10 Setting Sejarah Indonesia Terbaik untuk Plot Assassin’s Creed

Reading time:

5. Sumpah Palapa Gajah Mada

gajahmada

Dari semua kejadian sejarah yang terjadi di masa-masa kerajaan Hindu-Budha di Nusantara, eksistensi Majapahit sebagai sebuah kerajaan tentu saja memainkan peranan yang besar. Ia mendefinisikan usaha untuk mencapai kesatuan yang berada di bawah satu bendera dan pemerintahan. Dari semua kisah epik yang terjalin di dalamnya, nama Gajah Mada dan sumpah Palapa yang ia lakukan memang menjadi salah satu yang terbaik, dan tentu saja menarik untuk dieksplorasi.

Skenario: Menjadi seorang prajurit rendahan di Majapahit yang mempelajari tentang eksistensi Anda sebagai seorang Assassin, Anda baru saja mempelajari bahwa keteraturan dan penaklukkan yang berusaha dilakukan Gajah Mada sebenarnya merupakan usahanya untuk menguasai Nusantara –  sebuah rencana yang identik dengan Templar. Ketika ia memegang sesuatu di tangan dan kemudian mengucap sumpah untuk mempersatukan Nusantara di bawah pimpinan Majapahit, Anda memerhatikan bahwa apa yang ia genggam bukanlah buah pala seperti yang dikira oleh para rakyat Majapahit. Itu adalah Piece of Eden – teknologi peradaban pertama yang memungkinkan Gajah Mada untuk melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh manusia biasa.

4. Insiden Yamato

yamato

Tidak terima dengan langkah Belanda yang berusaha untuk berunding dengan Jepang di hotel Yamato perihal pengambilalihan kekuasaan, ribuan rakyat Surabaya berkumpul dan mengepung hotel yang satu ini. Melihat bendera merah-putih-biru yang berkibar kencang di atas Yamato, rakyat merasakan kedaulatan negara yang  mereka cinta ini tercabik-cabik. Mereka pun merangsek masuk ke dalam hotel dan merobek warna biru dari bendera Belanda tersebut dan mengibarkannya kembali sebagai bendera merah putih. Saksi sejarah dari sebuah keberanian patriotik yang memang sulit untuk terjadi kembali saat ini. Teriakan merdeka bersahutan menyambut sang saka yang terlihat megah menari bersama dengan angin.

Skenario: Kemarahan dan gerakan penuh keberanian dari rakyat tentu dihasilkan dari persamaan rasa, visi, dan misi yang sama-sama terlukai. Assassin bisa masuk ke dalam cerita seperti ini. Melakukan provokasi dan mengorganisasi kerumuman yang ada, Anda akan berperan sebagai Assassin yang menyamar dan masuk ke dalam keramaian. Tidak hanya memastikan langkah ekstrim terjadi, Anda juga akan menyusup dari belakang hotel Yamato dan menghabisi beberapa tentara Belanda dan Jepang yang sedang berjaga untuk menjamin keselamatan para rakyat yang terlihat marah. Berkat Anda, skenario terburuk yang dapat terjadi berhasil terhindarkan.

3. Perang Diponegoro

diponegoro

Perang selama lima tahun dengan efek yang begitu destruktif di pihak Belanda, perang Diponegoro memang harus diakui merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi. Pasukan berkuda dan kepemimpina yang kharismatik, konflik personal atas hak tanah yang terjadi akhirnya merembet menjadi salah satu perang terbesar yang terjadi sebelum usaha untuk mendapatkan kemerdekaan. Ini tentu saja menjadi setting yang tepat untuk memunculkan sisi cerita Assassin’s Creed yang berbeda.

Skenario: Berperan sebagai salah satu panglima kepercayaan Diponegoro, Anda akan menyusun strategi untuk memastikan pasukan Belanda hancur berkeping-keping di bawah kepimpinan Anda. Dengan kuda kepercayaan Anda yang mampu bergerak super kencang, Anda bergerak bak angin kematian bagi kolonial ini. Bertempur bersama Diponegoro dalam posisi yang setara dengan visi dan misi yang sama, Anda begitu terpukul ketika mengetahui bahwa Diponegoro terperangkap dalam taktik Belanda dan akhirnya diasingkan. Berusaha mencari informasi tentang keberadaan Diponegoro, Anda pun terlibat dalam perjalanan untuk mencari sang pemimpin yang kharismatik.

