Review Resident Evil Revelations: Sensasi Klasik yang Dirindukan!

Reading time:
May 31, 2013

Sebuah Sensasi Klasik yang Sudah Lama Dirindukan!

Sensasi klasik akan terasa kental begitu Anda menjajal seri ini sejak awal. Sudut kamera, sisi aksi dan eksplorasi yang ia tawarkan akan mengingatkan Anda pada kejayaan kualitas RE lawas.

Berapa banyak dari Anda yang kecewa dengan arah yang dibawa Capcom dengan Resident Evil 6? Walaupun menjanjikan potensi cerita yang lebih luas lewat kacamata tiga karakter utama yang ada, seri teranyar yang dirilis tahun lalu ini begitu kuat mengesankan sebuah game action, bahkan lebih kental daripada arah yang sudah ditetapkan Resident Evil 6 sebelumnya. Kesempatan untuk menggunakan melee, kemampuan melakukan cover, hingga melawan para pasukan bersenjata, Resident Evil 6 tak ubahnya sebuah game action lainnya yang Anda temukan di pasaran. Tidak heran jika banyak gamer pecinta franchise ini yang merindukan sebuah seri yang menawarkan sensasi klasik. Untungnya, Resident Evil Revelations mampu menjadi jawaban untuk kerinduan yang satu ini.

Dengan mekanik gameplay yang lebih dekat dengan Resident Evil 4, sensasi klasik memang memancar kuat dari seri yang satu ini. Dengan sistem kamera nyaman yang berada di pundak, Anda dapat mengakses senjata dan serangan melee untuk menghancurkan setiap ancaman yang ada. Ada laser pointer yang akan membantu Anda mencapai presisi peluru yang lebih efektif. Setiap musuh akan hadir dengan titik kelemahan tersendiri, terutama kepala. Walaupun bertempur bersama dengan seorang partner AI, tidak ada mekanisme revive begitu Anda mencapai health yang kritis dan terancam mati. AI ini memang didesain membantu Anda menembak setiap musuh yang ada, namun mereka tidak dibangn untuk memastikan Anda tetap bertahan hidup. Berita baiknya, Anda tidak perlu berbagi sumber daya dengan mereka.

Karakter lain yang dikendalikan AI ini memang akan membantu Anda untuk memberikan damage, namun tampaknya mereka tidak didesain untuk memastikan Anda bertahan hidup.
Swimming? Now we are talking…

Sensasi klasik ini juga tidak hanya muncul dari sisi aksi yang ada, tetapi juga eksplorasi. Seperti halnya seri RE sebelumnya, Anda akan bertemu dengan begitu banyak pintu dan jalan terkunci yang memaksa Anda untuk menjelajahi setiap area dengan lebih teliti, tentu dengan peta interaktif yang sangat membantu di sudut kanan layar. Mencari kunci, melewati jalur alternatif, dan menyelesaikan puzzle menjadi salah satu pesona RE Revelations yang akan menarik para penggemar seri lawas franchise yang satu ini. Capcom bahkan menyuntikkan level berenang di dalamnya – inovasi dan pengalaman Resident Evil yang belum pernah ada sebelumnya.

Dengan sumber daya penyembuh dan peluru yang terbatas, butuh kesabaran dan strategi untuk mengatasi setiap ancaman yang ada, setidaknya untuk memastikan bahwa setiap peluru yang Anda luncurkan akan menghasilkan efek destruktif semaksimal mungkin. Memastikan diri untuk tidak kekurangan elemen krusial ini, Anda harus menggelontorkan ekstra kerja keras lewat sebuah fitur baru bernama – Genesis. Tak ubahnya sebuah mesin pencari, Genesis akan membantu Anda menemukan sumber daya tersembuyi yang tidak bisa didapatkan sekedar dari kasat mata. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk melakukan scanning untuk setiap monster maupun benda aneh yang Anda temukan di sepanjang perjalanan. Berhasil mengumpulkan data scan hingga 100%, Anda akan otomatis dibekali satu buah item penyembuh. Jadi alih-alih sekedar bergerak cepat dari satu tempat ke tempat yang lain, meluangkan waktu untuk mengaktifkan Genesis untuk mencari sumber daya tersembunyi akan membantu Anda menempuh pertempuran yang lebih mudah di masa depan. Apalagi jika Anda menemukan beragam custom parts darinya.

Tidak hanya di sisi aksi, sensasi klasik ini juga tercermin dari kembali sisi eksplorasi yang akan menuntut Anda mencari kunci dan menyelesaikan puzzle.
Peluru dan item penyembuh yang terlalu sedikit? Anda harus mengandalkan Genesis untuk mencari item-item tersembunyi di dalam sebuah area. Tidak hanya itu saja, Genesis dapat dilakukan untuk melakukan scanning musuh yang Anda temukan. Berhasil mencapai presentase tertentu, Anda akan dihadiahi satu item penyembuh.
Dengan custom part yang ada, Anda bisa memperkuat atau menyuntikkan efek tertentu untuk senjata yang Anda gunakan.

