Review Ni No Kuni – Wrath of the White Witch: Oase di Tengah Keringnya JRPG Berkualitas!

Reading time:

Sistem Battle dan Eksplorasi yang Mengesankan!

Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 24
Walaupun tampil sebagai fokus cerita, baik Oliver, Swaine, maupun Esther bukanlah pertarung handal yang bisa diandalkan. Untuk itu, setiap karakter ini akan diperkuat dengan masing-masing tiga buah monster yang disebut sebagai Familiar.

Anda yang sudah cukup terpesona dengan visualisasi dan beragam elemen “kosmetik” yang ditawarkan oleh Ni No Kuni akan semakin jatuh cinta ketika menjajal sisi gameplaynya sendiri, terutama ketika berhadapan dengan sang inti – sistem battlenya sendiri. Seolah tidak ingin melepaskan diri dari identitas sebuah JRPG, Ni No Kuni masih menawarkan sensasi yang sama. Turn based, active, dengan sistem encounter yang terlihat jelas di peta. Sistem grindingnya sendiri juga masih konvensional, dimana experience points masih menjadi sumber “pendapatan” untuk memperkuat karakter, dengan uang, item, dan komponen sebagai ekstra reward setiap kali Anda berhasil mengatasi setiap ancaman.

Sebagai seorang penyihir yang didakwa sebagai yang terpilih untuk menyelamatkan Ni No Kuni dari kehancuran, Oliver memang dibekali dengan ragam kekuatan magic yang mampu menghasilkan damage untuk setiap musuh yang ia hadapi. Namun ia bukanlah yang terkuat. Sebagian besar pertempuran Anda justru akan lebih banyak dihabiskan dengan mengandalkan monster-monster kecil yang menjadi companion Anda, yang disebut sebagai Familiar. Baik Oliver, Esther, maupun Swaine mampu menyimpan masing-masing tiga Familiar untuk digunakan secara terbatas dalam pertempuran. Berbagi HP dan MP dengan karakter yang membawanya, Familiar tak ubahnya perpanjangan tangan dari Anda sendiri. Anda hanya bisa dapat menggunakan satu karakter utama dalam pertempuran, sementara dua karakter lain dengan Familiarnya akan dikendalikan oleh AI, yang sayangnya, boleh terbilang kurang sempurna.

Ni No Kuni Wrath of the White Witch 125
Menggunakan Familiar bukan berarti menjadi alasan untuk berbuat gegabah dan membabi buta dalam pertempuran. Berbagai HP dan MP yang sama dengan sang “tuan”, Familiar tak ubahnya perpanjangan tangan karakter Anda. Ia mati, maka sang tuan juga akan mati.
Ni No Kuni Wrath of the White Witch 140
Mengusung mekanisme ATB yang aktif, kedua pihak yang terlibat dalam pertempuran akan saling mengirimkan damage secara langsung. Tidak hanya menyerang biasa, setiap Familiar juga memiliki serangan spesial masing-masing. Namun perlu diingat, skill membutuhkan MP dan cooldown untuk dapat digunakan kembali.
Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 47
Apakah ini berarti Oliver, Esther, dan Swaine benar-benar tidak berguna dalam pertempuran? Tentu saja tidak. Terlepas dari defense mereka yang lemah, mereka memiliki segudang magic dengan ragam efek, dari sekedar healing hingga yang super destruktif. Salah satunya? Summon guardian yang dilakukan Oliver lewat perintah “Unleash” ini.

Ni No Kuni menyematkan mekanisme ATB yang aktif ke dalam pertempuran. Ketika sebuah perintah diberikan, Familiar akan terus melakukan perintah tersebut hingga waktu habis. Disebut aktif karena setiap aksi memiliki pengaruh tersendiri dalam pertempuran, termasuk membatalkan serangan besar musuh dan berjalan secara interaktif. Ini berarti tidak ada kata menunggu, kedua pihak akan saling bertukar damage secara cepat dan tanpa ampun. Pertempuran hanya akan berhenti ketika salah satu pihak menggunakan serangan besar dengan animasi gerakan atau jika karakter tidak mampu lagi bertarung. Beberapa skill dan perintah juga akan memiliki waktu cooldown sebelum dapat digunakan lagi untuk aksi selanjutnya. Oleh karena itu, perhitungan yang strategis menjadi krusial, apalagi ketika bertemu dengan ragam jenis Familiar yang ada.

