E3 2013 – Sony: Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Reading time:
June 11, 2013

Sony memang tengah berada di atas angin saat ini. Walaupun sempat dikritik karena tidak memperlihatkan bentuk konsol Playstation 4 pada saat pengumuman perdananya, Sony tetap mampu mempertahankan antisipasi dari para gamer dengan memperkenalkan beberapa game eksklusif andalan yang memang harus diakui, tampil memanjakan mata. Bagian terbaiknya? Publikasi buruk dan sentimen negatif yang terus mengalir keras ke arah Microsoft dan kebijakan Xbox One yang tidak populer menjadi keuntungan marketing tersendiri untuk Sony. Kebencian yang kuat pada Xbox One membuat gamer mengarahkan “harapan” konsep gaming konvensional pada Sony. Playstation 4 pun dilihat sebagai “penyelamat”, terlepas dari minimnya informasi yang dibagikan Sony kepada publik.

Dengan E3 2013 yang akhirnya tiba, perang terbuka antara Sony dan Microsoft pun mengemuka. Microsoft mengerti beragam kesalahan yang telah mereka telurkan dan menebus hal tersebut dengan menjadikan game sebagai fokus di ajang E3 2013 ini. Lantas bagaimana dengan Sony sendiri? Apa yang mereka tawarkan untuk mempertahankan antisipasi yang begitu tinggi dari gamer ini? Atau justru menjadi momen berkebalikan yang berakhir menjadi blunder?

Playstation 3 Berada di Masa Keemasan

Playstation 4 memang sudah berada di depan mata dan pintu gerbang untuk menikmati lebih banyak game dengan visualisasi tinggi dan detail memang tidak lagi terbantahkan. Namun bukan berarti ini otomatis menjadi akhir era bagi Playstation 3. Lewat E3 2013, Sony justru mengklaim bahwa tahun 2013 akan menjadi tahun “terkuat” bagi konsol hitam andalan Sony yang sudah bertahan tahunan ini. Beberapa judul game eksklusif siap untuk menjamah dan menemani konsol ini di akhir usia: The Last of Us, Rain, Beyond, Puppeteer dan game racing simulator Gran Turismo 6. Sementara di sisi lain, kemampuan cross play yang diusung Playstation Vita juga menjadikan handheld ini sebagai perangkat pendamping utama untuk memastikan pengalaman Playstation 4 secara maksimal.

Perlihatkan Bentuk Konsol Playstation 4 untuk Pertama Kalinya

Setelah sempat dikritik karena tidak memperlihatkan bentuk konsol di awal pengenalannya beberapa bulan yang lalu, Sony akhirnya menggunakan kesempatan E3 2013 ini untuk menebus kesalahan tersebut. Hadir dengan bentuk persegi yang elegan, Sony berhasil menyuntikkan sensasi futuristik ke dalamnya, merepresentasikan statusnya sebagai sebuah konsol next-gen.

Kembalinya Batman di Arkham Origins

Setelah tampil memukau di dua seri sebelumnya, Warner Bros akhirnya memperlihatkan gameplay perdana sang seri prekuel – Batman: Arkham Origins di event Sony dan Playstation 4. Memberikan gambaran yang lebih jelas tentang latar belakang cerita yang akan membawa Batman bertarung melawan para pembunuh-pembunuh paling mematikan di kota Gotham, trailer gameplay ini juga memperlihatkan beberapa mekanik gameplay baru, seperti sisi investigasi yang terlihat kian kompleks dan tentu saja beragam perlengkapan teranyar Batman yang kian efektif menetralisir setiap ancaman yang ada.

Killzone: Shadow Fall Perkenalkan Fungsi Drone

Berbeda dengan gameplay ketiga seri Killzone sebelumnya yang hanya menuntut Anda untuk bergerak dalam tim, dengan beragam dramatisasi standar sebuah game FPS, Sony memperlihatkan sisi gameplay yang baru untuk seri Killzone Playstation 4 – Shadow Fall. Hadir dengan visualisasi dan permainan warna yang terlihat jauh lebih cerah, pertempuran Anda kini juga ditemani sebuah drone kecil yang mampu memunculkan beberapa fungsi krusial, dari menciptakan shield untuk menahan damage yang dilontarkan oleh musuh, hingga membantu Anda menaklukkan beberapa musuh secara instan. Sony juga mengkonfirmasikan bahwa Killzone: Shadow Fall akan menjadi salah satu game yang akan menemani rilis perdana Playstation 4.

Perlihatkan Gameplay Perdana Infamous: Second Son

Dari semua franchise eksklusif yang pernah ditelurkan Sony, Infamous memang terhitung menjadi salah satu yang game open-world terbaik yang pernah hadir di pasaran. Mengeksploitasi kesempatan untuk menggunakan kemampuan super dengan kebebasan memilih moral – menghancurkan atau menyelamatkan manusia, Infamous merupakan salah satu ujung tombak Sony untuk meraih supremasi persaingan di konsol next-gen. Infamous: Second Son tampaknya akan menyempurnakan pengalaman dan sensasi yang sudah pernah tercipta ini. Memperlihatkan gameplay untuk pertama kalinya, pertempuran Delsin Rowe terlihat mengalir, memesona, dengan beragam efek yang luar biasa. Visualisasi dengan detail yang lebih baik juga kian menguatkan emosi, dari ekspresi hingga intonasi percakapan yang ada.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…