Custom Part? Benar sekali. Tidak ada lagi mercenary yang akan menyuplai semua kebutuhan perang Anda melawan monster-monster haus darah ini. Jill dipaksa untuk “mandiri”, menggunakan setiap custom part yang didapatkan, untuk memodifikasi dan memberikan efek unik tertentu bagi setiap senjata yang Anda gunakan. Anda bisa menambahkan damage, memperkuat daya penetrasi peluru, hingg sekedar meningkatkan fire rate untuk senjata-senjata ini. Dengan hanya tiga slot senjata utama yang bisa Anda gunakan selama petualangan – tanpa sistem inventory, pastikan Anda hanya memperkuat senjata yang memang sering Anda gunakan. Anda juga akan beberapa custom part langka yang akan menyuntikkan efek yang lebih dahsyat.

Nostalgic, tetapi juga terasa “baru”, para penggemar franchise RE yang sudah mengikutinya sejak seri awal akan jatuh cinta dengan seri ini.

Dengan  mekanik gameplay di sisi aksi dan eksplorasi yang mengingatkan penggemar franchise ini akan seri-seri lawas RE yang memesona, tidak perlu diragukan lagi, Revelations meninggalkan sensasi klasik yang tidak hanya nostalgic, berkualitas, tetapi juga memesona di saat yang sama. Anda seperti menemukan kembali akar RE yang seolah mulai ditinggalkan dan dilupakan oleh Capcom selama ini.

Raid Mode yang Adiktif

Raid Mode – mode ekstra adiktif yang bahkan lebih menarik mode plot utama.

Menyuntikkan sebuah mode ekstra – Raid Mode, Revelations menawarkan sebuah bentuk gameplay  baru yang justru jauh lebih adiktif daripada mode plot utama yang ada. Dengan ciri gameplay yang sama dengan Mercenary Mode yang sempat ditelurkan di seri sebelumnya, Anda dapat menempuh kembali berbagai level yang sudah pernah Anda lewati dengan ekstra tantangan dalam format gameplay yang berbeda. Bebas untuk memilih karakter yang hadir dengan kemampuan dan perk spesifik masing-masing, Anda juga dapat memperkuat diri dengan beragam senjata yang ditawarkan di toko “serba-ada” yang memang khusus muncul di mode ini. Menuju ke akhir level sembari mengatasi setiap ancaman yang ada, Raid Mode akan memerangkap Anda.

Tantangan yang kian sulit seiring dengan meningkatnya level akan memaksa Anda untuk memperkuat diri, yang tentu saja lebih efektif dilakukan dengan berbelanja beragam perlengkapan senjata, upgrade, dan item di toko. Untuk setiap misi yang berhasil Anda selesaikan di mode story ataupun Raid, Anda akan mendapatkan sejumlah Battle Points sebagai mata uang. Senjata yang bisa dibeli sangat bervariasi, dan bergantung pada level karakter Anda saat ini. Semakin tinggi level, daerah gameplay yang semakin sulit akan terbuka, dan kebutuhan untuk menggunakan senjata yang lebih destruktif juga menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Progress juga terlihat dari jumlah damage yang bisa Anda lontarkan dari moncong peluru Anda.

Tidak hanya senjata, Anda juga bisa memilih beragam karakter yang masing-masing hadir dengan keunggulan spesifik.
Mengumpulkan Battle Points sebagai mata uang dan level yang tinggi, Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan senjata dan upgrade yang lebih kuat.

 

Progress karakter terlihat dari sistem damage yang kini terlihat lewat sistem angka, ala game RPG.

Beragam karakter, progress yang terlihat jelas, dan segudang senjata yang bisa dikumpulkan dan ditingkatkan, mode Raid akan menarik Anda untuk terus menjajal setiap tantangan yang ada, dari satu chapter ke chapter lainnya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

February 26, 2021 - 0

Review NBA 2K21 (Next-Gen): Nombok Dong! Nombok Dong!

Anda yang secara aktif mengikuti JagatPlay sepertinya sudah mengetahui bagaimana…
February 25, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Hardware): Si Bongsor yang Buas!

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat soal kekhawatiran tidak…
February 20, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Software): Indah, Elegan, Cepat!

Diskusi terkait konsol generasi terbaru memang lebih banyak didominasi soal…
February 17, 2021 - 0

Menjajal BETA Guilty Gear Strive: Siap Menjadi yang Terbaik!

Seperti halnya posisi Codemasters di dunia game racing, nama Arc…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…