Menggunakan Familiar bukan berarti memberikan kebebasan bagi Anda untuk bertindak gegabah dan menyerang membabi buta. Setiap familiar diciptakan begitu unik, dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing. Ada familiar yang mengandalkan kekuatan serangan fisik, evasion, serangan magic, dan tidak sedikit yang berperan tak ubahnya tank yang siap menerima damage dalam jumlah besar. Ada banyak hal pula yang harus diperhatikan dalam pertempuran untuk memastikan Anda mengirimkan damage sebesar mungkin. Permainan elemen konvensional tetap hadir, dimana serangan api tidak akan efektif melawan monster dengan elemen serupa, sementara es akan menghasilkan damage jauh lebih besar.  Namun ada satu ekstra elemen gameplay juga yang tidak boleh terlewatkan. Di bagian kanan bawah status setiap musuh akan terlihat sebuah bola yang memperlihatkan “jenis” musuh yang sedang Anda hadapi, apakah bulan, matahari, ataupun bintang. Sistem ini juga berfungsi tak ubahnya permainan gunting, batu, kertas, dimana yang satu akan efektif melawan yang lain namun akan kalah dari jenis yang lain. Anda harus memerhatikan hal ini. Mengapa? Karena pertarungan di Ni No Kuni akan memberikan tantangan tersendiri yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ni No Kuni Wrath of the White Witch 111
Jangan pernah memandang sebelah mata pertarungan di Ni No Kuni, apalagi ketika Anda harus berhadapan dengan para boss di sini. Ia membutuhkan strategi, kecekatan, dan ketepatan perintah untuk memastikan Anda bisa selamat dari serangan yang datang bertubi-tubi. Ia akan menantang naluri gamer Anda!
Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 8
Menaiki naga – Tengri untuk mengeksplorasi luasnya Ni No Kuni? Keren!!

Lantas bagaimana dengan sisi eksplorasinya sendiri? Untuk memastikan dirinya dapat menyelamatkan dunia, Oliver tentu saja harus menjelajahi luasnya Ni No Kuni untuk mendapatkan bimbingan dan memperoleh kekuatan yang ia butuhkan. Pada awalnya Anda memang harus menempuhnya dengan berjalan kaki, namun seiring dengan progress permainan yang ada, Anda akan mendapatkan “kendaraan” yang lebih cepat, termasuk Tengri – sang naga biru. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan dibekali dengan magic yang akan memungkinkan Anda untuk melakukan teleportasi ke beragam tempat yang sudah Anda kunjungi sebelumnya untuk menghemat waktu.

Ni No Kuni Wrath of the White Witch 91
Apalah arti seorang penyihir jika ia tidak mampu menyelesaikan setiap tantangan yang ada dengan kemampuan sihirnya? Oliver mampu melakukan hal tersebut. Bahkan sihirnya menjadi jawaban untuk sebagian besar puzzle dan halangan yang ada.
Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 29
Atau Anda malas berjalan lambat dan lebih memilih untuk melayang? You can do that on Ni No Kuni!

Satu hal yang menarik dari Ni No Kuni adalah kemampuannya untuk menghadirkan mekanisme eksplorasi yang mampu merepresentasikan status Oliver sebagai seorang penyihir. Tidak sekedar sebuah “status”, Oliver memang dapat menggunakan sebagian kekuatannya ini untuk mengatasi beragam masalah eksplorasi yang ada: dari berbicara dengan binatang, mempercepat pertumbuhan tanaman, membangun jembatan, membalikkan waktu, berbicara dengan arwah, melayang, membuka peti, hingga sekedar menyala dalam gelap. Selalu ada kekuatan magic untuk setiap situasi dan bergantung pada seberapa dalam Anda memahami setiap fungsinya. Setiap kota juga akan menyediakan ragam sub-quest yang cukup untuk mengalihkan perhatian Anda untuk waktu yang cukup lama.

