita, semakin kuat pula ia mampu menahan serangan. Namun, bukan hal tersebut yang akan kita tekankan di artikel kali ini. What we need to focus on, merely the design!

Jadi, dari semua armor yang pernah diciptakan di industri game, armor mana saja yang menurut kami pribadi, paling keren?

10. Big Daddy (Bioshock)

big daddy bioshock

Apa yang menarik dari sebuah kostum selam besi masa lampau yang satu ini? Bulky dan terlihat berat, memang terlihat mengancam, apalagi dengan tangan bor-nya yang siap untuk mencabik tubuh Anda menjadi kepingan dalam sekejap. Sebagai salah satu pondasi yang membangun Rapture di dua seri awal Bioshock, eksistensi Big Daddy sendiri masih terhitung misterius. Setelah melalui serangkaian manipulasi genetika, Big Daddy menjadi jajaran “pasukan” yang memang didesain untuk menarik dan melindungi The Little Sisters saat mengumpulkan ADAM. Tidak perlu bertemu dengannya langsung, mendengarkan derap kaki besinya di kejauhan saja sudah cukup untuk membuat setiap gamer panik dan mempersiapkan diri.

9. N7 Armor (Mass Effect)

n7 armor

Anda yang pernah mencicipi franchise epik Mass Effect tentu tidak asing lagi dengan armor yang satu ini. Benar sekali, N7 armor merupakan armor default milik Captain Shepard, jagoan utama yang ditakdirkan untuk menyelamatkan semesta dari kepunahan ini. Berbeda dengan sebagian besar developer yang seringkali memilih desain bulky untuk menciptakan kesan maskulin pada sosok sang karakter utama, Bioware memutuskan untuk menyuntikkan desain yang lebih “masuk akal” untuk Shepard. N7 Armor tidak hanya menawarkan perlindungan lewat lapisan ablative ceramic-nya, tetapi juga kemampuan untuk bermanuver dengan cepat lewat desainnya yang melekat pada tubuh dan ringan. Sebuah helm untuk perlindungan lebih maksimal juga disematkan untuknya.

8.  Varia Suit (Metroid Prime)

varia suit

Siapa bilang wanita tidak bisa menjadi karakter utama yang mampu membawa Anda dalam pertempuran paling brutal dan menegangkan di industri game? Samus Aran, karakter ikonik dari franchise eksklusif Nintendo – Metroid sudah membuktikan hal ini. Untungnya, Samus memiliki armor andalan yang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari identitasnya sendiri. Adalah Varia Suit, sebuah armor yang terhitung bulky, dengan shoulder pads bulatnya yang unik dan warna emasnya yang mencolok, yang telah menjadi andalan Samus selama ini. Selain desainnya yang luar biasa, Varia Suit juga melindungi Samus dari begitu banyak bahaya yang mengancam nyawa. Varia suit melindungi Samus dari panas ekstrim, ULF 68, asam, mengurangi damage yang diterima, meningkatkan kecepatan dan kekuatan fisik, dan menyerap Blue X Parasites.

7. Judge Magister Gabranth (Final Fantasy XII)

gabranth

Dari semua seri Final Fantasy, setting bertema “medieval” yang ditawarkan oleh Final Fantasy XII tentu saja menawarkan desain armor yang lebih banyak dibandingkan seri-seri yang lain. Armor-armor yang dikenakan oleh kelompok antagonis – para Judge di seri ini memang tampil begitu memesona, namun salah satu yang terbaik, dikenakan oleh Gabranth. Dengan nama asli Noah fon Ronseburg, Gabranth merupakana salah satu Judge yang cukup disegani. Dengan helmnya yang bertanduk dan armornya yang terkesan kokoh, serta motif engrave yang elegan, armor ini tidak hanya sekedar melindungi Gabranth dari serangan fisik, tetapi juga  memperkuat eksistensinya sebagai seorang Judge. Desain yang luar biasa.

6. RIG (Dead Space)

RIG

RIG atau Resource Integration Gear, merupakan armor default untuk karakter utama dari Dead Space – Isaac Clarke. Berbeda dengan armor game lain yang memang didesain sebagai benteng pertahanan untuk perang, RIG sebenarnya merupakan kostum bagi para penambang material di luar angkasa. Desainnya yang kokoh ditujukan untuk melindungi para penambang dari lingkungan yang mungkin saja mengancam nyawa. Dengan indikator yang terlihat jelas, para penambang juga dapat memantau tingkat kesehatan mereka masing-masing. RIG juga didesain untuk memberikan kekuatan fisik ekstra untuk mereka yang mengenakannya. Di tangan Clarke yang di kala itu terdesak, RIG diubah menjadi armor andalan untuk menaklukkan para Necromorphs.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…