2. G30S PKI – Usaha Penculikan Abdul Haris Nasution

g30spki

Terlepas dari kebenaran dan konspirasi yang meliputi Gerakan 30S PKI, gerakan yang didasarkan atas nama komunis ini memang menjadi salah satu gerakan kudeta paling berdarah di Indonesia. Hanya dalam waktu singkat, enam jenderal militer tertinggi di Indonesia berhasil diculik dan dihabisi dalam sergapana bersenjata yang dilakukan secara mendadak. Dari semua jenderal yang ada, hanya satu yang berhasil menyelamatkan diri – Jenderal Abdul Haris Nasution. Sayangnya, usaha penyelamatan diri ini harus memakan korban tidak bersalah, anak bungsu kesayangan Nasution – Ade Irma Suryani. Tragedi ini memang menjadi salah satu titik bersejarah untuk Indonesia.

Skenario: Berperan sebagai seorang Assassin yang berada di usia yang mulai menua, kisah Anda telah berhasil membuat Anda dekat dengan beberapa kekuatan penguasa terbesar di Indonesia, termasuk para Jenderal besar ini. Namun sayangnya,  keteledoran Anda untuk mengawasi gerak-gerik PKI yang kian membesar berujung tragedi. Laporan salah satu dari Assassin Anda yang melihat upaya kudeta berdarah telah membuat Anda kelabakan, hingga Anda harus menuju hanya ke salah satu rumah untuk menyelamatkan siapapun yang tengah menjadi target. Pasukan Assassin Anda yang lain pun bergerak ke tempat yang berbeda. Namun sayang seribu sayang, PKI yang merepresentasikan Templar ternyata bergerak lebih cepat. Anda berhasil tiba di rumah Nasution, berjuang untuk menyelamatkannya, namun sayangnya, darah Ade Irma Suryani tertumpah. Penyesalan pun terus menghantui hingga akhir hayat.

1. Pembacaan Teks Proklamasi – Agustus 1945

teks proklamasi

Ini menjadi sebuah klimaks, sebuah finale dari skenario yang sempat kami utarakan di nomor 8. Dari semua perjuangan kemerdekaan, pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno merupakan pintu gerbang untuk segudang potensi yang mampu dicapai oleh bangsa Indonesia, termasuk kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri. Perjalanan hingga teks ini tertulis dan dibacakan memang bukan perkara mudah, melewati perang dan pertempuran yang memakan waktu lebih dari 350 tahun dengan berbagai musuh.

Skenario: Anda menjadi saksi dari kisah ini. Sebagai seorang Assassin yang sudah berjuang untuk merealisasikan beragam hal yang juga diimpikan oleh Soekarno – Hatta, melalui serangkaian pengorbanan, pembunuhan, dan pertarungan, Anda berdiri di kejauhan, di tengah kerumunan orang-orang yang berdiri di Pegangsaan Timur 56. Air mata pun meluncur dari tudung jubah Anda, pelan, sekaligus merefleksikan semua kesulitan yang sudah Anda hadapi. Sebuah ending yang sempurna.

Di atas adalah 10 setting sejarah Indonesia yang menurut kami terbaik jika berhasil direalisasikan ke dalma sebuah game Assassin’s Creed, sekaligus skenario yang bisa diterapkan di dalam event-event ini. Ingat, semua skenario di atas merupakan kisah fiktif yang diciptakan atas dasar imajinasi semata dan tidak merepresentasikan sejarah apapun yang terjadi secara nyata, dan tentu saja tidak mewakiili beragam teori konspirasi. Tidak ada usaha juga untuk mengkerdilkan peran berbagai pihak yang terlibat dan berkontribusi besar untuk setiap kejadian historis yang tercatat di atas.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Kejadian historis apa yang menurut Anda akan tampil luar biasa jika diterapkan di Assassin’s Creed? Jangan ragu untuk memberikan komentar dan skenario seperti apa yang berada di benak Anda. Feel free to comment!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…