Berburu Familiar!

Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 20
Alih-alih berfokus pada aksi sang karakter utama, Familiar akan menjadi kunci terbaik Anda untuk memastikan flow pertempuran berjalan sesuai yang Anda inginkan.

Cara paling sederhana untuk menjelaskan apa itu Familiar? Anda bisa melihatnya tak ubahnya sistem pet ala game-game seperti Pokemon. Benar sekali, terlepas dari bentuk mereka yang lucu dan imut, Familiar adalah “tombak” yang mematikan. Ia menjadi jawaban dari kekurangan yang dimiliki Oliver, Esther, maupun Swaine sebagai petarung frontal. Ia menjadi senjata dan perisai yang paling efektif untuk memastikan setiap battle berjalan dalam alur yang Anda kehendaki.

Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 151
Tidak hanya “menggunakan” mereka sebagai senjata, Familiar adalah makhluk yang juga butuh perhatian. Anda bisa memberikan mereka makanan untuk meningkatkan status mereka secara permanen dan meningkatkan loyalitas mereka kepada Anda.
Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 26
Begitu tiba pada level tertentu, Anda bisa melakukan evolusi untuk mengubah Familiar andalan Anda menjadi lebih kuat.
Ni No Kuni Wrath of the White Witch PART 2 37
“Jagat Play” is getting stronger!

Namun Familiar bukanlah sekedar “benda”, ia juga merupakan companion yang harus Anda perhatikan. Seperti layaknya mekanisme yang ditawarkan oleh game-game seperti Pokemon maupun Monster Rancher, Anda juga dapat memperkuat dan meningkatkan loyalitas Familiar-Familiar ini dengan beragam cara. Tidak hanya sekedar menyematkan equipment terkuat ke dalamnya, Anda juga dapat meningkatkan status setiap Familiar secara permanen dengan memberikan mereka makanan-makanan yang spesifik. Setiap familiar akan memiliki makanan favorit mereka sendiri yang juga akan memperkuat rasa suka mereka kepada Anda. Memberikan perhatian yang cukup dan meraih ekstra hati loyalitas, Familiar akan dapat dipanggil dalam rentang waktu yang lebih lama dalam pertempuran dengan ekstra slot skill untuk digunakan. Setiap familiar juga akan memiliki tiga tingkatan evolusi, yang dapat dieksekusi begitu ia mencapai level tertentu.

Ni No Kuni Wrath of the White Witch 39
Tidak puas dengan Familiar yang Anda miliki? Anda dapat menangkapnya di alam liar. Beberapa musuh yang jatuh akan meninggalkan reaksi yang berbeda, dan memungkinkan untuk direkrut dengan menggunakan magic Serenade milik Esther.
Ni No Kuni Wrath of the White Witch 59
Semakin banyak Familiar yang Anda tangkap, semakin terbuka peluang Anda untuk membentuk tim Familiar terkuat.
Ni No Kuni Wrath of the White Witch 139
Lupakan keterikatan emosional Anda dengan Familiar tertentu, Anda harus berburu yang lebih kuat!

Tidak puas dengan Familiar yang Anda miliki saat ini? Bukan sesuatu yang mengherankan. Terlepas dari keterikatan psikologis yang mungkin tercipta dengan familiar awal yang Anda miliki, mereka harus diakui merupakan salah satu yang terlemah dari semua familiar yang tersebar di seluruh dunia. Seperti halnya Pokemon, Anda juga dapat menangkap setiap monster yang sudah Anda kalahkan untuk dijadikan Familiar. Anda hanya perlu menggunakan skill “Serenade” milik Esther untuk menangkap para monster yang memperlihatkan kondisi penuh hati di akhir pertempuran. Sayangnya, tidak ada trik yang pasti untuk memastikan Anda menangkap monster yang Anda inginkan. Semuanya didasarkan pada chance. Ketika Anda berhasil menangkapnya, maka proses pemeliharaan dimulai dari awal, dari memberi makan, memperkuatnya, meningkatkan level, dan kemudian berevolusi. Ingat, jangan ragu untuk mengganti Familiar utama Anda begitu Anda bertemu dengan yang lebih kuat.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…