Review Crysis 3: Ajang Pamer Kemampuan Visual!

Reading time:
February 28, 2013

Multiplayer, Seberapa Baik?

Crysis 3 multiplayer 1
Untuk sebuah game yang baru dirilis tidak lebih dari sebulan, Crytek gagal memperlihatkan dukungan multiplayer yang memadai.

Anda yang sempat menjajal masa open beta Crysis 3 tentu saja memiliki sedikit gambaran akan apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer game yang satu ini. Atmosfer yang serupa juga ditawarkan oleh versi full versionnya, tentu saja dengan ragam ekstra konten yang tidak pernah terwujud di versi demo terdahulu: map, senjata, desain, hingga mode permainan yang baru. Lewat interface yang sederhana, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari room spesifik yang Anda inginkan. Beberapa mode permainan yang hadir dalam nama “unik” pada dasarnya merupakan penyempurnaan dari beberapa mode multiplayer sama yang sempat ditawarkan oleh franchise kompetitor di masa lalu. Pada akhirnya, kami lebih menjatuhkan pilihan pada mode-mode yang memungkinkan pertempuran dalam skala masif yang cepat dan brutal: Team Deathmatch, Deathmatch, Crash Site, dan Hunter yang unik.

Crysis 3 multiplayer 12
Terlepas dari ragam mode dan misi yang ada, multiplayer Crysis 3 tidak tampil unik dan membuatnya berbeda dibandingkan mode multiplayer FPS serupa lainnya. Kemampuan untuk menggunakan senjata yang lebih mutakhir setelah beberapa killstreak sebagai bonus, misalnya.
Crysis 3 multiplayer 22
Namun harus diakui, ada kesenangan tersendiri ketika Anda berhasil mendapatkan Pinger dan mulai menembak membabi buta ke arah musuh.
Crysis 3 multiplayer 30
Kustomisasi senjata yang kian beragam seiring dengan level yang berhasil Anda dapatkan.

Experience points, level, dan beragam perk dan senjata yang dapat dibuka seiring dengan kenaikan level memang bukan mekanisme multiplayer yang baru di game FPS populer belakangan ini. Anda juga akan diberikan keistimewaan dengan Kill Streak Bonus jika berhasil membunuh target Anda secara beruntun tanpa tewas. Akses untuk beberapa teknologi senjata yang lebih mutakhir akan terbuka begitu Anda berhasil melakukannya. Untuk menjamin permainan yang lebih seimbang, terutama untuk menetralisir gamer yang sangat stealth-oriented, Crytek juga menyuntikkan sound effect untuk membantu Anda mengetahui dan lebih waspada terhadap ancaman yang satu ini. Anda juga dapat mengendarai kendaraan yang lebih besar seperti Ceph Pinger untuk memberikan keuntungan tersendiri bagi tim Anda.

Crysis 3 multiplayer 37
Sayang seribu sayang, untuk sebuah game sekelas Crysis 3, dukungan terhadap multiplayernya harus diakui buruk. Kami bahkan sempat menemukan cheater / hacker yang mampu melakukan beragam hal yang mustahil ketika menjajalnya.

Namun ada satu hal yang sangat disayangkan, bahkan cenderung mengecewakan. Dirilis tidak lebih dari satu minggu yang lalu, multiplayer Crysis 3 boleh terhitung cukup “sepi” jika dibandingkan dengan hype yang sempat tercipta di awal perilisannya. Kami sempat menjajalnya beberapa hari yang lalu dan sangat kecewa dengan sepinya server yang ada, terlepas dari ragam mode yang ditawarkan. Menjelajahi keseluruhan region, masalah yang sama juga terjadi. Berita yang lebih buruk? Kami sempat bertemu dengan seorang player yang kami yakini bermain dengan menggunakan exploit / cheat / hack tertentu. Apa pasal? Player ini memiliki stock peledak tidak terbatas, bergerak sangat cepat layaknya glitch, terkadang sulit dilihat, bahkan mampu melompat tiga kali lebih tinggi dibandingkan player yang bermain secara normal. Kami sempat menangkap aksinya dalam gambar seperti yang terlihat di atas. Sebuah kejadian yang tentu saja sangat disayangkan untuk sebuah game besar yang bahkan belum genap berumur satu bulan.

Pastikan Anda Memainkannya di PC!

Crysis 3 421
Cara termudah dan terbaik untuk mendapatkan pengalaman paling maksimal dari Crysis 3? Dengan memainkannya di PC!
Crysis 3 1241
Lihat saja detail visualisasi yang ia tawarkan begitu Anda menjajalnya di platform tersebut.

Tidak ada yang bisa membantah betapa memesonanya kualitas visual yang mampu dihasilkan Crytek lewat optimalisasi CryEngine 3 di Crysis 3 ini. Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya juga tidak akan berkeberatan untuk menyebutnya sebagai game dengan visualisasi terbaik di tahun 2013, setidaknya sejauh ini. Berbasiskan DirectX 11, Anda akan berhadapan dengan desain dunia, karakter, detail, dramatisasi, hingga efek yang begitu memanjakan mata. Namun untuk mendapatkan pengalaman maksimal ini, pastikan Anda menjajalnya di PC dan bukan konsol yang tersedia saat ini – XBOX 360 dan Playstation 3. Apa pasal? Teknologi terbatas yang dimiliki oleh dua konsol lawas ini memang tidak dapat disandingkan dengan apa yang mampu dilakukan oleh PC , bahkan di setting Low sekalipun. Namun jika Anda termasuk gamer yang tidak terlalu memerhatikan visualisasi, ini tentu saja dapat menjadi opsi yang dikesampingkan.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…