Hijrah ke VGA yang Lebih Baik!

Reading time:
May 27, 2013

Intel HD Graphics to GeForce GT 640, How Significant?

crysis 3

Untuk pengujian kali ini kami menggunakan sebuah sistem terjangkau berbasiskan prosesor Intel Pentium G2010. Prosesor ini memungkinkan pengguna untuk membangun sebuah sistem dengan performa mumpuni tanpa perlu keluar biaya besar. Prosesor ini sendiri ditawarkan di kisaran harga 500 ribu rupiah dan sudah mengusung arsitektur mirip seperti prosesor Core i generasi 3 yaitu Ivy Bridge.

Prosesor dual-core tersebut berjalan pada clock speed 2,8 GHz. Prosesor ini memiliki graphics card terintegrasi Intel HD Graphics terbaru dengan dukungan teknologi DirectX 11. Intel HD Graphics sendiri berjalan pada clock speed 650 MHz dan Turbo clock 1,05 GHz. Prosesor Intel Pentium G2010 kami kombinasikan dengan motherboard Intel H61 soket LGA1155, memori DDR3 4GB, dan storage SSD.

Graphics card add-on yang kami pilih adalah Palit GeForce GT 640. Meskipun tergolong dalam kelas entry-level, graphics card ini sudah mengusung arsitektur terbaru dari NVIDIA yaitu Kepler. Graphics card dengan clock GPU 900 MHz dan memori clock 1782 MHz ini merupakan varian termurah dari lini graphics card Kepler dan bisa didapatkan di pasaran Indonesia pada kisaran harga 800 ribuan rupiah.

Perangkat display yang kami gunakan adalah monitor LCD 18,5 inci dengan resolusi gambar 1360 x 768 piksel. Monitor LCD dengan spesifikasi seperti ini merupakan monitor dengan populasi pengguna terbanyak di Indonesia dikarenakan harganya yang terjangkau. Monitor LCD tersebut saat ini sudah bisa didapatkan dengan harga di bawah 1 juta rupiah.

Hasil Pengujian

Bioshock Infinite

bio inf 01
Setting: 1360×768; Preset Quality-Ultra Low

 

bio inf 02
Setting: 1360×768; Preset Quality-Medium

 

Game ketiga dari seri Bioshock ini menghadirkan indahnya kota melayang Columbia dalam balutan Unreal Engine 3 yang telah dimodifikasi. Pada preset “Ultra Low” alias preset quality paling rendah milik game ini, HD Graphics ternyata hanya mampu menjalankan game ini dengan frame rate 21,65 fps. Dengan frame rate seperti itu game ini terasa kurang nyaman untuk dimainkan.

Dengan menambahkan sebuah GeForce GT 640, game ini ternyata menjadi lebih nyaman dimainkan dimana graphics card ini mampu menghasilkan frame rate 3,8 kali lipat lebih tinggi. Tidak hanya itu, dengan menggunakan GeForce GT 640 gamer dapat meningkatkan setting kualitas grafik menjadi “Medium” sehingga game tampil dengan visual grafik lebih baik tanpa perlu mengorbankan kenyamanan bermain.

 

Borderlands 2

borderlands2 01
borderlands2 02
Setting: 1360×768; Low Quality; No-AA
borderlands2 03
Setting: 1360×768; Medium; No-AA

Kerasnya hidup di planet Pandora tersaji dengan apik berkat balutan Unreal Engine 3 yang telah dimodifikasi. Saat kami menggunakan setting kualitas grafik paling rendah milik game ini, HD Graphics hanya mampu menjalankan game ini dengan frame rate 17 fps dimana hal ini menjadikan game menjadi kurang nyaman untuk dimainkan. Akan tetapi pengalaman memainkan game ini langsung berubah total setelah menambah GeForce GTX 640 pada sistem.

Saat menggunakan GeForce GT 640, game dapat dijalankan pada frame rate 4,8 kali lipat lebih tinggi. Tidak hanya game menjadi lebih nyaman untuk dimainkan, pengguna kini dapat meningkatkan setting kualitas grafik pada game tanpa perlu mengorbankan kenyamanan bermain. Pada pengujian kami, game ini tetap berjalan mulus saat kami menggunakan setting kualitas grafik medium. Selain itu, dengan menggunakan GeForce GT 640 pengguna dapat mengaktifkan feature PhysX untuk menghasilkan pengalaman bermain game berbeda dari biasanya.

Crysis 3

crysis3
Setting: 1360×768; Preset Quality Low 

Crysis 3 menghadirkan Cry Engine 3 seperti digunakan pada Crysis 2 tetapi sudah disempurnakan untuk menghasilkan kualitas grafik lebih baik. Game eksklusif DirectX 11 ini tentu saja dapat dijalankan oleh HD Graphics maupun GeForce GT 640. Meskipun begitu, pada HD Graphics game ini hanya dapat dijalankan pada frame rate 11 fps. Dengan frame rate serendah ini tentu saja pengalaman memainkan game ini menjadi kurang maksimal alias tidak nyaman. Menambahkan GeForce GT 640 pada sistem mampu mendongkrak frame rate game hingga 3 kali lipat sehingga game menjadi lebih nyaman untuk dimainkan.

Resident Evil 6 Benchmark

re6
Setting: 1360×768; Quality-Low; Motion Blur-Off; No-AA 

Game horror popular besutan Capcom ini terasa tidak nyaman dimainkan saat menggunakan HD Graphics dimana frame rate game hanya berkisar 6 fps saja. Dengan menambahkan sebuah GeForce GT 640 memang memberikan perubahan sangat signifikan saat menjalankan game ini. Terlihat GeForce GT 640 mampu mendongkrak frame rate pada game ini hingga 5,5 kali lipat. Alhasil gamer menjadi lebih nyaman saat memburu zombie.

Konsumsi Daya

watt 01 watt 02

Peningkatan performa gaming hingga beberapa kali lipat tidak perlu dibayar mahal dalam hal konsumsi daya. Kami menjumpai dengan menambahkan GeForce GT 640, konsumsi daya meningkat sekitar 50% atau hanya 0,5 kali lipat saja.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…