Sony Jadikan Waktu Loading Sebagai Sistem Anti-Bajakan?

Reading time:
February 26, 2013

piracy

Dari semua perang yang harus dilakoni oleh para produsen konsol terbesar di industri game selama ini, pembajakan memang boleh terbilang sebagai musuh yang terbesar. Perang kepentingan yang tidak hanya sekedar didasarkan pada masalah uang ini terus berlarut-larut, dengan satu pihak berusaha untuk menundukkan yang lainnya. Secara logis pembajakan memang selalu berujung pada penjualan konsol yang lebih sukses, namun membuat sebuah platform tidak menarik di mata para developer dan publisher. Oleh karena itu, produsen tidak memiliki banyak pilihan selain terus menyempurnakan sistem ini. Keberhasilan untuk mempertahankan orisinalitas Playstation 3 dalam waktu yang lama ternyata tidak membuat Sony puas. Sebuah sistem anti bajakan baru tampaknya tengah dipersiapkan untuknya.

Diterapkan untuk Playstation 4? Sony sendiri memang belum memberikan konfirmasi apapun. Namun salah user di forum game ternama – NeoGaf menemukan sebuah paten keamanan yang sudah didaftarkan secara resmi. Sony mematenkan sistem keamanan baru yang disebut sebagai “Benchmark Measurement For Legitimate Duplication Validation”  yang super unik. Berbeda dengan sistem keamanan konsol selama ini, paten ini akan menjadikan waktu loading yang dibutuhkan untuk memainkan sebuah game sebagai penentu apakah sebuah game dihitung sebagai game original atau bajakan. Ketika waktu yang dibutuhkan pada setiap langkah tidak cocok dengan waktu yang ditetapkan Sony, maka konsol akan langsung berhenti bekerja.

anti bajakan baru sony
Sistem bajakan baru ini akan menjadikan waktu loading sebagai validasi apakah sebuah game terbaca sebagai game original atau bajakan..

Apakah ini akan menjadi sistem keamanan baru untuk semua produk gaming terbaru Sony di masa depan? Memang belum ada kepastian. Pertanyaan besarnya tentu saja sama, apakah sistem besar kompleks seperti ini akan membuat para hacker patah arang dan menyerah untuk “mengganggu” Sony? The war is never over, fellas..

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…