10 Skenario Kiamat Paling Populer Menurut Video Game

Reading time:
December 21, 2012

5. Giant Monsters

Kingdom of Amalur Reckoning 161 Asuras Wrath 1391

Bagaimana jika manusia harus berhadapan dengan kekuatan yang berada di luar batas kemampuannya? Sebagian besar game memang menghadirkan Dewa atau Tuhan untuk mewakili kekuasaan yang suilit tertandingi ini. Namun tidak sedikit game yang juga memvisualisasikannya sebagai monster berukuran masif yang mampu menghancurkan seluruh umat manusia dan meratakan dunia hanya karena mereka ingin melakukannya. Karakter utama biasanya merupakan orang-orang terpilih yang secara digambarkan memiliki kekuatan yang setara atau berpotensi untuk mengalahkan monster-monster besar ini. Salah satu game yang menjadikan cerita seperti ini sebagai tema? Lihat saja ukuran Vithra – Gohma dengan kekuatan tak terbatas yang ada di Asura’s Wrath.

4. Nuclear War

nuclear bomb explosion wide modern warfare nuclear bomb1

Jika kita membicarakan skenario yang paling mungkin terjadi untuk menjadi bagian dari akhir dunia, maka pemanfaatan teknologi perang yang sudah dapat diakses saat ini menjadi skenario yang paling masuk akal. Perebutan pengaruh negara-negara adikuasa di dunia tidak jarang berujung pada ancaman dan penggunaan kekuatan militer dengan teknologi terkini dengan efek yang luar biasa destruktif. Yang memuncaki tangga sebagai senjata yang paling berbahaya? Tentu saja senjata-senjata nuklir yang mampu meratakan sebuah kota dan membunuh ratusan ribu manusia lainnya hanya dalam hitungan menit. Di tahun 1945, dunia menyaksikan secara langsung Nagasaki dan Hiroshima yang menjadi bukti nyata. Bayangkan kemampuan yang mampu ditunjukkan oleh teknologi persenjataan ini saat ini, enam puluh tahun setelahnya! Senjata nuklir tentu datang dengan kekuatan berkali-kali lipat yang akan memastikan segalanya hancur. Ketika Anda melihat senjata ini jatuh di ufuk yang jauh, ada baiknya Anda langsung menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda sayangi. Fallout dan Call of Duty merupakan franchise yang dikenal menggambarkan kondisi ini dengan baik.

3. Invasi Aliens

war of the worlds Mass Effect 3 28

Dari ratusan juta galaksi yang memuat ratusan juta sistem bintang dan ribuan planet di dalamnya, probabilitas bahwa ada kehidupan di luar angkasa selain manusia harus diakui sangatlah tinggi. Walaupun belum ada kontak yang pasti hingga saat ini, namun kemungkinan bahwa ada makhluk luar angkasa dengan kecerdasan dan teknologi yang jauh lebih tinggi daripada manusia memang terbuka lebar. Masalahnya hanyalah satu, apakah mereka akan datang untuk tujuan damai atau untuk menakhlukkan dan membinasakan peradaban yang lebih terbelakang dibandingkan mereka. Dari semua cerita yang ada di video game, opsi kedua memang lebih masuk akal. Game-game seperti Killzone, Crysis, dan Mass Effect memberikan gambaran yang jelas bagaiamana eksistensi manusia begitu rentan ketika berhadapan dengan alien dengan teknologi yang lebih tinggi.

2. Megalomaniac

hitler

kefka

Megalomaniac? Mungkin beberapa dari Anda masih begitu asing dengan istilah psikologi yang satu ini. Megalomaniac merupakan kondisi psikologis dimana seseorang memiliki delusi (kepercayaan yang salah) bahwa dirinya adalah seseorang yang omnipoten, seseorang yang memiliki kemampuan tanpa batas dan mampu melakukan apa saja. Anda yang begitu familiar dengan industri game sudah pasti pernah menemukan sosok musuh utama seperti ini, terutama dari game-game RPG. Sosok Megalomaniac di video game sering dideskripsikan sebagai orang-orang egois yang dengan segala cara berusaha untuk menguasai dunia atau untuk menghancurkan dan membinasakan mereka, walaupun harus mengorbankan banyak pihak dan nyawa. Salah satu sosok paling fenomenal? Kefka dari Final Fantasy VI yang ingin menghancurkan dunia hanya karena ia merasa senang dengan “kekosongan”.

1.  Virus Attack

zombie resident evil zombie

Lantas, skenario kiamat apa yang paling populer di industri game? Dari semua alternatif yang ada, bocornya “senjata-senjata biologis” untuk keperluan militer seringkali menjadi alasan dibalik kehancuran manusai sebagai spesies. Senjata virus ini sering digambarkan mampu mengubah perilaku manusia menjadi semacam binatang yang bertindak atas insting dan kebutuhan naluriah tanpa akal. Akibatnya? Dunia akan kehilangan pondasi peradaban dan berubah menjadi kerajaan binatang “primata” yang haus darah. Banyak game yang menggunakan Virus seperti ini sebagai tema utama. Yang paling terkenal? Tentu saja franchise Resident Evil yang menjadikan virus dan zombie sebagai plot utama yang berhasil membuat game ini lahir dalam beberapa seri. Mungkinkah hal ini terjadi masa depan? Selain perang nuklir, lahirnya virus berbahaya rekayasa genetika mungkin menjadi penyebab paling masuk akal untuk terjadi di dunia saat ini.

Sekian adalah 10 skenario kiamat yang paling populer di video game. Namun pada akhirnya, karakter utama yang ada seringkali dideskripsikan sebagai yang selamat, yang bertahan, atau bahkan mampu menyelamatkan dunia dari semua skenario menyeramkan di atas. Jangan ragu untuk memberikan saran, kritik, dan komentar jika menurut Anda ada skenario yang pantas untuk masuk ke dalam list di atas dan terlewatkan. Feel free to comment!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…